Manfaat Buah Duku
Lifestyle

13 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Duku – Buah duku merupakan buah yang cukup populer di Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar, serta tekstur daging buah yang lembut. Tidak hanya enak, buah duku juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah duku berasal dari pohon duku (Lansium domesticum) yang termasuk dalam keluarga Meliaceae. Pohon duku dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 10-20 meter, dengan daun yang berwarna hijau mengkilap. Buah duku sendiri memiliki ciri khas berupa kulit buah yang berwarna kuning atau kecoklatan dengan tekstur kulit yang agak kasar. Dalam satu buah duku biasanya terdapat beberapa biji berwarna hitam yang terbungkus oleh daging buah yang lembut.

Buah ini mengandung berbagai zat gizi yang penting bagi tubuh, seperti air, kalori, protein, serat, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, seng, thiamin, riboflavin, dan niacin.

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

Manfaat Buah Duku

Sekarang, mari kita bahas mengenai manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Sumber Antioksidan

Buah duku mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Penelitian mengungkapkan bahwa radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh dan berkontribusi pada berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Mencegah tumor pada kulit

Hasil penelitian ilmiah tahun 2022 yang dipublikasikan oleh Journal of Pre-Clinical and Clinical Research mengungkapkan bahwa senyawa flavonoid dalam buah duku dapat mencegah perkembangbiakan tumor pada kulit.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Studi menunjukan bahwa kandungan vitamin C dalam buah duku juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dikenal sebagai nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Buah duku mengandung serat yang baik untuk kesehatan jantung. Hasik penelitian ilmiah membuktikan jika serat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, kandungan kalium dalam buah duku juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat dalam buah duku juga baik untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu memperlancar proses pencernaan dan mencegah sembelit. Dengan mengonsumsi buah duku secara teratur, kita dapat menjaga kesehatan pencernaan.

6. Mengontrol tekanan darah

Beberapa penelitian menunjukan bahwa buah duku mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta mengendurkan otot pembuluh darah.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam buah duku juga dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Antioksidan dapat membantu melawan kerusakan pada kulit akibat paparan sinar UV dan radikal bebas.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah duku memiliki kandungan kalori yang rendah namun kaya akan nutrisi. Hal ini membuat buah duku menjadi pilihan camilan yang sehat untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Buah duku mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin A dikenal sebagai nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata seperti rabun senja.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor dalam buah duku juga baik untuk kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor merupakan dua mineral penting yang diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Dengan mengonsumsi buah duku secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan tulang kita.

11. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Kulit dan biji buah duku yang dikeringkan mengandung asam lansionat yang dapat mencegah infeksi beberapa jenis jamur, termasuk Candida albicans yang merupakan penyebab infeksi saluran kemih.

12. Mempercepat Penyembuhan Luka

Penelitian ilmiah yang dipublikasikan oleh Phytomedicine mengungkapkan bahwa kandungan flavonoid dalam buah duku dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dengan mengurangi peradangan pada luka dan mencegah infeksi.

13. Antimalaria

Biji buah duku memiliki potensi sebagai obat malaria, terutama untuk mengobati malaria falciparum, jenis malaria yang paling berbahaya, hal tersebut telah diungkapkan pada beberapa penelitian

Demikianlah penjelasan tentang manfaat buah duku untuk kesehatan, semoga informasi ini dapat berguna ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Mehdizadeh, M., Mehdizadeh, Z., Jafarzadeh, E., Choudhury, A. R., Haghi, Z., Matin, A., … & Omidi, A. (2024). Skin Cancer Prevention by Nutraceuticals. In Nutraceuticals in Cancer Prevention, Management, and Treatment (pp. 191-213). Apple Academic Press.
  2. Zulkefli, N., Che Zahari, C. N. M., Sayuti, N. H., Kamarudin, A. A., Saad, N., Hamezah, H. S., … & Sarian, M. N. (2023). Flavonoids as potential wound-healing molecules: Emphasis on pathways perspective. International journal of molecular sciences24(5), 4607.
  3. Abdallah, H. M., Mohamed, G. A., & Ibrahim, S. R. (2022). Lansium domesticum—A fruit with multi-benefits: Traditional uses, phytochemicals, nutritional value, and bioactivities. Nutrients14(7), 1531.
  4. Mayanti, T., Sinaga, S. E., & Supratman, U. (2022). Phytochemistry and biological activity of Lansium domesticum Corr. species: A review. Journal of Pharmacy and Pharmacology74(11), 1568-1587.
  5. Mizgała-Izworska, E. (2022). The use of flavonoids in skin cancer prevention and treatment. Journal of Pre-Clinical and Clinical Research16(3), 108-113.
  6. Zahoor, M., Ikram, M., Nazir, N., Naz, S., Batiha, G. E. S., Kamran, A. W., … & Kabrah, A. (2021). A comprehensive review on the medicinal importance; biological and therapeutic efficacy of Lagenaria siceraria (Mol.)(bottle gourd) Standley fruit. Current Topics in Medicinal Chemistry21(20), 1788-1803.
  7. Carvalho, M. T., Araújo-Filho, H. G., Barreto, A. S., Quintans-Júnior, L. J., Quintans, J. S., & Barreto, R. S. (2021). Wound healing properties of flavonoids: A systematic review highlighting the mechanisms of action. Phytomedicine90, 153636.