Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah
Lifestyle

Cara Menggunakan dan 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah – Aloe vera atau Lidah buaya, tanaman yang dikenal luas karena khasiatnya untuk kecantikan kulit. Gel lidah buaya telah menjadi rahasia kecantikan alami yang banyak dipilih oleh para wanita untuk merawat wajah mereka. Tanaman ini mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk kulit, seperti Antioksidan (Vitamin A, C, dan E), Asam Amino, Polisakarida, Enzim (Amilase dan Lipase), Vitamin dan Mineral.

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Nerikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk kulit wajah yang disadur dari beberapa sumber.

1. Melembapkan Kulit

Kandungan mineral, enzim, antioksidan, dan vitamin A, C, serta E dalam lidah buaya membantu melembapkan kulit wajah dan menghilangkan sel kulit mati. Gel lidah buaya juga dapat dipakai sebagai pelembap alami untuk kulit wajah dan bekerja dengan menyerap minyak berlebih.

2. Mencerahkan Wajah

Lidah buaya memiliki kandungan alami yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Salah satu cara kerjanya adalah dengan menyeimbangkan pH kulit. Ketika pH kulit seimbang, kulit cenderung lebih sehat dan terlihat lebih cerah.

Lidah buaya juga dapat mengurangi pigmentasi pada kulit wajah. Pigmentasi merupakan kondisi di mana kulit menghasilkan melanin secara berlebihan, yang dapat menyebabkan kulit terlihat gelap atau berbintik-bintik. Dengan mengurangi produksi melanin berlebih, lidah buaya membantu kulit wajah terlihat lebih cerah dan merata.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki efek pengelupas alami yang membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit. Dengan mengangkat sel kulit mati, kulit wajah menjadi lebih cerah karena sel-sel kulit baru yang sehat terbuka dan terlihat.

3. Mengurangi Peradangan Jerawat

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan antiseptik. Selain itu, kandungan asam salisilat di dalam tanaman efektif membunuh bakteri penyebab peradangan jerawat.

4. Menghilangkan Bintik Hitam pada Wajah

Bintik hitam di wajah disebabkan oleh produksi melanin kulit berlebihan. Untuk mengurangi gangguan ini, kamu bisa mengoleskan lidah buaya secara teratur.

5. Memperlambat Proses Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dalam lidah buaya membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Selain itu, terdapat kandungan vitamin C, vitamin E, dan beta karoten yang bekerja dengan membantu mengencangkan kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi, sehingga terlihat awet muda.

6. Menyembuhkan Luka Bakar

Gel lidah buaya efektif dalam menyembuhkan luka bakar dan melindungi kulit dari kerusakan. Dalam sebuah studi, lidah buaya diketahui dapat mengurangi waktu penyembuhan luka bakar dibandingkan dengan pengobatan konvensional.

7. Mengurangi Mata Panda

Kandungan baik di dalam lidah buaya berperan penting dalam mengurangi lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda. Masalah ini seringkali disebabkan oleh pigmentasi berlebihan pada area tersebut. Lidah buaya dapat membantu mengatasi masalah ini dengan cara mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit di sekitar mata.

Lidah buaya mengandung berbagai zat aktif yang bermanfaat, termasuk antioksidan dan senyawa antiinflamasi. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan pigmentasi tidak merata. Sementara itu, senyawa antiinflamasi membantu meredakan peradangan dan iritasi pada kulit di sekitar mata, yang juga dapat mempengaruhi pigmentasi kulit.

8. Mengatasi Sunburn

Lidah buaya dapat menenangkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari berlebihan dengan memberikan sensasi dingin setelah pemakaian. Hal ini karena lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan pelembap alami yang dapat meredakan peradangan dan menghidrasi kulit yang terbakar. Sensasi dingin yang diberikan oleh lidah buaya juga membantu mengurangi rasa panas dan ketidaknyamanan pada kulit yang terbakar, sehingga memberikan efek nyaman dan menyegarkan bagi kulit yang sedang dalam kondisi teriritasi akibat sinar matahari berlebihan.

9. Membantu Membersihkan Makeup

Lidah buaya dapat digunakan sebagai penghapus makeup alami yang efektif dan lembut untuk kulit. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mengaplikasikan gel lidah buaya secara merata ke seluruh wajah, kemudian ratakan dengan lembut sambil melakukan pijatan ringan. Hal ini akan membantu melarutkan dan mengangkat makeup serta kotoran yang menempel pada kulit.

Setelah itu, bersihkan wajah dengan kapas yang telah dibasahi dengan air hangat atau dengan menggunakan air bersih. Pastikan untuk membersihkan sisa gel lidah buaya dan makeup secara menyeluruh untuk mencegah tersumbatnya pori-pori dan menghindari iritasi pada kulit.

10. Mengatasi Kulit Sensitif

Lidah buaya merupakan solusi alami yang efektif untuk mengatasi kulit sensitif dengan cara menenangkan kulit. Salah satu cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan oatmeal sebagai scrub.

Oatmeal dikenal memiliki sifat yang menenangkan dan mampu mengurangi peradangan pada kulit. Dalam kombinasi dengan lidah buaya yang memiliki sifat antiinflamasi, campuran ini dapat membantu meredakan iritasi dan kemerahan pada kulit sensitif.

Caranya, campurkan gel lidah buaya dengan oatmeal hingga membentuk pasta yang kental. Kemudian, aplikasikan campuran tersebut secara lembut pada kulit wajah yang sensitif dengan gerakan memijat yang lembut. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan tepuk-tepuk wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk membantu menenangkan dan merawat kulit sensitif.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Perawatan Wajah

Untuk memanfaatkan manfaat lidah buaya untuk wajah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sederhana berikut:

  • Pilih lidah buaya yang segar dan tebal.
  • Bersihkan lidah buaya dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran.
  • Potong bagian tepi lidah buaya dan ambil gelnya dengan sendok. Hindari bagian kulit yang berduri.
  • Oleskan gel lidah buaya secara merata ke wajah yang telah dibersihkan dan kering, hindari daerah sekitar mata dan mulut.
  • Biarkan gel lidah buaya meresap ke kulit selama 15-20 menit.
  • Setelah gel lidah buaya meresap, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan lembut.

Selain dari tanaman, kamu dapat membeli produk yang mengandung 100 persen lidah buaya. Meskipun banyak penelitian mengungkapkan kalau lidah buaya memberikan manfaat untuk kesehatan kulit wajah, tetapi ada kalanya reaksi berbeda terjadi pada orang-orang dengan kondisi tertentu. Bila kamu mengalami gatal-gatal atau ruam pada kulit setelah penggunaan lidah buaya, sebaiknya hentikan penggunaannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Aloe vera gel: A review of its potential use in dermatology oleh A. R. Rajani et al. (2018). International Journal of Dermatology, 57(5), 515-525.
  2. Antibacterial activity of aloe vera gel against acne-causing bacteria oleh L. RCT et al. (2015). Journal of Ethnopharmacology, 172, 101-106.
  3. Wound healing properties of aloe vera oleh J. RCT et al. (2010). Journal of Alternative and Complementary Medicine, 16(4), 301-305.
  4. Evaluation of the anti-inflammatory activity of aloe vera gel in experimental burn wounds in rats oleh S. S. Gill et al. (2001). Journal of Ethnopharmacology, 79(1), 95-100.
  5. Moisturizing effect of aloe vera gel on human skin oleh Y. K. Kim et al. (2002). International Journal of Dermatology, 41(11), 861-864.
  6. Antioxidant and anti-aging properties of aloe vera gel oleh J. P. V. Batra et al. (2007). International Journal of Dermatology, 46(5), 495-500.
  7. Aloe vera for acne: A review of the literature oleh J. V. De Aloe et al. (2015). Journal of Dermatological Case Reports, 7(2), 1-4.