Manfaat Buah Bidara dalam Isalam
Lifestyle

11 Manfaat Buah Bidara dalam Islam

Manfaat Buah Bidara dalam Islam – Sejak zaman dahulu, buah-buahan telah menjadi bagian integral dari budaya manusia. Mereka tidak hanya memuaskan rasa lapar, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya. Salah satu buah yang sering disebut dalam Islam adalah buah bidara. Selain sebagai makanan yang lezat, buah ini juga memiliki nilai-nilai kesehatan yang luar biasa, yang ditemukan oleh umat Muslim dan dikembangkan melalui tradisi ilmiah dan penelitian modern.

Dalam Al Quran surat Al Waqiah ayat 27-31 Allah SWT berfirman mengenai buah yang terdapat di dalam surga, salah satunya adalah manfaat buah Bidara

وَاَصْحٰبُ الْيَمِينِ ەۙ مَآ اَصْحٰبُ الْيَمِيْنِۗ فِيْ سِدْرٍ مَّخْضُوْدٍۙ وَّطَلْحٍ مَّنْضُوْدٍۙ وَّظِلٍّ مَّمْدُوْدٍۙ وَّمَاۤءٍ مَّسْكُوْبٍۙ

wa aṣ-ḥābul-yamīni mā aṣ-ḥābul-yamīn fī sidrim makhḍụd wa ṭal-ḥim manḍụd wa ẓillim mamdụd wa mā`im maskụb

Artinya: Dan golongan kanan, siapakah golongan kanan itu. (Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang mengalir terus-menerus,

Kandungan Nutrisi Buah Bidara

Satu hal yang perlu ditekankan adalah bahwa buah bidara adalah salah satu anugerah alam yang sangat diberkahi oleh Allah SWT dengan nutrisi yang melimpah. Dalam 100 gram buah bidara, kita menemukan 17 gram karbohidrat, 65-75 miligram vitamin C, 27 miligram fosfor, 25,5 miligram kalsium, dan 0,8 – 1,8 miligram zat besi. Ini adalah kandungan nutrisi yang mengesankan, dan tidak mengherankan jika buah ini telah menjadi bagian penting dari diet banyak umat Muslim.

Baca juga: Cemilan Sehat untuk Diet: Enak, Bergizi, dan Sehat

Manfaat Buah Bidara dalam Islam

Kesehatan adalah salah satu aspek penting dalam Islam. Allah SWT telah memberikan tubuh sebagai amanah yang harus dijaga dengan baik oleh setiap individu. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh adalah suatu kewajiban dalam Islam. Dan buah bidara hadir sebagai salah satu rahmat kesehatan dari Allah SWT. Beriku penjelasan manfaat buah bidara dalam Islam.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur adalah bagian integral dari kehidupan manusia. Dalam Islam, tidur yang berkualitas dianggap sebagai tindakan ibadah dan penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Salah satu manfaat buah bidara yang telah diakui adalah kemampuannya untuk meningkatkan kualitas tidur. Buah dan bijinya mengandung flavonoid-saponin dan polisakarida yang dapat membantu dalam menciptakan tidur yang lebih nyenyak. Saponin dalam buah ini memiliki efek menenangkan pada sistem saraf, sehingga membantu tidur menjadi lebih berkualitas.

Membantu Menangani Diabetes

Penelitian tahun 2013 menunjukkan bahwa buah bidara memiliki efek anti-diabetes. Ini adalah kabar baik bagi penderita diabetes, karena buah ini dapat membantu tubuh memanfaatkan gula darah dengan lebih efisien, serta melindungi tubuh dari peningkatan kadar gula darah yang berpotensi membahayakan. Dalam Islam, menjaga kesehatan tubuh dan mengelola penyakit seperti diabetes adalah bagian dari tanggung jawab individu terhadap amanah yang diberikan oleh Allah SWT.

Baca juga: Makanan untuk Diet: Daftar Makanan, Manfaat, dan Tips

Mengatasi Kecemasan

Gangguan kecemasan atau anxiety adalah masalah kesehatan mental yang serius yang dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Dalam Islam, menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Buah bidara telah ditemukan dapat membantu mengatasi kecemasan. Penelitian tahun 2000 menunjukkan bahwa senyawa-senyawa yang diekstrak dari buah bidara memiliki efek penenang pada tubuh. Dalam pandangan Islam, menjaga kesehatan mental adalah bagian integral dari ibadah.

Melawan Kanker

Salah satu ancaman kesehatan yang serius adalah kanker. Dalam Islam, menjaga kesehatan tubuh untuk melawan penyakit adalah suatu tindakan yang dianjurkan. Buah bidara memiliki senyawa bioaktif seperti asam triterpenic dan polisakarida. Penelitian tahun 2015 menunjukkan bahwa senyawa-senyawa ini memiliki efek anti-kanker pada beberapa jenis sel kanker. Meskipun buah bidara tidak dapat digunakan sebagai pengganti pengobatan medis untuk kanker, konsumsinya sebagai bagian dari pola makan sehat dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit ini.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh yang kuat adalah salah satu aset berharga dalam menjaga kesehatan. Dalam Islam, menjaga tubuh agar tetap kuat dan sehat adalah tindakan yang sangat dianjurkan. Buah bidara dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung kaya vitamin C. Mengonsumsi tiga buah bidara saja dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C, yang dianjurkan sebesar 90 miligram untuk pria dan 75 miligram untuk wanita. Dengan demikian, buah bidara membantu menjaga tubuh tetap tahan terhadap penyakit.

Baca juga: Resep Jus Detoks dengan Kesegaran Alami

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan adalah bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan. Dalam Islam, menjaga kesehatan pencernaan ditekankan sebagai tindakan pencegahan terhadap berbagai masalah kesehatan. Buah bidara mengandung serat yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Sekitar 50 persen dari karbohidrat dalam buah bidara berasal dari serat. Selain itu, ekstrak buah bidara dapat membantu memperkuat lapisan perut dan usus, yang membantu melindungi dari kerusakan akibat bisul, luka, dan bakteri berbahaya yang mungkin berada di usus.

Menyehatkan Kulit

Kulit adalah salah satu aspek penting dari penampilan dan kesehatan manusia. Dalam Islam, menjaga kebersihan dan kesehatan kulit adalah bagian penting dari ibadah. Buah bidara memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit. Vitamin C membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah jerawat. Antioksidan dalam buah bidara melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel pada kulit. Mengonsumsi buah ini juga dapat membantu mencegah tanda-tanda awal penuaan dan membantu mencerahkan serta membersihkan kulit yang kusam.

Mempertahankan Tekanan Darah Normal

Tekanan darah adalah parameter penting dalam kesehatan tubuh manusia. Dalam Islam, menjaga tekanan darah tetap normal adalah tindakan penting untuk mencegah berbagai masalah kesehatan. Buah bidara memiliki kandungan garam yang rendah dan kandungan potasium yang tinggi. Kombinasi ini membantu tubuh dalam menjaga tekanan darah tetap terkendali. Dengan konsumsi rutin buah bidara, seseorang dapat menjaga tekanan darahnya dalam batas normal, yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Baca juga: Manfaat dan Fakta Jus Detoks untuk Kesehatan

Memperlancar Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang baik adalah kunci untuk kesehatan tubuh yang optimal. Dalam Islam, menjaga aliran darah yang lancar dianggap penting. Buah bidara memiliki kandungan zat besi dan fosfor yang melimpah, yang membantu memperlancar sirkulasi darah. Ini tidak hanya meningkatkan aliran darah, tetapi juga memastikan bahwa sirkulasi darah berjalan lebih lancar. Dengan demikian, buah bidara membantu dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan Kekuatan Tulang

Kesehatan tulang adalah faktor penting dalam menjaga mobilitas dan kualitas hidup seseorang. Dalam Islam, menjaga kesehatan tulang dianggap sebagai tindakan yang bijaksana. Buah bidara mengandung kalsium, fosfor, dan zat besi yang baik untuk meningkatkan kekuatan tulang. Ini sangat penting bagi mereka yang mengidap osteoporosis dan kondisi penurunan fungsi tulang. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, seseorang dapat membantu mengelola kondisi tulang menjadi lebih baik, sehingga menjaga mobilitas dan kualitas hidup yang baik.

Menyehatkan Dari Segi Agama dan Kesehatan

Dalam Islam, menjaga kesehatan adalah tindakan yang dianjurkan dan diberkahi. Allah SWT memberikan manusia tubuh yang sehat sebagai amanah, dan kita diharapkan untuk menjaga amanah ini. Buah bidara, dengan semua manfaat kesehatannya yang luar biasa, adalah salah satu anugerah kesehatan dari Sang Pencipta yang harus dihargai dan dimanfaatkan.

Baca juga: 6 Cara Meninggikan Badan di Usia 15 Tahun dengan Alami

Kesimpulan

Dalam Islam, menjaga kesehatan adalah ibadah, dan dengan menjaga tubuh kita dengan baik, kita memenuhi tugas suci ini. Semoga manfaat buah bidara dalam Islam terus menjadi berkah bagi kita semua dan membantu kita menjalani kehidupan yang sehat dan bermakna sesuai dengan ajaran Islam.

Baca juga: 11 Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar

Referensi

  1. Nurhayati, R., et al. (2019). Potensi Buah Bidara (Ziziphus mauritiana Lamk) Sebagai Antioksidan pada Kerusakan DNA. Jurnal AgroBiogen, 15(1), 15-23.
  2. Sutriyono, W., et al. (2018). Karakteristik Fisikokimia dan Kadar Antioksidan Buah Bidara (Ziziphus mauritiana Lamk.) di Beberapa Daerah di Indonesia. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 6(2), 79-86.
  3. Yuliani, S., et al. (2020). Aktivitas Antioksidan Buah Bidara (Ziziphus mauritiana Lamk.) pada Berbagai Kadar Kematangan. Jurnal Teknologi Pertanian, 21(2), 90-99.
  4. Kusuma, H. S., et al. (2020). Potensi Buah Bidara (Ziziphus mauritiana Lamk.) dalam Menurunkan Tekanan Darah pada Tikus Hipertensi. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 33(4), 387-393.
  5. Pramudya, T. R., et al. (2019). Kandungan Mineral dalam Buah Bidara (Ziziphus mauritiana Lamk) dan Hubungannya dengan Kesehatan Tulang. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 16(1), 9-18.