Pantai Tanah Barak
Bali

Pantai Tanah Barak: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik

Pantai Tanah Barak – Salah satu tujuan wisata yang sangat populer yang harus Anda kunjungi saat berlibur di Pulau Bali adalah Pantai Tanah Barak, yang juga sering dikenal dengan nama Pantai Batu Barak. Pantai ini terletak di Desa Kutuh, Badung, Bali.

Ternyata, Desa Kutuh bukan hanya memiliki Pantai Pandawa, melainkan juga Pantai Tanah Barak. Kedua pantai ini berada bersebelahan dan dapat diakses dengan mudah.

Pantai Tanah Barak

Berikut informasi terkait Pantai Tanah Barak.

Lokasi Pantai Tanah Barak

Pantai Tanah Barak terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, berdekatan dengan Pantai Pandawa dan dapat diakses dengan mudah. Dengan pembukaan akses ke Pantai Tanah Barak, tempat ini menjadi tambahan destinasi wisata baru di Bali. Pantai ini memiliki daya tarik khusus dengan pemandangan perbukitan dan tebing yang indah, dan aksesnya juga bisa langsung mengarah ke Pantai Pandawa.

Harga Tiket Masuk

Sekarang, ada sistem pengumpulan biaya masuk yang harus dibayar oleh pengunjung yang ingin mengunjungi tempat ini. Harganya identik dengan tarif masuk ke Pantai Pandawa, yaitu:

  • Tarif masuk untuk anak-anak adalah Rp 3.000 per individu.
  • Sementara itu, tarif masuk untuk dewasa adalah Rp 8.000 per orang.
  • Untuk tiket parkir sepeda motor, dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 per motor.

Rute Menuju Pantai

Pantai Tanah Barak
Sumber Gambar: Travel Kompas

Untuk mencapai Pantai Tanah Barak, Anda dapat menggunakan jalur yang bersebelahan dengan Pantai Pandawa. Dari Pantai Kuta, perjalanan akan memakan sekitar 45 menit, tetapi jika Anda memulai perjalanan dari Garuda Wisnu Kencana, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 20 menit.

Jika Anda berada di sekitar Kota Denpasar, Anda dapat mengambil jalur tol Bali Mandara dan mengikuti arah ke Nusa Dua. Setelah itu, berbelok ke kanan menuju Puja Mandala Nusa Dua dan terus mengikuti jalan utama hingga Anda melihat petunjuk menuju Pantai Batu Barak.

Ikuti belokan ke arah kanan hingga mencapai pantai ini. Saat ini, jalur akses ke pantai sudah beraspal, sehingga perjalanan akan terasa lebih nyaman.

Baca juga: Raja Ampat Wisata Alam

Jam Operasional

Untuk Anda yang ingin mengunjungi pantai yang sedang populer ini, disarankan untuk datang antara pagi dan sore hari. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda dapat mencari tempat parkir kosong dan kemudian berjalan kaki ke lokasi pantai. Sebaiknya kunjungi pantai ini pada pagi atau sore hari, karena pada siang hari cuacanya cukup panas dan cahaya dari tanah kapur bisa menyilaukan.

Jam operasional standar Pantai Batu Barak dan sebagian besar objek wisata di Bali biasanya dimulai dari pukul 7 pagi hingga 7 malam (sebelum gelap).

Daya Tarik Pantai Tanah Barak

Pantai ini juga dikenal sebagai pantai yang eksotis, dengan pasir putih, formasi batu karang yang unik, dan ombak yang tenang. Jumlah pengunjungnya masih tergolong sedikit, sehingga Anda akan merasa seolah-olah pantai ini adalah milik pribadi sendiri.

Batu-batu besar tersebar di sepanjang pantai, memberikan elemen dekoratif alami. Anda juga dapat menikmati panorama alam sambil bersantai di atas batu-batu tersebut.

Selama perjalanan menuju pantai, pengunjung dapat menikmati kecantikannya. Akses ke pantai ini melewati tebing kapur yang membelah bukit, menciptakan tempat yang sangat diminati untuk berfoto oleh pengunjung akhir-akhir ini.

Aktivitas di Pantai Tanah Barak

Pantai Tanah Barak
Sumber Gambar: Berita Bali

Di Pantai Tanah Barak, terdapat berbagai kegiatan yang dapat dinikmati selama Anda berada di sana, antara lain:

  • Fotografi
  • Renang
  • Berjemur atau Bermain Pasir
  • Snorkeling
  • Menikmati Matahari Terbenam

Tips Wisata di pantai Berak

Sebelum menuju Pantai Tanah Barak, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan yang akan bermanfaat bagi Anda:

  1. Pastikan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena tidak ada warung di sekitar pantai.
  2. Gunakan pakaian dan alas kaki yang sesuai dengan aktivitas.
  3. Sediakan perlengkapan seperti topi, kacamata hitam, tabir surya, payung, handuk, dan pakaian ganti.
  4. Sebaiknya kunjungi pantai pada pagi atau sore hari untuk kenyamanan, hindari kunjungan pada malam hari.
  5. Selalu patuhi aturan dan selalu menjaga kebersihan pantai selama kunjungan.

Dengan berbagai kegiatan yang ditawarkan, Pantai Tanah Barak merupakan tempat yang cocok untuk menikmati waktu luang dan mengeksplorasi keindahan alamnya.

Referensi

Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Bali