Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil
Lifestyle

10 Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil – Masa kehamilan merupakan momen yang istimewa bagi setiap wanita yang telah menikah. Namun, masa ini juga membutuhkan perhatian khusus terutama dalam hal pola makan dan nutrisi yang dikonsumsi. Penelitian ilmiah yang dipublikasikan oleh Pharma Innov menyebutkan bahwa salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan adalah Buah apel. Buah yang memiliki rasa segar dan manis ini mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Kandungan Buah Apel

Buah Apel mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, di antaranya adalah:

  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B9
  • Vitamin B5
  • B3,
  • Serat
  • Kalium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Folat

Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa manfaat Buah apel untuk ibu hamil yang disadur dari beberapa sumber.

1. Mengurangi Risiko Cacat Lahir

Konsumsi buah apel selama kehamilan dapat membantu memenuhi kebutuhan folat harian. Studi menunjukan bahwa folat yang cukup selama kehamilan terbukti dapat menurunkan risiko cacat lahir seperti spina bifida dan anensefali.

2. Mengurangi Risiko Hipertensi

Tekanan darah yang tidak stabil adalah masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil. Namun, dengan mengonsumsi apel hijau secara teratur, dapat mengurangi risiko hipertensi. Hasil penelitian ilmiah menunjukan bahwa Kandungan antioksidan dalam buah apel membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga tekanan darah tetap terkontrol.

3. Mengurangi Risiko Anak Terkena Asma dan Alergi

Studi membuktikan bahwa anak yang dilahirkan dari ibu yang mengonsumsi apel selama kehamilan memiliki risiko lebih rendah untuk terkena asma dan alergi di kemudian hari. Kandungan polifenol, seperti flavonoid, dalam kulit apel memiliki aktivitas antioksidan yang dapat mengatur sistem imun dan mencegah asma serta alergi.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh ibu hamil dapat menurun. Namun, dengan mengonsumsi apel hijau yang kaya akan vitamin C, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi diri dari infeksi dan penyakit.

5. Mencegah atau Mengatasi Kram Kaki

Perubahan hormonal, kenaikan berat badan, dan kurangnya asupan mineral dapat membuat ibu hamil rentan mengalami kram kaki. Penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi buah apel dapat membantu mencegah dan mengatasi keluhan tersebut karena mengandung mineral penting seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah apel mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Beberapa studi menunjukan jika kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang, gigi, otot, jantung, dan sistem saraf janin. Kekurangan kalsium saat hamil dapat berdampak pada perkembangan janin dan meningkatkan risiko osteoporosis di masa mendatang.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium merupakan nutrisi penting lainnya yang diperlukan selama kehamilan untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil dan janin. Buah apel mengandung kalsium yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tulang selama kehamilan.

8. Mencegah Nausea dan Muntah

Nausea dan muntah seringkali dialami oleh wanita hamil pada trimester pertama. Hasil beberapa penelitian membuktikan bahwa buah apel dapat membantu mengurangi gejala tersebut karena rasa asamnya dapat membantu menetralkan asam lambung.

9. Meningkatkan Energi

Selama kehamilan, tubuh memerlukan energi ekstra untuk mendukung pertumbuhan janin. Apel mengandung gula alami yang dapat memberikan energi tambahan untuk ibu hamil.

10. Menjaga Berat Badan Ideal

Selama kehamilan, penting untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Apel merupakan camilan yang sehat dan rendah kalori, sehingga dapat membantu merasa kenyang tanpa menambah banyak kalori.

Cara Mengonsumsi Buah Apel Selama Kehamilan

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah apel selama kehamilan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Sebelum mengonsumsi apel, pastikan untuk mencucinya dengan bersih untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang mungkin menempel pada kulitnya.
  • Pilih apel yang masih segar dan tidak busuk agar mendapatkan nutrisi yang maksimal.
  • Sebagian besar nutrisi dalam apel terdapat pada kulitnya, jadi sebaiknya konsumsilah apel dengan kulitnya.
  • Selain dikonsumsi langsung, apel juga bisa diolah menjadi jus atau salad untuk variasi.
  • Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan selama kehamilan, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Dengan begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi buah apel secara teratur. Namun, tetap konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pola makan yang sehat selama kehamilan. Semoga informasi tentang manfat buah apel untuk ibu hamil ini dapat berguna, terimakasih.

Baca juga:

  1. 8 Manfaat Daun Sage untuk Kesehatan
  2. 10 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan
  3. 10 Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan
  4. Kandungan Cempedak dan Manfaat bagi Kesehatan

Referensi

  1. Bator, P., Razik, M., Rozwadowska, P., Ramian, J., Rybak, J., Magiera, B., … & Razik, W. (2024). An apple a day keeps the doctor away?-a review of health benefits of apples. Journal of Education, Health and Sport55, 73-86.
  2. Pandohee, J., Kaur, P., Sharma, A., Ali, A., Yasmin, S., & Kulshreshtha, S. (2023). Apple. In Fruits and Their Roles in Nutraceuticals and Functional Foods (pp. 69-85). CRC Press.
  3. Faessen, J. P., Lucassen, D. A., Buso, M. E., Camps, G., Feskens, E. J., & Brouwer-Brolsma, E. M. (2022). Eating for 2: a systematic review of dutch app stores for apps promoting a healthy diet during pregnancy. Current Developments in Nutrition6(6), nzac087.
  4. Vallée Marcotte, B., Verheyde, M., Pomerleau, S., Doyen, A., & Couillard, C. (2022). Health benefits of apple juice consumption: A review of interventional trials on humans. Nutrients14(4), 821.
  5. Khan, S., Arya, R., Pooja, B., Manju, V., & Singh, I. (2021). A review paper on fruit nutrition and health benefits. Pharma Innov. J10, 119-123.
  6. Skinner, R. C., Gigliotti, J. C., Ku, K. M., & Tou, J. C. (2018). A comprehensive analysis of the composition, health benefits, and safety of apple pomace. Nutrition reviews76(12), 893-909.
  7. Bondonno, N. P., Bondonno, C. P., Ward, N. C., Hodgson, J. M., & Croft, K. D. (2017). The cardiovascular health benefits of apples: Whole fruit vs. isolated compounds. Trends in Food Science & Technology69, 243-256.
  8. Tenore, G. C., Caruso, D., Buonomo, G., D’Urso, E., D’Avino, M., Campiglia, P., … & Novellino, E. (2017). Annurca (Malus pumila Miller cv. Annurca) apple as a functional food for the contribution to a healthy balance of plasma cholesterol levels: results of a randomized clinical trial. Journal of the Science of Food and Agriculture97(7), 2107-2115.
  9. Davis, M. A., Bynum, J. P., & Sirovich, B. E. (2015). Association between apple consumption and physician visits: appealing the conventional wisdom that an apple a day keeps the doctor away. JAMA internal medicine175(5), 777-783.