Cara Memutihkan Ketiak
Lifestyle

10 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami dan Efektif

Cara Memutihkan Ketiak – Ketiak merupakan bagian tubuh yang sering terlupakan, tetapi bagi sebagian orang, memiliki ketiak yang gelap dapat menurunkan rasa percaya diri. Ketiak gelap bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gesekan kulit dengan pakaian, penggunaan deodoran yang mengandung bahan kimia keras, atau keturunan. Untuk mengatasi masalah ini, banyak orang mencari cara-cara untuk memutihkan ketiak secara alami dan efektif.

Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami dan Efektif

Berikut ini beberapa cara memutihkan ketiak dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Lemon

Lemon merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk mencerahkan kulit, termasuk kulit ketiak. Kandungan asam pada lemon dapat membantu mengikis sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Caranya, gosokkan irisan lemon ke kulit ketiak secara perlahan, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

2. Mentimun

Timun mengandung banyak air dan nutrisi yang baik untuk kulit. Selain itu, timun juga memiliki efek mendinginkan dan mencerahkan kulit. Iris mentimun menjadi lembaran tipis, lalu gosok perlahan pada bagian ketiak yang gelap. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air dan keringkan. Lakukan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

3. Kunyit

Kunyit mengandung zat aktif yang disebut curcumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin yang dapat menyebabkan warna kulit gelap. Campurkan bubuk kunyit dengan susu atau air lemon untuk membuat pasta. Oleskan pasta tersebut ke area ketiak yang gelap dan biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur untuk hasil yang optimal.

4. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk memutihkan kulit ketiak yang gelap. Campurkan tea tree oil dengan air dalam botol semprot kecil, lalu semprotkan atau oleskan ke kulit ketiak setiap hari setelah mandi. Biarkan mengering dengan sendirinya. Ulangi ini setiap hari untuk hasil yang optimal.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, minyak zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu memperbaiki dan mencerahkan kulit. Oleskan minyak zaitun ke area ketiak setelah mandi dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

6. Cuka Sari Buah Apel

Cuka sari buah apel hasil fermentasi juga dipercaya untuk memutihkan kulit ketiak. Campurkan cuka sari apel dengan baking soda hingga muncul gelembung, lalu oleskan di area ketiak hingga kering. Bilas dengan air bersih dan ulangi 3 kali dalam seminggu.

7. Irisan Kentang

Kentang mengandung enzim yang disebut catecholase, yang dapat membantu mencerahkan kulit. Selain itu, kentang juga memiliki efek mendinginkan dan menenangkan pada kulit. Parut kentang terlebih dahulu, lalu peras kandungan airnya. Oleskan jus kentang ke daerah ketiak, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air biasa.

8. Campuran Susu, Air Mawar, dan Kulit Jeruk

Campurkan susu, air mawar, dan kulit jeruk bubuk secukupnya untuk membuat pasta kental. Gosok ketiak dengan lembut dengan pasta tersebut dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali per minggu.

9. Campuran Susu, Air Mawar, dan Kulit Jeruk

Campurkan susu, air mawar, dan kulit jeruk bubuk secukupnya untuk membuat pasta kental. Gosok ketiak dengan lembut dengan pasta tersebut dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali per minggu.

10. Scrub Gula dan Madu

Scrub gula dan madu adalah cara yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit ketiak. Gula berfungsi sebagai scrub alami yang lembut, sementara madu memiliki sifat antimikroba dan melembapkan.

Campurkan gula dan madu dalam jumlah yang sama untuk membuat scrub. Oleskan scrub ke area ketiak yang gelap dan pijat dengan lembut selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

Memutihkan ketiak tidak hanya sebatas menggunakan bahan alami, tetapi juga perlu perhatian pada faktor-faktor lain seperti penggunaan deodoran yang tepat, hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat, dan menjaga kebersihan kulit ketiak. Lakukan perawatan secara rutin dan konsisten untuk hasil yang terbaik. Bila ada reaksi yang tidak diinginkan, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter atau ahli kecantikan. Semoga informasi ini dapat berguna ya, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Li, C., Ma, H., Li, P., Zhang, S., Xu, J., Wang, L., … & Xia, T. (2024). Cucumber (Cucumis sativus L.) with heterologous poly-γ-glutamic acid has skin moisturizing, whitening and anti-wrinkle effects. International Journal of Biological Macromolecules, 130026.
  2. Sasmita, I. A., Suryanegara, M. A., Apriliyanti, M. W., Yusuf, D. M., & Ana, F. W. R. (2021, March). Effects of time and temperature variations on curcumin contents and antioxidant activity of tamarind-turmeric herbs. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 672, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.
  3. Mehta, M. Beauty is in the Skin (Vol. 1). Rudra Publications.
  4. Goel, A. How to lighten dark underarms.