Manfaat Rebusan Bawang Putih
Lifestyle

9 Manfaat Rebusan Bawang Putih bagi Kesehatan

Bawang putih, selain sebagai bahan masakan, ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu cara populer untuk mendapatkan manfaat bawang putih adalah dengan merebusnya dan meminum air rebusannya. Air rebusan bawang putih memiliki kandungan senyawa allicin yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa untuk tubuh.

Manfaat Rebusan Bawang Putih bagi Kesehatan

Manfaat Rebusan Bawang Putih

Dikutip beberapa sumber lainnya, berikut adalah manfaat air rebusan bawang putih untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Hasil penelitian ilmiah tahun 2022 yang dipublikasikan oleh Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan dan 17 tinjauan literatur lainnya merekomendasikan bahwa penggunaan air rebusan bawang putih sebagai terapi pendamping dapat menjadi alternatif yang mudah ditemukan dan efektif dalam menurunkan tekanan darah.

2. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Air rebusan bawang putih mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer dan demensia. Penelitian mengungkapkan bahwa antioksidan dalam bumbu dapur ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas yang berlebihan. Kombinasi efek untuk menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan sifat antioksidannya membantu mengurangi risiko kondisi otak umum, seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bawang putih diyakini dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah. Beberapa studi menunjukan bahwa air rebusan bawang putih juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin, yang dapat membantu mengontrol diabetes tipe 2.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antivirus, antimikroba, dan antijamur. Mengonsumsi air rebusan bawang putih secara teratur dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan menjaga kesehatan lainnya.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Menurut informasi dari situs Healthline, konsumsi bawang putih dapat membantu mengurangi risiko pengeroposan tulang dengan meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Manfaat bawang putih ini juga terbukti dari studi yang melibatkan wanita menopause yang mengonsumsi dosis harian ekstrak kering atau setara dengan dua gram bawang putih mentah.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Air rebusan bawang putih memiliki sifat antitrombotik dan antihipertensi, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, senyawa allicin dalam bawang putih dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Air rebusan bawang putih membantu meningkatkan kesehatan kulit karena mengandung antioksidan yang melawan kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat penuaan kulit. Mengonsumsi air rebusan bawang putih secara teratur dipercaya dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

8. Menyehatkan Saluran Pernapasan

Studi ilmiah yang dipublikasikan oleh Journal of Nursing and Public Health pada tahun 2023 mengungkapkan bahwa air rebusan bawang putih memiliki sifat ekspektoran dan antiseptik alami yang dapat membantu meredakan batuk, pilek, dan masalah pernapasan lainnya. Mengonsumsi air rebusan bawang putih dipercaya dapat membantu membersihkan lendir, mengurangi peradangan, dan mempercepat pemulihan saluran pernapasan.

9. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Bawang putih memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan infeksi dan pertumbuhan bakteri jahat dalam sistem pencernaan. Tidak hanya itu, mengonsumsi air rebusan bawang putih dipercaya dapat membantu memperbaiki keseimbangan flora usus dan meredakan masalah pencernaan seperti diare dan perut kembung.

9. Menurunkan Risiko Kanker

Air rebusan bawang putih mengandung senyawa allicin, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, jika dalam konsentrasi tinggi dapat membantu mengurangi risiko terserang berbagai jenis kanker, termasuk kanker lambung, usus besar, dan paru-paru.

Cara Membuat Rebusan Bawang Putih

Berikut ini bahan dan cara membuat air rebusan bawang putih:

Bahan:

  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1.5 sendok teh madu
  • 250 ml air

Cara membuat:

  1. Kupas bawang putih dan jahe, lalu geprek dan iris tipis.
  2. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan bawang putih dan jahe.
  3. Didihkan selama 5-10 menit atau hingga aromanya harum.
  4. Angkat dan saring air rebusan ke dalam cangkir.
  5. Tambahkan madu, lalu minum selagi hangat.

Air rebusan bawang putih ini dapat diminum setiap hari, namun sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena dapat mengganggu keseimbangan tubuh.

Sebelum mengonsumsi air rebusan bawang putih, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama bagi yang sedang hamil, menyusui, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Referensi

  1. EFENDI, P., BUSTON, E., JUMARTA, H., & BUSTON, N. (2023). REBUSAN BAWANG PUTIH DAN TERAPI RELAKSASI NAFAS DALAM MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI. Journal of Nursing and Public Health11(2), 379-384.
  2. Veterini, L., Bintarti, T. W., Wulandari, D. D., & Alkatiri, W. (2023). EDUKASI PENGOLAHAN BAWANG PUTIH PADA MENU SANTRI SEBAGAI ANTIOKSIDAN DAN ANTI KANKER. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat4(6), 11727-11729.
  3. Amir, A., Rantesigi, N., & Agusrianto, A. (2022). Seduhan Bawang Putih Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi: A Literature Review. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan16(1), 113-117.
  4. Hasrianda, E. F., & Setiarto, R. H. B. (2022). Potensi Rekayasa Genetik Bawang Putih terhadap Kandungan Senyawa Komponen Bioaktif Allicin dan Kajian Sifat Fungsionalnya. JURNAL PANGAN31(2), 167-190.
  5. Zainal Muttaqin, M., & Khoiroh Muflikhatin, S. (2021). Manfaat dan Keefektifan Bawang Putih dalam Menurunkan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi: Literature Review.
  6. Pratiwi, A., & Widiastuti, S. K. (2020). PENGARUH PEMBERIAN SEDUHAN BAWANG PUTIH DAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PENDERITA HIPERTENSI DI DUSUN WARU PANGGANG GUNUNGKIDUL (Doctoral dissertation, Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta).
  7. Lingga, L. (2014). Terapi bawang putih untuk kesehatan. Elex Media Komputindo.