Manfaat dan kandungan ikan mas
Lifestyle

10 Manfaat dan Kandungan Ikan Mas bagi Kesehatan

Manfaat dan Kandungan Ikan Mas – Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang populer di Indonesia. Selain harganya yang terjangkau dan mudah didapatkan, ikan ini kaya akan berbagai nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sejarah dan Penyebaran Ikan Mas

Ikan mas (Cyprinus carpio) pertama kali dibudidayakan di Asia sekitar 4000 tahun yang lalu. Dari Asia, ikan ini kemudian menyebar ke Eropa dan akhirnya ke seluruh dunia. Di Indonesia, ikan mas mulai diperkenalkan oleh Belanda pada abad ke-19 dan sejak itu menjadi salah satu ikan konsumsi yang paling populer.

Manfaat dan Kandungan Ikan Mas bagi Kesehatan

Ikan mas mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi utama dalam 100 gram ikan mas:

  • Kalori: 90 kkal
  • Protein: 16 gram
  • Lemak: 2,5 gram
  • Kalsium: 20 mg
  • Fosfor: 150 mg
  • Kalium: 280 mg
  • Vitamin A: 45 mcg
  • Vitamin B1: 0,2 mg
  • Vitamin B3: 2,3 mg
  • Zat Besi: 0,5 mg
  • Beta Karoten

Protein dalam ikan mas adalah sumber protein hewani yang sangat baik. Protein ini terdiri dari asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Selain itu, kandungan lemak dalam ikan mas sebagian besar adalah lemak tak jenuh, termasuk asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Berikut ragam manfaat ikan mas untuk kesehatan tubuh kita yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Menyehatkan Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan mas dapat membantu melindungi kesehatan jantung. Omega-3 membantu menurunkan kadar trigliserida, mengurangi peradangan, dan mencegah penumpukan plak di arteri, yang semuanya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Omega-3 dalam ikan mas juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini sangat berguna bagi mereka yang menderita penyakit radang kronis seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ikan mas kaya akan seng, kalsium, dan zat besi, yang penting untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini membantu tubuh melawan infeksi dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi ikan mas dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti sembelit, kembung, dan sakit perut. Asam lemak omega-3 dalam ikan ini juga membantu menurunkan risiko sindrom radang usus.

5. Menangkal Radikal Bebas

Ikan mas mengandung mineral dan vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan, membantu membasmi radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis dan kanker.

6. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium dan fosfor dalam ikan mas adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kesehatan tulang dan gigi. Konsumsi ikan mas secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan gigi.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Protein dalam ikan mas dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ini berarti kalori yang terbakar menjadi lebih banyak, yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan jika didukung oleh pola hidup sehat dan olahraga rutin.

8. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam ikan mas dapat membantu mengendalikan tekanan darah dengan menenangkan dinding pembuluh darah dan mengurangi kadar natrium dalam tubuh.

9. Mengontrol Kadar Kolesterol

Ikan mas mengandung niasin atau vitamin B3, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dalam ikan mas penting untuk kesehatan mata. Vitamin ini membantu menjaga kornea tetap jernih dan mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.

Resep Sehat Mengolah Ikan Mas

Berikut adalah salah satu resep sehat Ikan Mas Kukus dengan Saus Jahe yang bisa kamu coba di rumah:

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ikan mas (sekitar 500 gram), bersihkan
  • 2 cm jahe, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm minyak sayur
  • Garam dan lada secukupnya

Cara Membuat:

  1. Lumuri ikan mas dengan garam dan lada, diamkan selama 10 menit.
  2. Panaskan panci kukus, letakkan ikan mas di atas piring tahan panas.
  3. Taburi irisan jahe di atas ikan mas, kukus selama 15-20 menit hingga ikan matang.
  4. Panaskan minyak sayur dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum.
  5. Tambahkan saus tiram, kecap asin, dan minyak wijen. Aduk rata.
  6. Siram saus di atas ikan mas kukus yang sudah matang.
  7. Taburi irisan daun bawang sebagai garnish.
  8. Ikan mas kukus dengan saus jahe siap disajikan.

Tips Memilih dan Menyimpan Ikan Mas

Untuk memastikan ikan mas yang Anda konsumsi berkualitas baik, berikut beberapa tips memilih dan menyimpan ikan mas:

1. Memilih Ikan Mas Segar

  • Pilih ikan mas yang memiliki mata jernih dan berkilau. Mata ikan yang keruh atau tenggelam adalah tanda ikan sudah tidak segar.
  • Periksa insang ikan, pastikan warnanya merah cerah. Insang yang pucat atau coklat adalah tanda ikan sudah tidak segar.
  • Cium aroma ikan, ikan segar memiliki aroma laut yang segar dan tidak amis.

2. Menyimpan Ikan Mas

  • Jika tidak segera dimasak, simpan ikan mas dalam lemari es dengan suhu di bawah 4°C. Letakkan ikan dalam wadah tertutup atau bungkus dengan plastik wrap untuk mencegah kontaminasi dengan makanan lain.
  • Untuk penyimpanan lebih lama, ikan mas bisa dibekukan. Pastikan ikan dibersihkan terlebih dahulu, kemudian bungkus rapat dengan plastik wrap atau masukkan ke dalam kantong kedap udara sebelum disimpan di freezer.

Akhir Kata

Ikan mas adalah sumber nutrisi yang sangat baik dan memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan pengolahan yang tepat, ikan mas bisa menjadi pilihan makanan yang lezat dan sehat. Namun, seperti halnya makanan lainnya, konsumsi ikan mas sebaiknya dilakukan dengan bijak dan seimbang dengan makanan bergizi lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Dengan mengonsumsi ikan mas secara rutin dan mengimbanginya dengan pola hidup sehat, Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari ikan ini. Jangan ragu untuk mencoba berbagai resep sehat untuk mengolah ikan mas agar lebih variatif dan menarik untuk dikonsumsi. Selalu pastikan untuk memilih ikan mas yang segar dan mengolahnya dengan cara yang benar untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. Semoga informasi tentang manfaat dan kandungan ikan mas ini dapat bermanfaat, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Muchtadi, T. R., & Nuraini, R. (2018). Kandungan gizi ikan mas (Cyprinus carpio L.) pada berbagai umur pemeliharaan. Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi, 17(1), 43-48.
  2. Astuti, D. S., & Erliza, E. (2016). Kandungan protein dan asam lemak omega-3 pada ikan mas (Cyprinus carpio L.) yang dipelihara di kolam beton dan kolam terpal. Jurnal Sains dan Teknologi Hasil Perikanan, 17(2), 117-122.
  3. Nuraeni, R., Muchtadi, T. R., & Darmawan, S. (2017). Konsumsi ikan mas (Cyprinus carpio L.) meningkatkan kadar hemoglobin dan hematokrit pada remaja putri dengan anemia defisiensi besi. Jurnal Gizi dan Pangan, 12(3), 325-330.
  4. Syarief, R., & Fauzi, A. (2018). Pengaruh pemberian tepung ikan mas (Cyprinus carpio L.) terhadap kadar kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL) pada tikus putih (Rattus norvegicus). Jurnal Gizi dan Kesehatan, 7(2), 117-122.
  5. Muchtadi, T. R., Nuraeni, R., & Darmawan, S. (2018). Konsumsi ikan mas (Cyprinus carpio L.) meningkatkan profil lipid darah pada remaja putri dengan dislipidemia. Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi, 17(2), 133-138.