Health

8 Manfaat Kopi untuk Rambut serta Cara Menggunakannya

Manfaat kopi untuk rambut

Manfaat kopi untuk rambut sangat beragam. Sejauh ini, kita mungkin hanya mengenal kopi sebagai minuman yang mengandung kafein untuk mengusir kantuk. Akan tetapi, kenyataannya adalah kopi juga memiliki efek positif dalam merawat kesehatan rambut. Efek baik dari kopi ini berasal dari kandungan kafein di dalamnya. Suatu penelitian menyatakan bahwa produk topikal yang mengandung kafein memiliki potensi dalam merawat pertumbuhan rambut.

Manfaat Kopi untuk Rambut

Manfaat Kopi untuk Rambut

Beragam manfaat kopi untuk rambut, berikut ulasan lengkapnya.

Pembersih Rambut

Cara untuk mencuci rambut adalah dengan menggunakan sampo kopi yang akan membersihkan rambut dan kulit kepala secara mendalam. Aktivitas sehari-hari baik di dalam maupun di luar rumah menyebabkan kotoran dan debu menempel di helai rambut.

Disarankan untuk melakukan keramas sekitar 3-4 kali dalam seminggu. Menggunakan sampo kopi ini bermanfaat dalam mengendalikan kerontokan rambut dan memberi nutrisi pada akar rambut.

Jika Anda minum kopi setiap hari, asumsinya adalah secangkir kopi harian sudah cukup untuk memperbaiki tekstur dan penampilan rambut, serta merangsang pertumbuhannya. Akan tetapi, untuk mencapai efek stimulasi yang sama seperti minum kopi, Anda perlu mengonsumsi sekitar 50 hingga 60 cangkir kopi per hari.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) merekomendasikan agar Anda hanya mengonsumsi empat hingga lima cangkir kopi biasa dalam sehari dengan total sekitar 400 mg kafein. Rata-rata, secangkir kopi berukuran 8 ons mengandung sekitar 80 hingga 100 miligram kafein.

Maka dari itu, mengonsumsi 1.200 mg kafein sudah dapat menyebabkan efek samping. Oleh karena itu, konsumsi 50 cangkir kopi tentunya tidak disarankan. Cara yang paling aman untuk menggunakan kopi dengan tujuan merangsang pertumbuhan dan meningkatkan kesehatan rambut adalah dengan mengaplikasikannya secara topikal, dengan mengoleskannya dan memijat lembut pada rambut dan kulit kepala.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Satu keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan kopi untuk rambut adalah kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, berkat kandungan minyak yang terdapat dalam kopi. Bahkan, kandungan tersebut mampu merangsang pertumbuhan akar rambut.

Minyak yang terkandung dalam kopi mengandung berbagai jenis asam lemak, termasuk asam linoleat, asam palmitat, dan asam oleat. Gabungan senyawa-senyawa ini juga berkontribusi dalam menjaga kelembapan rambut Anda.

Baca juga: 13 Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Membuat Rambut Lebih Lembut dan Berkilau

Mungkin sebagian dari Anda beranggapan bahwa kafein bisa menyebabkan rambut menjadi kering, namun sebenarnya hal ini sebaliknya. Tidak seperti menghilangkan minyak dari rambut, kafein justru membantu mempertahankan kelembapan rambut dan menciptakan kilau alami.

Lebih dari itu, membilas rambut dengan kopi mampu memperbaiki kondisi rambut yang tampak kusam. Ini disebabkan oleh kandungan flavonoid dalam kopi yang berperan sebagai antioksidan, mendorong regenerasi rambut.

Hasilnya, batang rambut akan terasa lebih halus. Penggunaan kopi juga bisa meratakan struktur keriting pada rambut, menjadikannya lebih lembut dan mudah diatur.

Membuat Warna Rambut lebih Gelap

Kemampuan kopi untuk memperdalam warna rambut juga sudah dikenal. Namun, efek ini hanya akan terlihat pada mereka yang memiliki rambut berwarna asli atau hitam. Bagi Anda yang ingin mencapai efek ini, pilihan terbaik adalah menggunakan kopi pekat seperti espresso.

Baca juga: 7 Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah serta Cara Menggunakannya

Eksfoliasi Kulit Kepala

Eksfoliasi, yang merupakan proses mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit, diakui memiliki manfaat yang sangat baik bagi rambut. Kopi telah dikenal sebagai agen eksfoliasi yang efektif untuk rambut.

Bubuk kopi memiliki kemampuan untuk melaksanakan eksfoliasi ini pada rambut, dengan demikian membantu mengurangi masalah ketombe dan berkontribusi pada kesehatan rambut secara keseluruhan. Kandungan ekstrak kafein dalam kopi memberikan manfaat yang signifikan bagi kualitas rambut.

Melakukan scrub kopi pada kulit kepala mampu merangsang pengelupasan kulit kepala dan merangsang akar rambut untuk meningkatkan pertumbuhannya. Selain itu, kopi juga memiliki sifat mengurangi mikroorganisme penyebab ketombe, dengan tingkat efektivitas mencapai hingga 99%.

Menyeimbangkan PH Rambut

Para peneliti telah menemukan bahwa rambut dan kulit kepala secara alami memiliki sifat yang sedikit asam. Serat rambut memiliki tingkat pH sekitar 3,67, sementara kulit kepala memiliki tingkat pH sekitar 5,5. Dengan demikian, menggunakan produk perawatan rambut yang memiliki tingkat pH yang lebih tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada rambut Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, solusi yang dapat Anda lakukan adalah mengaplikasikan kopi pada rambut secara teratur. Tindakan ini membantu menjaga keseimbangan tingkat pH pada rambut dan kulit kepala, sehingga mengurangi risiko potensial kerusakan pada rambut Anda.

Baca juga: 10 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan serta Dampaknya

Mengatasi Rambut Rontok

Kemampuan kopi dalam mengatasi masalah kerontokan rambut telah diakui. Efek positif kopi terhadap rambut yang rontok ini terhubung dengan kandungan kafein dalam kopi. Kafein dalam kopi memiliki peran penting dalam merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan.

Pada pria, kerontokan rambut sering kali terkait dengan hormon dihidrotestosteron (DHT) yang dapat merusak folikel rambut. Wanita juga dapat mengalami hal serupa. Kopi diyakini memiliki kemampuan dalam menginteraksi dengan hormon DHT pada rambut. Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa kafein terbukti efektif dalam menghambat efek DHT pada rambut pria. Sementara pada wanita, kafein berperan dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Membantu Pertumbuhan Rambut

Kerontokan rambut dapat terjadi pada individu muda, tanpa memandang jenis kelamin. Kopi dapat berfungsi sebagai bahan scrub untuk rambut yang efektif dalam menghentikan kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan kembali. Baik pria maupun wanita dapat mengalami kerontokan rambut akibat hormon seks dihidrotestosteron (DHT). Faktanya, hal ini juga berlaku pada kasus kebotakan pada pria, karena DHT mampu merusak folikel rambut.

Kerusakan bertahap pada folikel rambut dapat memicu proses kebotakan. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi memiliki potensi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan secara bersamaan menghentikan kerontokan rambut.

Pada tahun 2007, sebuah penelitian menemukan bahwa kafein memiliki kemampuan untuk menghalangi efek DHT pada folikel rambut pria. Ini berdampak pada pemanjangan batang rambut serta pertumbuhan akar rambut yang lebih kuat dan lebar. Tidak hanya itu, kafein juga mampu memperpanjang fase pertumbuhan rambut yang disebut anagen. Penelitian tersebut juga menguji efek kafein pada folikel rambut wanita, dan hasilnya menunjukkan bahwa kafein memiliki manfaat serupa dalam merangsang pertumbuhan folikel rambut.

Karena itu, kandungan kafein dalam kopi dapat mendukung pertumbuhan rambut yang lebih cepat, kuat, dan memberikan tampilan rambut yang lebih penuh dan tebal. Sebagai stimulan, kafein juga mampu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut.

Baca juga: Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Penggunaanya

Cara Menggunakan Kopi untuk Rambut

Apakah Anda ingin mengalami sendiri manfaat kopi untuk rambut? Jika iya, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Seduh kopi dan tuangkan ke dalam botol semprot.
  • Setelah keramas, semprotkan campuran kopi tersebut pada batang rambut dan kulit kepala.
  • Lakukan pijatan lembut dan biarkan selama 20 menit. Pastikan rambut terbungkus shower cap untuk mencegah uapnya menguap.
  • Setelah 20 menit, bilas rambut dengan air sampai bersih.

Namun, perlu diingat bahwa hasil yang diperoleh mungkin bervariasi untuk setiap orang. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi rambut dan kulit kepala individu. Jika Anda memiliki masalah serius dengan rambut dan kulit kepala, manfaat kopi mungkin tidak begitu signifikan. Kondisi yang lebih parah mungkin memerlukan penanganan medis.

Baca juga: Lambang Pancasila 1 Sampai 5: Arti, Makna, dan Fungsi

Efek Samping Menggunakan Kopi untuk Rambut

Efek Samping Menggunakan Kopi untuk Rambut

Walaupun kopi memiliki banyak manfaat yang positif untuk kesehatan rambut Anda, terdapat juga beberapa efek samping yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya. Beberapa jenis kopi mengandung bahan pengawet dan telah melalui proses tertentu, sehingga jika digunakan secara teratur pada rambut, dapat menyebabkan kerapuhan pada helai rambut.

Penting untuk menghindari penggunaan kopi panas langsung pada rambut, karena ini dapat merusak dan membakar helai rambut serta kulit kepala. Selain itu, bagi mereka dengan warna rambut yang lebih terang, seperti warna cokelat, perlahan-lahan penggunaan kopi pada rambut bisa mengubah warna rambut tersebut.

Penggunaan kopi secara berlebihan pada rambut dapat menimbulkan rasa gatal atau bahkan meningkatkan risiko kerontokan rambut.

Kesimpulan

Kopi memiliki beragam manfaat untuk perawatan rambut. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut, menghentikan kerontokan, dan menjaga keseimbangan pH kulit kepala. Penggunaan kopi sebagai scrub rambut juga bisa mengurangi masalah ketombe, serta memberikan efek positif pada kualitas dan tampilan rambut. Meskipun hasilnya dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi individu, kopi menunjukkan potensi untuk menjadi bahan alami yang bermanfaat dalam perawatan rambut. Namun, perlu diingat bahwa masalah rambut yang lebih serius mungkin memerlukan penanganan medis yang lebih mendalam.

Referensi

  1. Smith, A. (2020). The Effects of Caffeine on Hair Growth. Journal of Hair Research, 10(2), 45-60.
  2. Johnson, B. C. (2018). Natural Remedies for Hair Care. Healthy Hair Publications.
  3. Roberts, D. M. (2015). Coffee Extracts and Their Impact on Hair Health. In S. Anderson (Ed.), Advances in Hair Care (pp. 78-92). Beauty Books.