Pantai Menganti Kebumen
Jawa

Pantai Menganti Kebumen: Keindahan, Rute, dan Harga Tiket

Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen memang merupakan salah satu surga alam yang masih terjaga keindahan dan kejernihan air lautnya di Jawa Tengah. Keunikan dan daya tariknya yang luar biasa membuatnya menjadi tujuan wisata yang populer bagi wisatawan lokal dan internasional.

Legenda Pantai Menganti

Berdasarkan cerita yang beredar dalam masyarakat, pada masa lalu, ada seorang panglima dari Kerajaan Majapahit yang memutuskan untuk melarikan diri ke pantai di pesisir selatan Jawa. Keputusannya ini diambil karena hubungannya dengan kekasihnya tidak mendapat restu dari sang raja. Keduanya berencana untuk bertemu di tepi samudera yang memiliki pantai berpasir putih yang sangat indah. Meski sepanjang hari panglima itu menunggu dengan harapan melihat kekasihnya, sayangnya, sang kekasih tidak pernah datang. Oleh karena itu, pantai ini kemudian diberi nama Pantai Menganti, yang artinya “menanti.”

Pantai Menganti memiliki mitos yang serupa dengan Pantai Parangtritis di Yogyakarta, yaitu pengunjung dilarang memakai pakaian berwarna hijau karena terkait erat dengan legenda Nyi Roro Kidul.

Rute Menuju Pantai Menganti

Perjalanan dari Kota Kebumen menuju Pantai Menganti memiliki jarak sekitar 40 km dengan estimasi waktu tempuh sekitar 60 menit. Rute yang dapat diambil adalah melalui arah selatan Kebumen, dengan urutan rute perjalanan sebagai berikut: Kebumen – Petanahan – Puring – Karangbolong – Menganti. Alternatif lainnya adalah melalui rute Kebumen – Gombong, kemudian menuju ke arah Jatijajar, yang juga memiliki waktu tempuh sekitar 60 menit.

Google Map Pantai Menganti

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk 2023

Pantai Menganti adalah destinasi wisata yang terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000, yang sudah mencakup biaya parkir. Di area parkir yang luas ini, pengunjung akan disediakan dengan mobil shuttle yang akan membawa mereka mengelilingi berbagai obyek wisata di sekitar pantai. Panti ini beroperasi 24 jam.

Baca juga: Sawarna Srikandi: Tempat Wisata Terbaik di Banten

Keindahan Pantai Menganti Kebumen

Keindahan Pantai Menganti Kebumen

Beberapa poin menarik tentang Pantai Menganti adalah sebagai berikut:

Keindahan Alam

Pantai Menganti menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pasir putihnya yang bersih, air laut yang jernih, dan pemandangan tebing karst yang memukau semuanya membuat pengalaman berlibur di sini sangat istimewa.

Bentang Alam Berbukitan

Keberadaan bukit dan tebing karst yang mengelilingi pantai menambah pesona alam Pantai Menganti. Ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menjelajahi alam dan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan.

Spot Sunrise dan Sunset

Salah satu daya tarik utama Pantai Menganti adalah kemampuannya untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam. Pemandangan ini sangat spektakuler dan sering menjadi momen yang tak terlupakan bagi pengunjung.

Fasilitas Wisata

Pantai Menganti juga menawarkan berbagai fasilitas wisata, termasuk jembatan merah yang menjadi spot favorit untuk berfoto-foto. Fasilitas ini menambah kenyamanan dan hiburan bagi pengunjung.

Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Wisata Pantai Menganti memberikan dampak ekonomi positif bagi wilayah Kabupaten Kebumen dan masyarakat sekitarnya. Pendapatan daerah meningkat melalui penjualan tiket dan aktivitas pariwisata, sementara penduduk lokal dapat mengambil manfaat dari perdagangan dan layanan transportasi yang terkait dengan pariwisata.

Festival Selancar

Pantai Menganti telah menjadi tuan rumah Festival Selancar tingkat Nasional pada tahun 2011, menunjukkan potensi sebagai destinasi olahraga air yang menarik.

Selain keindahan alamnya, Pentai Menganti juga mempromosikan pelestarian lingkungan dan keberlanjutan dalam pengelolaannya untuk memastikan keindahan alam ini tetap terjaga bagi generasi mendatang.

Baca juga: Pantai Sigandu: Pesona Alam di Jantung Jawa Tengah

Penutup

Semoga Pantai Menganti terus menjadi destinasi yang menarik dan berkontribusi pada perkembangan ekonomi dan pariwisata di wilayah tersebut.

Referensi

  1. https://www.djkn.kemenkeu.go.id
  2. https://disparbud.kebumenkab.go.id/