Manfaat Lemon untuk Wajah
Lifestyle

7 Manfaat Lemon untuk Wajah

Lemon bukan hanya sekadar buah yang segar dan enak untuk diminum sebagai minuman. Ternyata, lemon juga memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Kaya akan vitamin C, antioksidan, dan asam sitrat, lemon telah lama dikenal sebagai bahan alami yang efektif untuk merawat kulit.

Manfaat Lemon untuk Wajah

Manfaat Lemon untuk Wajah

Berikut beberapa manfaat lemon untuk wajah yang disadur dari beberapa sumber terpercaya.

1. Mengatasi Jerawat dan Mencegahnya Kembali

Jerawat merupakan masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Namun, dengan menggunakan masker lemon secara teratur, kamu dapat membantu mengatasi jerawat dan mencegahnya kembali. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, asam sitrat juga dapat membantu mengurangi minyak berlebih di wajah, yang merupakan salah satu penyebab utama jerawat.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Lemon juga memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon dapat membantu mengurangi produksi melanin yang menyebabkan kulit gelap atau kusam. Dengan menggunakan masker lemon secara teratur, kulit wajah akan terlihat lebih cerah dan bersinar.

3. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam merupakan masalah kulit lain yang seringkali membuat tidak nyaman. Namun, dengan menggunakan lemon, kita dapat menghilangkan flek hitam secara alami. Kandungan vitamin C dalam lemon dapat membantu mengurangi produksi melanin yang menyebabkan flek hitam. Selain itu, asam sitrat dalam lemon juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang mengandung melanin, sehingga flek hitam akan perlahan-lahan memudar.

4. Mengurangi Komedo

Komedo merupakan masalah kulit lain yang seringkali membuat tidak percaya diri. Namun, dengan menggunakan masker lemon secara teratur, kamu dapat membantu mengurangi komedo. Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat, sehingga komedo akan berkurang secara signifikan.

5. Mengurangi Minyak Berlebih

Jika kamu memiliki masalah kulit berminyak, menggunakan masker lemon dapat membantu mengurangi minyak berlebih di wajah. Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mengontrol produksi minyak oleh kelenjar minyak di wajah, sehingga kulit wajah akan terlihat lebih segar dan tidak berminyak.

6. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Lemon juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kerutan dan garis halus di wajah. Vitamin C dalam lemon dapat merangsang produksi kolagen, yang merupakan protein yang bertanggung jawab untuk menjaga kekenyalan kulit. Dengan menggunakan masker lemon secara teratur, kulit wajah kita akan terlihat lebih kencang dan bebas dari kerutan dan garis halus.

7. Menyegarkan Kulit Wajah

Selain itu, menggunakan masker lemon juga dapat membantu menyegarkan kulit wajah. Kandungan antioksidan dalam lemon dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Dengan menggunakan masker lemon secara teratur, kulit wajah kamu akan terasa lebih segar dan sehat.

Cara Membuat Masker Lemon

Untuk membuat masker lemon, kamu hanya memerlukan beberapa bahan yang mudah ditemukan di rumah, seperti lemon segar dan madu. Berikut ini adalah cara membuat masker lemon yang bisa kamu coba sendiri di rumah:

  • Peras satu buah lemon segar untuk mengambil airnya.
  • Campurkan satu sendok makan air lemon dengan satu sendok makan madu.
  • Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan lembut.

Meskipun lemon memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, namun sebaiknya gunakan dengan bijak dan konsultasikan dengan ahli kulit terlebih dahulu jika memiliki kondisi kulit tertentu. Selalu lakukan uji sensitivitas terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lemon secara langsung pada kulit wajah. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk merawat kulit wajah dengan menggunakan bahan alami seperti lemon. Terimakasih

Baca juga:

Referensi

  1. Shi, Y. S., Zhang, Y., Li, H. T., Wu, C. H., El-Seedi, H. R., Ye, W. K., … & Kai, G. Y. (2020). Limonoids from Citrus: Chemistry, anti-tumor potential, and other bioactivities. Journal of Functional Foods75, 104213.
  2. Klimek-Szczykutowicz, M., Szopa, A., & Ekiert, H. (2020). Citrus limon (Lemon) phenomenon—a review of the chemistry, pharmacological properties, applications in the modern pharmaceutical, food, and cosmetics industries, and biotechnological studies. Plants9(1), 119.
  3. Shimizu, C., Wakita, Y., Inoue, T., Hiramitsu, M., Okada, M., Mitani, Y., … & Nabeshima, T. (2019). Effects of lifelong intake of lemon polyphenols on aging and intestinal microbiome in the senescence-accelerated mouse prone 1 (SAMP1). Scientific reports9(1), 3671.
  4. Dosoky, N. S., & Setzer, W. N. (2018). Biological activities and safety of Citrus spp. essential oils. International journal of molecular sciences19(7), 1966.
  5. Abad-García, B., Garmón-Lobato, S., Sánchez-Ilárduya, M. B., Berrueta, L. A., Gallo, B., Vicente, F., & Alonso-Salces, R. M. (2014). Polyphenolic contents in Citrus fruit juices: authenticity assessment. European Food Research and Technology238, 803-818.
  6. Sonneman, T. (2013). Lemon: A global history. Reaktion Books.
  7. Mohanapriya, M., Ramaswamy, L., & Rajendran, R. (2013). Health and medicinal properties of lemon (Citrus limonum). International Journal of Ayurvedic and Herbal Medicine3(1), 1095-1100.
  8. González-Molina, E., Domínguez-Perles, R., Moreno, D. A., & García-Viguera, C. (2010). Natural bioactive compounds of Citrus limon for food and health. Journal of pharmaceutical and biomedical analysis51(2), 327-345.
  9. Manners, G. D. (2007). Citrus limonoids: analysis, bioactivity, and biomedical prospects. Journal of Agricultural and Food Chemistry55(21), 8285-8294.