Manfaat Natto
Lifestyle

15 Manfaat Natto untuk Kesehatan

Manfaat Natto – Natto, makanan khas Jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai, mungkin belum begitu populer di luar negeri, tetapi memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Natto merupakan produk fermentasi yang dibuat dengan merendam kacang kedelai dalam air, lalu membiarkannya difermentasi oleh bakteri Bacillus subtilis selama beberapa hari. Hasil akhirnya adalah makanan yang berwarna cokelat, beraroma kuat, dan memiliki tekstur lengket yang unik.

Natto adalah salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi di Jepang, sering disajikan bersama nasi dan ditambahkan kecap asin serta irisan bawang lokio untuk memberikan cita rasa ekstra. Namun, yang lebih penting, natto kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Baca juga: 20 Manfaat Sorgum bagi Kesehatan

Bahan Pembuat Natto

Natto adalah makanan yang terbuat dari kedelai yang telah mengalami proses fermentasi. Untuk membuat natto, Anda hanya memerlukan beberapa bahan utama, yaitu: Kedelai, Bakteri Natto (Bacillus subtilis var. natto) dan Air.

Proses pembuatan natto melibatkan merendam, memasak, dan fermentasi kedelai dengan bakteri natto. Setelah proses fermentasi selesai, natto akan memiliki rasa, aroma, dan tekstur yang khas. Anda juga dapat menambahkan bahan tambahan seperti saus kedelai atau bawang jika Anda ingin menciptakan variasi rasa yang berbeda.

Penting untuk mengikuti petunjuk yang benar dan menjaga kebersihan selama proses pembuatan natto agar mendapatkan hasil yang baik dan aman untuk dikonsumsi.

Baca juga: 20 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Natto

Berikut adalah perkiraan kandungan nutrisi per 100 gram natto:

  • Energi: 212 kalori
  • Protein: 18 gram
  • Lemak: 11 gram
  • Karbohidrat: 15 gram
  • Serat Diet: 5 gram
  • Kalsium: 217 miligram
  • Vitamin K2 (Menaquinone-7): 1000 mikrogram atau lebih per 100 gram
  • Zat Besi: 8 miligram
  • Magnesium: 85 miligram
  • Kalium: 450 miligram
  • Vitamin C: 5 miligram
  • Folat: 30 mikrogram
  • Selenium: 10 mikrogram
  • Vitamin B6: 0,2 miligram
  • Asam Amino Esensial: Lisin, treonin, valin, dan isoleusin.
  • Probiotik

Meskipun natto adalah makanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin K2 dan protein, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak sebagai bagian dari makanan sehat dan seimbang Anda.

Baca juga: 6 Efek Makan Buah Kecubung dan Cara Menghilangkannya

Manfaat Natto untuk Kesehatan

Manfaat Natto

Berikut ini ragam dari manfaat Natto untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Natto memiliki potensi luar biasa dalam meningkatkan kesehatan saluran pencernaan Anda. Ini semua berkat kandungan probiotik yang melimpah di dalamnya. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang bermanfaat bagi sistem pencernaan Anda. Dengan mengonsumsi natto secara teratur, Anda membantu menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat yang berdiam di saluran pencernaan Anda.

Pentingnya keseimbangan ini tidak boleh diabaikan. Ketika bakteri jahat mendominasi, Anda berisiko mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan penyakit Crohn yang serius. Probiotik dalam natto bekerja dengan menjaga populasi bakteri baik agar tetap kuat dan melawan perkembangan bakteri jahat. Ini berarti pencernaan Anda berfungsi lebih baik secara keseluruhan. Selain itu, probiotik juga memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda yang akan kita bahas selanjutnya.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain menyehatkan saluran pencernaan, probiotik dalam natto juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan alami tubuh Anda terhadap infeksi dan penyakit.

Probiotik membantu melancarkan metabolisme tubuh Anda, sehingga penyerapan nutrisi dapat berjalan lebih maksimal. Dengan terpenuhinya nutrisi dalam tubuh Anda, daya tahan tubuh Anda akan meningkat, membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit. Kandungan vitamin C, vitamin B6, dan zat besi dalam natto juga merupakan nutrisi penting untuk melindungi tubuh dari beragam penyakit akibat radikal bebas.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang adalah faktor penting dalam menjalani kehidupan yang aktif dan sehat, terutama saat kita menua. Natto mengandung dua komponen penting yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang: kalsium dan vitamin K2.

Kalsium adalah mineral yang penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Tanpa cukup kalsium, tulang Anda dapat menjadi rapuh dan mudah patah. Natto mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan harian Anda.

Namun, apa yang membuat natto lebih unik adalah kandungan vitamin K2 yang tinggi. Vitamin K2 memiliki peran penting dalam kesehatan tulang karena membantu mengarahkan kalsium ke dalam tulang Anda. Ini membantu mencegah penumpukan kalsium yang berlebihan di arteri Anda, yang dapat mengarah ke aterosklerosis, kondisi di mana arteri Anda mengeras dan menjadi kurang elastis.

Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin K2 dapat memperlambat pengeroposan tulang dan mengurangi risiko patah tulang akibat pertambahan usia. Jadi, natto adalah teman baik bagi kesehatan tulang Anda, terutama ketika Anda memasuki usia lanjut.

4. Memelihara Kesehatan dan Fungsi Otak

Mengonsumsi natto juga dapat berdampak positif pada kesehatan dan fungsi otak Anda. Manfaat ini berasal dari kandungan probiotik di dalamnya. Probiotik dalam natto memiliki kemampuan untuk memengaruhi kesehatan mental Anda secara positif.

Probiotik telah dikaitkan dengan pengurangan stres, kecemasan, depresi, dan bahkan gangguan obsesif kompulsif (OCD). Mereka dapat mengatur produksi hormon stres dalam tubuh Anda, membantu Anda merasa lebih tenang dan bahagia.

Selain itu, natto juga dapat meningkatkan daya ingat Anda. Meskipun manfaat ini sangat menarik, perlu dicatat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami secara mendalam bagaimana natto memengaruhi kesehatan otak.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ vital dalam tubuh kita, dan menjaga kesehatannya sangat penting. Natto dapat membantu dalam hal ini. Makanan ini mengandung sejumlah komponen yang bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda.

Pertama-tama, natto mengandung serat, yang telah lama dikenal sebagai nutrisi yang mendukung kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam saluran pencernaan Anda. Dengan mengurangi kadar LDL dalam darah Anda, Anda mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan aterosklerosis.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa enzim nattokinase, yang dihasilkan selama proses fermentasi natto, dapat membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah Anda tetap dalam kisaran normal. Ini adalah berita baik bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Dengan menjaga tekanan darah Anda dalam kendali, Anda mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Natto juga mengandung jenis lemak yang baik bagi jantung Anda. Lemak sehat, seperti asam lemak omega-3, dapat membantu mengurangi peradangan dalam arteri Anda dan mendukung kesehatan jantung yang baik. Oleh karena itu, natto adalah makanan yang sangat baik untuk menjaga jantung Anda tetap kuat dan sehat.

6. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan natto ke dalam menu makan Anda. Natto adalah sumber probiotik yang dapat membantu Anda dalam perjalanan penurunan berat badan Anda.

Salah satu cara probiotik membantu Anda menurunkan berat badan adalah dengan membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Mereka berkontribusi pada peningkatan metabolisme tubuh Anda, yang berarti tubuh Anda akan membakar energi lebih efisien. Ini berarti Anda akan membakar lebih banyak kalori bahkan ketika Anda sedang istirahat.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam natto juga merupakan faktor yang membantu dalam penurunan berat badan. Serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan Anda untuk ngemil atau makan berlebihan. Dengan merasa kenyang lebih lama, Anda mungkin akan mengonsumsi kalori lebih sedikit secara keseluruhan.

Namun, penting untuk diingat bahwa menurunkan berat badan yang sehat melibatkan berbagai faktor, termasuk diet seimbang dan aktivitas fisik. Natto dapat menjadi tambahan yang bergizi dalam upaya Anda untuk mencapai berat badan yang sehat.

7. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Natto mengandung senyawa alam yang dapat membantu mencegah pertumbuhan beberapa jenis sel kanker. Senyawa-senyawa ini termasuk isoflavon dan vitamin K2.

Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah oleh senyawa ini meliputi kanker hati, kanker usus, kanker prostat, dan kanker payudara. Mereka memiliki potensi anti-kanker yang kuat dan dapat membantu melindungi tubuh Anda dari perkembangan sel kanker yang tidak diinginkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa pencegahan kanker melibatkan berbagai faktor, termasuk pola makan yang sehat, aktivitas fisik, dan penghindaran faktor risiko tertentu. Mengonsumsi natto sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap perkembangan kanker.

8. Mencegah Penyakit Arteri Perifer

Penyakit arteri perifer adalah kondisi di mana pembuluh darah di luar jantung, terutama yang menuju ke kaki dan tangan, mengalami penyempitan atau sumbatan. Hal ini dapat mengakibatkan masalah sirkulasi darah yang serius. Nattokinase, enzim yang dihasilkan oleh natto, dapat membantu mencegah atau mengobati penyakit arteri perifer.

Enzim nattokinase ini memiliki kemampuan untuk melarutkan gumpalan darah atau bekuan darah yang mungkin terbentuk di pembuluh darah Anda. Ini membantu memperbaiki aliran darah yang terganggu dan menghindari komplikasi serius dari penyakit arteri perifer.

9. Membantu Penyakit Angina

Angina adalah kondisi yang terjadi ketika otot jantung Anda tidak mendapatkan cukup oksigen karena pembuluh darah yang terlalu sempit. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dada dan bahkan serangan jantung jika tidak ditangani dengan baik.

Nattokinase dapat menjadi teman baik bagi mereka yang menderita angina. Enzim ini membantu melarutkan gumpalan darah yang mungkin menyumbat arteri yang menuju ke jantung Anda. Dengan menghilangkan hambatan ini, nattokinase membantu meningkatkan aliran oksigen ke otot jantung Anda, membantu Anda mengatasi angina dengan lebih baik.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ yang paling penting dalam tubuh kita. Kesehatan mata yang baik sangat penting untuk menjaga kualitas hidup kita. Natto dapat berkontribusi pada kesehatan mata Anda, terutama berkat kandungan vitamin K2 yang tinggi.

Vitamin K2 telah dikaitkan dengan kesehatan mata yang baik, terutama dalam mencegah kerusakan pada retina. Retina adalah lapisan jaringan yang sangat penting dalam mata Anda, bertanggung jawab atas penglihatan Anda. Kerusakan pada retina dapat mengganggu penglihatan Anda secara serius.

11. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kulit adalah cermin kesehatan tubuh kita. Kulit yang sehat mencerminkan tubuh yang sehat. Salah satu komponen kunci untuk kulit yang sehat adalah kolagen, protein yang memberikan elastisitas dan kelembaban pada kulit Anda.

Natto mengandung vitamin C, yang memiliki peran penting dalam pembentukan kolagen. Dengan mengonsumsi natto secara teratur, Anda memberikan kulit Anda nutrisi yang dibutuhkannya untuk tetap sehat dan bercahaya. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit lainnya.

12. Mencegah Penyakit Diabetes

Natto mengandung serat yang bermanfaat dalam mengatur gula darah. Ini adalah berita baik bagi mereka yang memiliki risiko diabetes atau ingin mencegahnya. Serat membantu menjaga tingkat gula darah Anda tetap stabil dengan menghambat penyerapan gula ke dalam darah.

Dengan mengonsumsi natto secara teratur, Anda membantu mengontrol kadar gula darah Anda. Ini adalah langkah yang penting untuk mencegah diabetes tipe 2, yang sering kali terkait dengan resistensi insulin dan fluktuasi gula darah yang tidak terkontrol.

13. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit di mana tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Kondisi ini dapat berdampak serius pada kualitas hidup seseorang, terutama pada orang yang lebih tua. Kalsium dan vitamin K2 dalam natto dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis.

Kalsium adalah komponen utama dari tulang, dan kekurangan kalsium dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang. Natto memberikan suplai kalsium yang baik untuk tulang Anda. Namun, peran vitamin K2 adalah yang benar-benar membuat natto unik dalam menjaga kesehatan tulang.

Vitamin K2 membantu memandu kalsium ke dalam tulang Anda, sehingga mencegah penumpukan kalsium di arteri dan jaringan lunak lainnya. Ini berarti tulang Anda tetap kuat dan sehat, dan Anda mengurangi risiko patah tulang yang terkait dengan pengeroposan tulang.

14. Mendukung Proses Penuaan yang Sehat

Proses penuaan adalah bagian alami dari kehidupan, tetapi Anda dapat melakukannya dengan sehat. Natto, dengan kandungan antioksidan dan nutrisi pentingnya, dapat membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat dan kuat seiring bertambahnya usia.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh Anda dan berkontribusi pada penuaan dan perkembangan penyakit. Dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti natto, Anda memberikan perlindungan tambahan terhadap kerusakan sel dan jaringan.

Selain antioksidan, natto juga mengandung berbagai nutrisi penting yang mendukung kesehatan secara keseluruhan. Ini termasuk vitamin, mineral, dan protein yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang optimal.

15. Menyehatkan Gigi dan Gusi

Berikut ini manfaat Natto yang terakhir terkait kesehatan gigi dan gusi. Masalah gigi dan gusi dapat menyebabkan rasa sakit, infeksi, dan bahkan masalah kesehatan serius lainnya. Vitamin K2 dalam natto dapat berperan dalam menjaga kesehatan mulut Anda.

Vitamin K2 membantu dalam penyerapan kalsium, yang sangat penting untuk kesehatan gigi dan gusi yang baik. Dengan membantu mengarahkan kalsium ke area-area yang membutuhkannya, seperti gigi dan tulang rahang, vitamin K2 membantu menjaga gigi Anda kuat.

Selain itu, vitamin K2 juga dapat membantu mencegah masalah gusi seperti radang gusi. Ini membantu menjaga mulut Anda tetap sehat dan segar.

Baca juga: Permintaan Efektif: Apa itu, Faktor, dan Contohnya

Demikianlah ulasan tentang manfaat Natto untuk kesehatan, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Referensi

  1. Lee YJ, Kim JY, Lee JY, Kim YJ, Cho KH, Choi MS, Jung UJ. 2019. Fermented soybean products and their bioactive compounds: a review. Functional Foods in Health and Disease, 9(2), 75-86.
  2. Rattanawiwatpong P, Wanitphakdeedecha R, Bumrungpert A, Maiprasert M. 2019. Anti‐inflammatory and skin barrier repair effects of topical application of some plant oils. International Journal of Molecular Sciences, 20(19), 4868.
  3. Lee, S. J., Shim, Y. S., Kim, J. S., Ahn, J. H., & Kim, J. H. (2016). Effects of nattokinase on blood pressure: a randomized, controlled trial. Journal of Nutrition and Health, 49(1), 6-13.
  4. Fujita, M., Hong, K., & Ito, Y. (2015). Misclassification of natto intake as a risk factor for the incidence of hyperfibrinolysis. PLoS One, 10(6), e0128161.
  5. Wang, Z., Li, X., Yang, Z., Lou, H., Yuan, Y., & Dong, B. (2013). The effect of nattokinase on blood pressure: a systematic review and meta-analysis of randomized controlled trials. Food & Function, 4(3), 373-380.