Manfaat Kuning Telur
Lifestyle

10 Manfaat Kuning Telur yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Manfaat Kuning Telur – Kuning telur, bagian berwarna kuning yang terdapat di dalam telur, seringkali menjadi sorotan bagi para pencinta makanan sehat. Selain menjadi bahan utama dalam pembuatan berbagai hidangan, kuning telur juga dikenal kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Kuning Telur

Manfaat Kuning Telur

Satu butir kuning telur ukuran sedang mengandung sekitar 54,7 kalori, 4,5 gram lemak, 2,6 gram protein, dan 0,6 gram karbohidrat. Selain itu, kuning telur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin D, tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), folat (vitamin B9), kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Manfaat Kuning Telur yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Berikut ini ragam manfaat kuning telur untuk kesehatan tubuh kita yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Sumber Protein Berkualitas

Beberapa studi mengungkapkan bahwa kuning telur mengandung protein berkualitas tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan yang rusak, memperkuat daya tahan tubuh, dan mendukung pertumbuhan yang optimal, terutama pada anak-anak. Dalam satu butir telur, terdapat sekitar 2,6 gram protein yang berasal dari kuning telurnya.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Penelitian ilmiah menunjukan bahwa kuning telur merupakan salah satu sumber alami vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot. Vitamin D membantu penyerapan kalsium, yang penting untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang serta gigi.

3. Mengurangi Risiko Cacat Tabung Saraf

Kuning telur mengandung kolin dan folat yang penting untuk kesehatan otak, hal tersebut telah dibuktikan pada penelitian ilmiah yang terpublikasi oleh Nutrition Reviews. Nutrisi ini juga berperan dalam mengurangi risiko cacat tabung saraf pada janin dan memastikan perkembangan otak yang optimal.

4. Meningkatkan Kolesterol Baik

Meskipun kuning telur mengandung kolesterol, konsumsi kuning telur sebenarnya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Kolesterol baik membantu membersihkan plak dalam pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Studi ilmiah yang dipublikasikan oleh European journal of clinical nutrition membuktikan, walaupun mengandung kolesterol, kuning telur sebenarnya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Konsumsi kuning telur dalam jumlah yang moderat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Menyehatkan Mata

Kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang penting untuk kesehatan mata. Antioksidan ini membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan radikal bebas, serta dapat mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

7. Mengurangi Peradangan dan Risiko Penyakit Kronis

Meskipun banyak lemak yang terkandung dalam kuning telur, sebagian besar adalah lemak sehat omega-3. Omega-3 ini penting untuk kesehatan otak dan memori, serta dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit tertentu seperti penyakit asma, radang sendi, dan kanker.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian mengungkapkan, kuning telur dapat membantu dalam program penurunan berat badan. Kandungan proteinnya yang tinggi dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

9. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kuning telur mengandung kolin, nutrisi yang penting untuk fungsi otak yang sehat. Kolin membantu dalam pembentukan sel-sel otak dan neurotransmitter yang penting untuk memori dan kognisi yang baik. Konsumsi kuning telur dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

10. Menjaga Kesehatan Rambut

Penelitian yang dipublikasikan oleh Skin appendage disorders menyebutkan salah satu manfaat lain dari kuning telur yaitu membantu menjaga kesehatan rambut. Kandungan nutrisi yang tinggi dalam kuning telur membuatnya efektif sebagai perawatan rambut.

Cara menggunakan kuning telur untuk perawatan rambut juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengocok kuning telur, lalu mengoleskannya ke kulit kepala dan memijatnya selama beberapa menit. Setelah itu, cukup bilas rambut dengan sampo. Perawatan rambut secara rutin dengan kuning telur dapat membantu menguatkan rambut, mengurangi kerontokan rambut, dan melembapkan rambut yang kering.

Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi kuning telur sebaiknya tetap dalam jumlah yang seimbang dan tidak berlebihan. Hal ini karena kuning telur juga mengandung kolesterol yang tinggi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung jika dikonsumsi secara berlebihan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui jumlah kuning telur yang aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Baca juga:

Referensi

  1. Zhang, H., & Mine, Y. (2023). Egg and Brain Health. In Handbook of Egg Science and Technology (pp. 667-680). CRC Press.
  2. Myers, M., & Ruxton, C. H. S. (2023). Eggs: Healthy or Risky? A Review of Evidence from High Quality Studies on Hen’s Eggs. Nutrients15(12), 2657.
  3. Walker, S., & Baum, J. I. (2022). Eggs as an affordable source of nutrients for adults and children living in food-insecure environments. Nutrition Reviews80(2), 178-186.
  4. Puglisi, M. J., & Fernandez, M. L. (2022). The health benefits of egg protein. Nutrients14(14), 2904.
  5. Sugano, M., & Matsuoka, R. (2021). Nutritional viewpoints on eggs and cholesterol. Foods10(3), 494.
  6. Pal, M., & Molnár, J. (2021). The role of eggs as an important source of nutrition in human health. International Journal of Food Science and Agriculture5(1), 180-182.
  7. Sugano, M., & Matsuoka, R. (2021). Nutritional viewpoints on eggs and cholesterol. Foods10(3), 494.
  8. Réhault-Godbert, S., Guyot, N., & Nys, Y. (2019). The golden egg: nutritional value, bioactivities, and emerging benefits for human health. Nutrients11(3), 684.
  9. Wei, G., & Martirosyan, D. (2019). Hair loss: A review of the role of food bioactive compounds. Bioactive Compounds in Health and Disease-Online ISSN: 2574-0334; Print ISSN: 2769-24262(5), 94-125.
  10. Ahnen, R. T., & Slavin, J. L. (2019). Eggs as part of a healthy eating pattern.
  11. Geiker, N. R. W., Larsen, M. L., Dyerberg, J., Stender, S., & Astrup, A. (2018). Egg consumption, cardiovascular diseases and type 2 diabetes. European journal of clinical nutrition72(1), 44-56.
  12. Patel, D. P., Swink, S. M., & Castelo-Soccio, L. (2017). A review of the use of biotin for hair loss. Skin appendage disorders3(3), 166-169.