Food

Resep Dimsum Ayam Udang Nikmatnya Lezat

Resep dimsum ayam udang

Siapa yang bisa menolak kelezatan dimsum? Makanan khas Tiongkok ini telah menjadi favorit di seluruh dunia, dan salah satu varian yang paling populer adalah dimsum ayam udang. Kombinasi sempurna dari daging ayam yang lembut dan udang segar menjadikan dimsum ini menjadi hidangan yang tak terlupakan. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep dimsum ayam udang yang lezat dan sederhana untuk Anda coba di rumah. Simak terus!

Dimsum merupakan hidangan kecil yang disajikan dalam piring kecil atau keranjang bambu. Hidangan ini biasanya diisi dengan berbagai bahan seperti daging, udang, sayuran, dan rempah-rempah. Dimsum ayam udang adalah salah satu variasi paling terkenal dan memiliki rasa yang menggoda selera. Banyak restoran Tionghoa yang menyajikan dimsum ayam udang sebagai menu favorit, tetapi sebenarnya Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah.

Resep Dimsum Ayam Udang

Bahan-bahan

  • 250 gram daging ayam cincang
  • 250 gram udang segar, kupas dan cincang halus
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sendok makan tepung sagu
  • Kulit dimsum siap pakai (dapat ditemukan di toko bahan makanan Asia)

Baca juga: Cara Bikin Bubur Manado Sederhana dan Mudah

Cara membuat

  1. Pertama-tama, siapkan wadah besar dan campurkan daging ayam cincang, udang cincang, kecap asin, saus tiram, garam, merica bubuk, gula, dan minyak wijen. Aduk rata hingga bahan-bahan tercampur secara merata.
  2. Tambahkan minyak sayur dan bawang putih cincang ke dalam adonan daging ayam dan udang. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  3. Setelah itu, tambahkan tepung sagu ke dalam adonan dan aduk hingga adonan menjadi sedikit kenyal.
  4. Ambil selembar kulit dimsum siap pakai dan letakkan satu sendok makan adonan di tengahnya. Lipat kulit dimsum menjadi setengah lingkaran dan tekan pinggiran kulit dengan jari Anda agar terlihat cantik.
  5. Ulangi langkah tersebut sampai adonan habis.
  6. Setelah selesai membentuk dimsum, siapkan panci pengukus dan panaskan air di dalamnya. Pastikan air dalam panci tidak menyentuh dimsum saat dimasak.
  7. Tata dimsum di dalam panci pengukus dan kukus selama sekitar 10-15 menit hingga dimsum matang.
  8. Angkat dimsum dari panci pengukus dan hidangkan dengan saus atau cuka secukupnya.

Dimsum ayam udang siap untuk dinikmati! Hidangan ini cocok disajikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai camilan di sore hari. Anda juga dapat menyajikannya bersama saus sambal atau saus manis pedas untuk menambah cita rasa. Jangan ragu untuk menyesuaikan resep ini sesuai dengan selera Anda. Anda bisa menambahkan bawang bombay cincang atau jamur yang telah dicincang halus ke dalam adonan untuk memberikan variasi rasa.

Selain itu, penting untuk menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas ketika membuat dimsum ayam udang. Pilihlah daging ayam yang segar dan udang yang masih dalam kondisi segar untuk mendapatkan hasil terbaik. Kulit dimsum siap pakai juga dapat membantu mempersingkat waktu persiapan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata

Penutup

Nah, itulah resep sederhana untuk membuat dimsum ayam udang yang lezat di rumah. Anda dapat menikmati hidangan ini sebagai camilan atau sebagai hidangan pembuka saat berkumpul dengan keluarga atau teman-teman. Buatlah dimsum dengan hati-hati dan pastikan adonan terbungkus dengan rapi dalam kulit dimsum. Selamat mencoba!