Manfaat Teh Daun Jati Cina
Lifestyle

11 Manfaat Teh Daun Jati Cina untuk Kesehatan

Teh daun jati cina, minuman herbal yang diracik dari daun Senna alexandrina, telah lama dikenal sebagai ramuan tradisional dengan segudang manfaat. Rasanya yang pahit tak menghalangi popularitasnya, karena di balik rasa tersebut terkandung khasiat yang menjanjikan kesehatan bagi tubuh. Karotenoid, beta karoten, flavonoid, asam folat, asam askorbat, dan tokoferol adalah beberapa senyawa alami bersifat antioksidan yang terdapat pada teh daun jati cina.

Selain itu, teh daun cina juga mengandung senyawa-senyawa alami lainnya, seperti sennosida, fenolik, terpenoid, serta asam lemak. Tidak sampai di situ, teh ini juga memiliki berbagai kandungan mineral, vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C.

Manfaat Teh Daun Jati Cina untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat teh daun jati cina yang perlu Anda ketahui:

1. Mempercepat Penyembuhan COVID-19

Penelitian ilmiah yang dipublikasikan oleh Journal of Herbal Medicine dan Phytotherapy Research mengungkapkan bahwa teh daun jati cina kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks yang bisa mempercepat penyembuhan COVID-19. Kedua vitamin tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna melawan infeksi virus.

Selain vitamin B dan vitamin C, teh daun jati cina juga mengandung vitamin E dan vitamin A. Vitamin-vitamin tersebut mendukung manfaat teh daun jati cina dalam mempercepat penyembuhan COVID-19 dan infeksi virus lainnya, misalnya flu.

2. Melancarkan Pencernaan dan Mengatasi Sembelit

Manfaat teh daun jati cina terletak pada kemampuannya melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Beberapa studi menunjukan bahwa kandungan senosida, senyawa antrakinon, dalam daunnya bertindak sebagai pencahar alami yang membantu pergerakan usus dan mendorong feses keluar dengan mudah.

3. Membantu Program Penurunan Berat Badan

Teh daun jati cina sering dikaitkan dengan program penurunan berat badan. Penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa senyawa sennosida bekerja dengan cara mengiritasi dinding usus untuk meningkatkan penyerapan air dan mengeluarkannya bersama feses. Dengan demikian, berat badan turun dalam sekejap. Namun, mengonsumsi teh daun jati cina bukanlah jalan ninja untuk menurunkan berat badan. Kita juga perlu menjalani pola hidup serta pola makan sehat untuk mendapatkan berat badan ideal dengan aman.

4. Mempersiapkan Usus untuk Prosedur Kolonoskopi

Sebelum menjalani prosedur kolonoskopi, usus perlu dibersihkan dari sisa makanan dan kotoran. Teh daun jati cina, dengan efek pencaharnya, dapat membantu membersihkan usus dan melancarkan proses kolonoskopi.

5. Mengatasi Gejala Ambeien

Manfaat teh daun jati cina juga bisa untuk mengatasi ambeien. Kondisi ini bisa menjadi makin parah bila disertai dengan konstipasi. Teh daun jati cina mengandung sennosida yang dapat melancarkan pencernaan, sehingga kita tidak perlu lagi mengejan saat buang air besar. Kondisi ini akan membantu mencegah benjolan ambeien membesar atau makin parah.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Studi membuktikan bahwa teh daun jati cina kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan ini berperan penting dalam melawan infeksi dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat teh daun jati cina tak hanya terbatas pada kesehatan internal. Kandungan antioksidannya membantu melawan radikal bebas, sehingga dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh daun jati cina memiliki efek relaksasi yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Kandungan magnesium di dalamnya membantu tubuh rileks dan mempermudah proses tidur.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh daun jati cina dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Senyawa di dalamnya membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol kadar gula darah.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Teh daun jati cina dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

11. Membantu Mengatasi Detoksifikasi Tubuh

Teh daun jati cina membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari tubuh melalui proses detoksifikasi. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi organ tubuh.

Cara Mengonsumsi Teh Daun Jati Cina

Melangsir dari situs alodokter, berikut cara konsumsi teh daun jati cina:

  • Seduh 1-2 sendok teh daun jati cina dengan air panas selama 10-15 menit.
  • Saring dan minum teh selagi hangat.
  • Anda dapat menambahkan madu atau lemon untuk meningkatkan rasa.

Dosis dan Peringatan

Menyadur dari situs healthline, berikut ini dosis dan peringan konsumsi teh daun jati:

  • Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi teh daun jati cina, terutama jika sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi medis tertentu.
  • Jangan mengonsumsi teh daun jati cina lebih dari 7 hari berturut-turut.
  • Hentikan penggunaan teh daun jati cina jika Anda mengalami efek samping seperti Kram perut, Mual dan diare, Ketergantungan, Gangguan elektrolit, dan Kerusakan hati (jika dikonsumsi dalam jangka panjang).

Tips Memilih dan Menyimpan Teh Daun Jati Cina

  • Pilihlah teh daun jati cina yang berkualitas tinggi dari toko terpercaya.
  • Simpan teh daun jati cina di tempat yang kering dan sejuk.
  • Gunakan teh daun jati cina sebelum tanggal kadaluarsa.

Demikianlah ulasan tentang Manfaat Teh Daun Jati Cina untuk Kesehatan, semoga informasi ini dapat berguna ya, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Ikram, A., Khalid, W., Saeed, F., Arshad, M. S., Afzaal, M., & Arshad, M. U. (2023). Senna: as immunity boosting herb against COVID-19 and several other diseases. Journal of Herbal Medicine37, 100626.
  2. Khan, M. A., & Malik, A. M. (2022). A Critical Review on Health Promoting Benefits of Sana Makki (Senna Alexendrina). Journal of Population Therapeutics and Clinical Pharmacology29(04), 317-330.
  3. Alshehri, M. M., Quispe, C., Herrera-Bravo, J., Sharifi-Rad, J., Tutuncu, S., Aydar, E. F., … & Cho, W. C. (2022). A review of recent studies on the antioxidant and anti-infectious properties of Senna plants. Oxidative Medicine and Cellular Longevity2022.
  4. Adam, G. O., & Shuaib, Y. A. (2022). Antioxidant and Anti-Tyrosinase Potentials of Extracts of Nigella sativa and Senna alexandrina from Sudan. Journal of Applied Veterinary Sciences7(2), 41-45.
  5. Butnariu, M., Kumar, M., Calina, D., & Cho, W. C. (2022). A Review of Recent Studies on the Antioxidant and Anti-Infectious Properties of Senna Plants.
  6. Boozari, M., & Hosseinzadeh, H. (2021). Natural products for COVID‐19 prevention and treatment regarding to previous coronavirus infections and novel studies. Phytotherapy Research35(2), 864-876.