Manfaat Wedang Ronde
Lifestyle

11 Manfaat Wedang Ronde untuk Kesehatan dan Resepnya

Wedang ronde, merupakan minuman khas Jawa Tengah, Indonesia, yang terkenal dengan karakteristiknya. Proses pembuatan wedang ronde melibatkan kuah jahe yang berisi bola-bola bulat. Minuman ini merupakan hasil dari penggabungan budaya dengan Festival Dongzhi di Kota Tangerang, di mana ronde pertama kali diperkenalkan. Biasanya, wedang jahe ini disajikan dalam keadaan panas, sangat cocok untuk cuaca dingin atau malam hari. Di Indonesia, selain di Kota Tangerang, minuman ini juga bisa ditemukan di Kota Salatiga dan Kota Yogyakarta.

Ciri-ciri khas wedang ronde melibatkan bentuk bola yang terbuat dari campuran kacang-kacangan dan tepung beras yang dicampur dalam air panas yang mengandung jahe. Minuman ini merupakan salah satu varian minuman herbal tradisional Indonesia dan biasanya disajikan dalam bentuk minuman panas dengan isian yang nikmat.

Minuman tradisional yang terbuat dari jahe, gula aren, dan berbagai rempah-rempah ini bukan hanya nikmat, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Manfaat Wedang Ronde untuk Kesehatan

Berikut ragam manfaat wedang ronde yang dirangkum dari berbagai sumber.

Menghangatkan Badan di Cuaca Dingin

Wedang Ronde, minuman tradisional yang lezat, memang merupakan pilihan yang tepat saat cuaca dingin melanda. Ini adalah minuman yang dirancang secara khusus untuk memberikan rasa hangat dan nyaman kepada tubuh kita. Ketika suhu udara turun dan angin dingin bertiup, Wedang Ronde menjadi penyelamat yang sempurna bagi banyak orang.

Salah satu komponen utama yang membuat Wedang Ronde begitu efektif dalam menghangatkan tubuh adalah jahe. Jahe adalah bahan ajaib yang telah lama dipercaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan suhu tubuh kita. Ketika kita mengonsumsi minuman yang mengandung jahe, seperti Wedang Ronde, reaksi alami tubuh kita adalah merespons dengan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini membantu menjaga tubuh tetap hangat dan membuat kita merasa lebih nyaman di bawah cuaca yang dingin.

Penyembuh Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan memang bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu dalam aktivitas sehari-hari kita. Rasa nyeri dan ketidaknyamanan yang disebabkan olehnya dapat membuat kita merasa terganggu dan tidak nyaman. Namun, ada solusi alami yang efektif untuk mengatasi masalah ini, yaitu Wedang Ronde. Minuman ini bukan hanya enak, tetapi juga memiliki sifat penyembuh yang hebat terutama dalam meredakan sakit tenggorokan.

Salah satu kunci manfaat utama dari Wedang Ronde dalam mengatasi sakit tenggorokan adalah kandungan jahe yang melimpah di dalamnya. Jahe dikenal sebagai bahan alami yang sangat efektif dalam meredakan ketidaknyamanan tenggorokan yang disebabkan oleh berbagai penyebab seperti infeksi, iritasi, atau cuaca yang dingin. Jahe memiliki sifat antiinflamasi, yang berarti ia dapat mengurangi peradangan yang mungkin terjadi di tenggorokan Anda, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kenyamanan.

Mengatasi Mabuk Perjalanan

Tidak hanya sebagai penyembuh sakit tenggorokan, Wedang Ronde juga bisa menjadi teman yang setia saat Anda mengalami mabuk perjalanan, terutama selama perjalanan yang panjang dan mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman. Ketika Anda berada dalam kendaraan dan menghadapi perasaan mual serta tidak nyaman akibat mabuk perjalanan, Wedang Ronde bisa menjadi solusi yang sangat efektif.

Perasaan mual dan ingin muntah selama mabuk perjalanan adalah pengalaman yang seringkali sangat mengganggu dan bisa mempengaruhi kenyamanan Anda selama perjalanan. Nah, inilah saat Wedang Ronde datang sebagai penyelamat. Minuman ini memiliki sifat menenangkan bagi sistem pencernaan Anda, membantu meredakan perut yang mual dan mengurangi sensasi tidak nyaman yang sering terjadi saat mabuk perjalanan.

Sifat menenangkan jahe yang terdapat dalam Wedang Ronde sangat efektif dalam meredakan gangguan perut, termasuk mabuk perjalanan. Jahe membantu merangsang pencernaan dan mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan, yang pada gilirannya dapat mengurangi perasaan mual dan keinginan untuk muntah. Ini memungkinkan Anda untuk merasa lebih baik dan lebih nyaman selama perjalanan.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Sensasi kehangatan yang diberikan oleh Wedang Ronde tidak hanya memiliki efek positif pada tubuh secara fisik, tetapi juga berdampak positif secara psikologis. Minuman hangat ini memiliki kemampuan unik untuk meningkatkan stamina tubuh Anda, dan efeknya bukan hanya terbatas pada rasa hangat di tenggorokan.

Ketika Anda menikmati secangkir Wedang Ronde yang hangat, tubuh Anda merespons dengan mengalirkan perasaan hangat melalui seluruh tubuh Anda. Ini memberikan sensasi kenyamanan dan ketenangan yang dapat menghilangkan rasa stres atau kedinginan. Saat tubuh Anda merasa hangat dan nyaman, perasaan lesu dan malas yang mungkin Anda alami akibat cuaca dingin atau kelelahan dapat berkurang.

Mencegah Masuk Angin

Wedang Ronde memang dapat dianggap sebagai salah satu senjata ampuh dalam melawan berbagai penyakit, termasuk masuk angin. Masuk angin adalah kondisi yang seringkali membuat kita merasa sangat tidak nyaman, dengan gejala seperti meriang, demam, pusing, dan kadang-kadang batuk. Namun, Wedang Ronde bisa menjadi perisai pertahanan tubuh yang efektif untuk mengatasi dan mencegah perkembangan penyakit ini.

Salah satu alasan mengapa Wedang Ronde begitu efektif dalam melawan masuk angin adalah karena kandungan jahe yang kaya di dalamnya. Jahe adalah bahan alami yang telah dikenal selama berabad-abad karena sifat-sifat penyembuhannya. Ketika Anda mengonsumsi minuman yang mengandung jahe, seperti Wedang Ronde, jahe bekerja sebagai agen antiinflamasi yang kuat. Ini berarti bahwa ia dapat membantu mengurangi peradangan yang mungkin terjadi di tenggorokan dan saluran pernapasan, yang seringkali menjadi penyebab gejala seperti batuk dan sakit tenggorokan yang sering terkait dengan masuk angin.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah salah satu aset berharga untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit. Dalam Wedang Ronde, terdapat rempah-rempah seperti serai yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan sistem kekebalan yang kuat, tubuh Anda akan lebih mampu melawan infeksi dan penyakit. Dengan kata lain, minuman ini membantu mempersenjatai tubuh Anda melawan ancaman penyakit seperti flu.

Baca juga: 15 Manfaat Akar Kelapa bagi Kesehatan dan Kehidupan Sehari-hari

Mengurangi Pusing dan Sakit Kepala

Jahe, salah satu bahan utama dalam Wedang Ronde, memang memiliki sifat antiinflamasi yang sangat efektif dalam meredakan sakit kepala. Sakit kepala atau pusing adalah masalah yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kita, dan terkadang, mencari cara alami untuk meredakannya bisa menjadi langkah yang bijak. Wedang Ronde adalah salah satu solusi yang bisa membantu Anda merasa lebih baik dan mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala.

Sifat antiinflamasi jahe adalah salah satu kunci mengapa ia begitu efektif dalam mengatasi sakit kepala. Ketika Anda mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman hangat seperti Wedang Ronde, jahe bekerja dengan meredakan peradangan yang mungkin ada dalam sistem tubuh Anda. Ini dapat membantu mengurangi intensitas dan frekuensi sakit kepala.

Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Jahe yang merupakan salah satu komponen utama dalam Wedang Ronde memang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan kardiovaskular. Kesehatan jantung adalah aspek penting dari kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan peran jahe dalam menjaga kolesterol dalam batas normal adalah berita baik bagi semua orang, terutama mereka yang peduli dengan kesehatan jantung mereka.

Rutin mengonsumsi jahe telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama untuk berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Dengan menjaga kadar kolesterol dalam batas normal, Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit tersebut.

Mengurangi Risiko Stroke

Stroke adalah salah satu penyakit yang sangat serius dan berbahaya yang dapat mengancam kesehatan dan kehidupan seseorang. Namun, berita baiknya adalah bahwa Wedang Ronde, yang mengandung jahe dan rempah-rempah lainnya, telah lama diakui sebagai penangkal penyakit ini. Jahe, sebagai komponen utama dalam minuman ini, memiliki sifat-sifat yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan kardiovaskular Anda dan mengurangi risiko terkena stroke.

Salah satu faktor risiko utama yang terkait dengan stroke adalah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak, yang merupakan penyebab umum dari stroke. Jahe telah terbukti memiliki kemampuan untuk mengontrol tekanan darah. Ini berarti bahwa dengan mengonsumsi jahe secara teratur melalui minuman seperti Wedang Ronde, Anda dapat membantu menjaga tekanan darah Anda dalam batas normal dan mengurangi risiko stroke.

Mencegah Serangan Jantung

Selain mengurangi risiko stroke, jahe yang terkandung dalam Wedang Ronde juga memiliki peran penting dalam melindungi jantung Anda dari serangan jantung. Jantung adalah organ yang sangat vital dalam tubuh kita, dan menjaga kesehatannya adalah hal yang sangat penting. Minum Wedang Ronde dengan jahe secara teratur dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap penyakit jantung yang berbahaya.

Ketika datang ke kesehatan jantung, salah satu faktor kunci adalah kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Jahe telah terbukti memiliki kemampuan untuk membantu menjaga kadar kolesterol dalam batas normal. Ini adalah berita baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan jantung mereka dan mengurangi risiko serangan jantung.

Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung adalah masalah yang seringkali sangat tidak nyaman dan dapat mengganggu kenyamanan sehari-hari. Ketika Anda merasa perut terasa penuh, kembung, atau tidak nyaman setelah makan berat, Wedang Ronde dapat menjadi solusi yang efektif untuk meredakan ketidaknyamanan ini. Minuman ini mengandung berbagai bahan alami, termasuk jahe dan serai, yang bekerja bersama-sama untuk mengatasi perut kembung dan masalah pencernaan lainnya.

Jahe, salah satu bahan utama dalam Wedang Ronde, memiliki sifat yang sangat baik dalam meredakan ketidaknyamanan pencernaan. Ini membantu mengurangi peradangan dalam sistem pencernaan, yang sering menjadi penyebab perut kembung. Jahe juga merangsang produksi enzim pencernaan yang dapat membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih efisien. Dengan demikian, jahe membantu meredakan rasa penuh dan kembung setelah makan.

Baca juga: 23 Manfaat Petai untuk Kesehatan

Resep Membuat Wedang Ronde

Naah tiba waktunya kita membuat wedang ronde yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan

1. Bahan untuk Ronde:

  • 150 gram tepung ketan putih
  • 1/4 sendok teh garam
  • 135 ml air hangat
  • 2 tetes pewarna makanan hijau tua
  • 2 tetes pewarna makanan merah cabai
  • 50 gram kacang tanah kupas, sangrai
  • 25 gram gula pasir
  • 1/8 sendok teh garam

2. Bahan untuk Sirup Jahe:

  • 2 liter air
  • 400 gram gula pasir
  • 400 gram jahe, bakar dan memarkan
  • 1 sendok teh garam
  • 4 lembar daun pandan
  • 6 batang serai, memarkan

3. Bahan Pelengkap:

  • 200 gram kolang-kaling, rebus dan iris
  • 3 roti tawar tanpa kulit, potong dadu
  • 25 gram sagu mutiara merah, rebus
  • 1 kaleng (200 gram) lengkeng, tiriskan

Cara Membuat Wedang Ronde Komplet

  1. Untuk Ronde: Blender kacang tanah yang sudah disangrai selagi masih hangat. Tambahkan gula pasir dan garam. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah, campur tepung ketan dan garam. Aduk rata. Sambil terus diaduk, tambahkan air hangat sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Uleni adonan hingga menjadi kalis.
  3. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Tambahkan pewarna merah pada salah satu adonan, teteskan pewarna hijau pada yang lain, dan biarkan yang satu tanpa pewarna. Uleni masing-masing adonan hingga warnanya merata.
  4. Ambil sedikit adonan ronde. Pipihkan, lalu tambahkan campuran kacang tanah. Tutup dan bentuk menjadi bulatan.
  5. Didihkan air dalam panci. Masukkan ronde ke dalam air mendidih. Biarkan hingga ronde mengapung. Angkat dan tiriskan.
  6. Untuk Sirup Jahe: Masukkan air, gula pasir, jahe, daun pandan, dan serai ke dalam panci. Rebus dengan api kecil hingga mendidih dan aromanya harum.
  7. Letakkan ronde dalam mangkuk. Tambahkan sagu mutiara, potongan roti tawar, kolang-kaling, dan lengkeng. Tuangkan sirup jahe secukupnya. Wedang ronde siap dinikmati selagi hangat.

Kesimpulan

Sekarang Anda telah mengetahui sejumlah manfaat luar biasa dari Wedang Ronde untuk kesehatan berikut resepnya. Minuman ini tidak hanya menghangatkan tubuh Anda di tengah cuaca dingin, tetapi juga membawa berbagai manfaat kesehatan yang penting. Oleh karena itu, cobalah untuk memasukkan Wedang Ronde ke dalam rutinitas minum Anda, terutama pada saat-saat ketika Anda ingin merasa lebih baik atau membutuhkan dorongan stamina.