Manfaat Telur Puyuh
Lifestyle

12 Manfaat Telur Puyuh yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Telur Puyuh – Telur puyuh, meskipun kecil, memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Rasanya yang lezat membuat telur puyuh digemari oleh banyak orang. Telur ini tidak hanya nikmat dikonsumsi bersama bubur ayam atau menu angkringan, tetapi juga kandungan gizinya melimpah. Berkat kandungan nutrisinya yang lengkap, ada banyak manfaat telur puyuh yang bisa kita peroleh.

Manfaat Telur Puyuh

Manfaat Telur Puyuh

Berikut ini manfaat telur puyuh yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Mendukung Kesehatan Mata

Telur puyuh mengandung lutein, zeaxanthin, dan selenium. Ketiga nutrisi ini bisa melindungi mata dari efek radikal bebas yang bisa menyebabkan gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula. Selain telur puyuh, kamu pun dianjurkan untuk mengonsumsi sumber vitamin A, seperti wortel, ikan, hati sapi, dan sayuran berdaun hijau, untuk menjaga kesehatan mata.

2. Mencegah Anemia

Hasil studi membuktikan bahwa kandungan zat besi dan vitamin B12 di dalam telur puyuh berperan penting untuk mendukung produksi sel darah merah dalam tubuh. Dengan manfaat tersebut, tubuh akan terhindar dari anemia atau kurang darah.

3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Sama seperti telur ayam dan bebek, telur puyuh juga termasuk sumber protein hewani. Protein berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan imunitas tubuh yang kuat, tubuh akan lebih kebal terhadap infeksi virus dan bakteri, sehingga kamu tidak akan mudah sakit.

4. Memelihara Kesehatan Kulit dan Rambut

Telur puyuh kaya akan lemak sehat, vitamin, mineral, dan protein. Sejumlah nutrisi tersebut mampu menjaga kesehatan rambut dan kulit. Protein berperan penting dalam proses pembentukan rambut dan jaringan kulit. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi telur puyuh, kesehatan kulitmu akan tetap terjaga dan tidak mudah rusak.

5. Menambah Energi

Beberapa studi mengungkapnak, di dalam sebutir telur puyuh mengandung sebanyak 15 kalori dan 1,2 gram protein. Dengan mengonsumsi sekitar 3–5 butir telur puyuh, tubuhmu akan memperoleh asupan energi tambahan. Dengan tenaga yang cukup, kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik dan tidak mudah lelah.

6. Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Kandungan gizi dalam telur puyuh cukup lengkap, sehingga baik untuk mendukung tumbuh kembang anak. Telur puyuh bahkan bisa menjadi salah satu pilihan MPASI yang bisa diberikan kepada bayi ketika ia sudah mencapai usia 6 bulan. Berkat kandungan protein dan lemaknya yang cukup tinggi, telur puyuh bahkan bisa mencegah stunting pada anak.

7. Mencukupi Asupan Nutrisi Tubuh

Berkat kandungan nutrisinya yang lengkap, mengonsumsi beberapa butir telur puyuh bisa membantu menutrisi tubuh. Selain telur puyuh, kamu juga perlu melengkapi nutrisi dari makanan sehat lain, seperti sayur, buah, daging, ikan, ayam, tahu, tempe, susu, dan biji-bijian.

8. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Penelitian ilmiah menunjukan bahwa protein di dalam telur puyuh tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi dan meningkatkan daya tahan tubuh saja, lho. Nutrisi makro ini juga bermanfaat untuk mendukung proses perbaikan sel dan jaringan tubuh, sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

9. Menguatkan Tulang

Manfaat telur puyuh selanjutnya adalah menguatkan tulang. Manfaat ini berasal dari protein, vitamin D, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang terkandung di dalamnya. Untuk mengoptimalkan manfaat telur puyuh ini, kamu juga perlu rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tulang, seperti susu, keju, ikan, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

10. Mengurangi Berat Badan

Jika kamu sedang berusaha mengurangi berat badan, kamu bisa menambah telur puyuh ke dalam menu harianmu. Telur puyuh tergolong rendah kalori, tetapi mengandung protein dan lemak yang bisa membuat perut kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi keinginanmu untuk ngemil makanan tidak sehat.

11. Meningkatkan Kesehatan Otak

Telur puyuh memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan otak, yaitu asam folat, kolin, dan lemak sehat. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan di dalam telur ini juga mampu melindungi sel otak dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Dengan asupan nutrisi tersebut, fungsi otak akan selalu terjaga sehingga kamu bisa lebih fokus dan konsentrasimu tetap terjaga.

12. Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian membuktikan bahwa lemak tak jenuh ganda, antioksidan, dan kalium yang terdapat di dalam telur puyuh dapat mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol agar tetap normal. Tentu saja kedua hal ini baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Jika kamu tertarik untuk mengonsumsi telur ini, pastikan sudah memasaknya sampai matang, selain itu, hindari mengonsumsi telur puyuh jika kamu memiliki alergi telur. Itulah beberapa informasi tentang manfaat telur puyuh, semoga berguna ya, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Hao, M., Yang, S., Han, S., & Che, H. (2023). The amino acids differences in epitopes may promote the different allergenicity of ovomucoid derived from hen eggs and quail eggs. Food Science and Human Wellness12(3), 861-870.
  2. Samosir, O. B., Radjiman, D. S., & Aninditya, F. (2023). Food consumption diversity and nutritional status among children aged 6–23 months in Indonesia: The analysis of the results of the 2018 Basic Health Research. Plos one18(3), e0281426.
  3. Mukae, T., Yoshii, K., Watanobe, T., Tagami, T., & Oishi, I. (2021). Production and characterization of eggs from hens with ovomucoid gene mutation. Poultry Science100(2), 452-460.
  4. Sari, I. P., Martanti, L. E., & Sumarni, S. (2020). Pengaruh Konsumsi Telur Puyuh Terhadap Kadar Hemoglobin Dan Kolesterol Pada Remaja Umur 13-15 Tahun. Jurnal Vokasi Kesehatan6(1), 35-41.
  5. Halim, K., Sartika, R. A. D., Sudiarti, T., Putri, P. N., & Rahmawati, N. D. (2020). Associations of dietary diversity and other factors with prevalence of stunting among children aged 6-35 months. Indonesian Journal of Public Health Nutrition1(1).
  6. Chen, G., Cai, Y., Su, Y., Gao, B., Wu, H., & Cheng, J. (2019). Effects of Spirulina algae as a feed supplement on nutritional value and flavour components of silkie hens eggs. Journal of animal physiology and animal nutrition103(5), 1408-1417.
  7. Emtyazjoo, M., & Chamani, M. (2022). Functional Quails Eggs using Enriched Spirulina during the Biosorption Process. Food Science of Animal Resources42(1), 34.
  8. Magistri, P. M., YaswiR, R., & Alioes, Y. (2016). Pengaruh pemberian berbagai olahan telur terhadap kadar kolesterol total darah mencit. Jurnal Kesehatan Andalas5(3).
  9. Aviati, V., Mardiati, S. M., & Saraswati, T. R. (2014). Kadar kolesterol telur puyuh setelah pemberian tepung kunyit dalam pakan. ANATOMI FISIOLOGI22(1), 58-64.