Gerakan mengecilkan perut sebelum tidur
Lifestyle

8 Gerakan Mengecilkan Perut sebelum Tidur

Gerakan mengecilkan perut sebelum tidur – Salah satu tujuan yang umumnya diinginkan oleh banyak orang adalah memiliki perut yang lebih rata dan kencang. Mengecilkan perut bukan hanya sekadar masalah penampilan fisik, tetapi juga berhubungan dengan kesehatan secara keseluruhan. Salah satu momen penting untuk menjalankan upaya mengecilkan perut adalah sebelum tidur. Mengapa demikian? Tidur memiliki dampak yang signifikan terhadap metabolisme dan pemulihan tubuh, sehingga menjadikannya waktu yang baik untuk melibatkan diri dalam gerakan yang dapat membantu mengencangkan dan membentuk otot-otot perut.

Faktor-faktor seperti pola makan, tingkat aktivitas fisik, dan gaya hidup umumnya berkontribusi pada akumulasi lemak di sekitar perut. Lemak perut, yang juga dikenal sebagai lemak visceral, dapat berhubungan dengan risiko berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan masalah metabolisme lainnya. Oleh karena itu, menggabungkan gerakan-gerakan khusus sebelum tidur dapat menjadi langkah positif dalam meraih tujuan mengecilkan perut serta meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Gerakan Mengecilkan Perut Sebelum Tidur

Inilah beberapa jenis gerakan olahraga sebelum tidur yang dapat Anda coba untuk mengecilkan perut buncit sebelum tidur. Simak dengan baik!

1. Plank

Plank Mulai dengan posisi telungkup, letakkan lengan bawah dan ujung jari kaki di lantai. Siku berada tepat di bawah bahu, dan lengan bawah menghadap ke depan. Angkat tubuh dengan menggunakan otot perut, tarik pusar ke tulang belakang, dan jaga agar tubuh dari telinga hingga jari kaki membentuk garis lurus. Pastikan bahu tidak terangkat dekat dengan telinga. Tahan posisi ini selama 10 detik sebelum kembali ke posisi awal. Ulangi beberapa kali.

2. Sit Up

Sit Up merupkan gerakan yang direkomendasikan untuk mengecilkan perut. Seperti biasa, berbaringlah dengan kaki ditekuk dan kaki terbuka. Letakkan tangan di belakang kepala. Kencangkan otot perut saat Anda bangun sehingga tubuh setengah duduk. Lakukan gerakan ini sekitar 20-25 kali dalam waktu 60 menit. Pastikan untuk tidak terburu-buru saat melakukan sit up agar punggung dan perut tidak merasa sakit.

3. Stationary Lunge

Stationary Lunge Berdiri tegak dengan lengan di samping tubuh sejajar dengan bahu. Kaki satu di antaranya melangkah ke depan dengan lutut ditekuk membentuk sudut 90 derajat. Tahan posisi ini selama lima detik, kemudian berdiri kembali dan kembalikan kedua kaki ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sekitar 15 kali untuk setiap kaki.

4. Squat Tubuh Tanpa Beban

Squat Tubuh Tanpa Beban Salah satu gerakan senam sebelum tidur yang efektif untuk meratakan perut adalah squat tubuh tanpa beban. Langkah pertama adalah berdiri tegak. Kemudian, letakkan kaki dengan lebar sejajar bahu. Pastikan jarak kakimu tidak terlalu lebar atau terlalu rapat. Setelah itu, regangkan bahu dan letakkan lengan di depan tubuh. Tarik napas dalam-dalam dan turunkan tubuh setengah jongkok. Pastikan punggung tetap lurus dan paha sejajar dengan lantai. Kemudian, kembalikan tubuh ke posisi awal sambil mengeluarkan napas. Anda dapat mengulangi gerakan ini sekitar 10-15 kali. Waktu yang diperlukan untuk gerakan ini adalah sekitar 60 menit.

5. Lunge Jump

Lunge Jump Memulai gerakan ini dengan berdiri dalam keadaan santai. Langkahkan salah satu kaki ke depan hingga lutut membentuk sudut, sementara kaki lainnya turun mendekati lantai. Kemudian, lakukan lompatan dengan mengganti posisi kaki tumpuan saat mendarat. Lanjutkan gerakan ini dengan lompatan-lompatan bergantian kaki selama 60 detik.

Baca juga: Makanan untuk Kesehatan Otak dan Saraf

6. Latihan Kegel Sederhana

Latihan Kegel Sederhana Gerakan selanjutnya adalah latihan kegel sederhana. Bagi perempuan, Anda bisa berbaring sebagai posisi awal. Lipat kaki, tapi jangan rapatkan. Kemudian, kencangkan otot panggul bawah selama sekitar 3 detik. Pastikan Anda tidak sengaja mengencangkan otot perut, paha, atau pantat. Jangan menahan napas. Setelah itu, lepaskan ketegangan otot panggul bawah selama 3 detik. Anda bisa mengulangi gerakan ini sekitar 10-15 kali dalam waktu 60 menit. Pria juga bisa melakukan latihan kegel sederhana dengan berbaring. Kencangkan otot dasar panggul dan tahan selama 3 detik.

7. Jump Squat

Jump Squat Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Turunkan tubuh seperti dalam posisi setengah jongkok seperti duduk di kursi. Tahan posisi ini, dan pastikan postur tubuh tegak dengan menarik dada ke depan dan bahu ke belakang. Lompat setinggi mungkin dengan gerakan ayunan lengan setelahnya. Setelah mendarat, ulangi gerakan posisi setengah jongkok ini selama 60 detik.

8. Peregangan

Setelah melakukan gerakan-gerakan sebelumnya, penting untuk melakukan peregangan. Fokus pada setiap gerakan peregangan ini dengan mengambil napas dalam selama 20-30 detik. Anda dapat memulai dengan merentangkan kedua kaki ke depan, mencapai telapak kaki, dan mendekatkan perut ke paha sambil menjaga punggung lurus. Lalu, berbaring dan silangkan pergelangan kaki kanan di atas lutut atau paha kiri, pegang paha kiri, dan tarik ke arah dada. Ulangi gerakan ini dengan kaki yang lain. Akhiri dengan child pose, dengan cara duduk di atas telapak kaki dan menekan pinggul ke tumit.

Baca juga: Cara Menghilangkan Lemak Perut Dalam 1 Minggu

Kesimpulan

Mengecilkan perut buncit merupakan tujuan yang banyak diinginkan untuk kesehatan dan penampilan fisik. Gerakan senam sebelum tidur dapat menjadi bagian penting dari upaya ini. Gerakan seperti lunge jump, jump squat, body-weight squat, stationary lunge, plank, dan peregangan memberikan variasi latihan yang melibatkan otot perut dan tubuh secara keseluruhan. Konsistensi dalam melakukan gerakan-gerakan ini sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut, mengencangkan tubuh, dan meraih tujuan mengecilkan perut. Namun, penting untuk mengimbangi latihan dengan pola makan seimbang dan gaya hidup aktif agar hasil yang diinginkan dapat dicapai secara efektif.