Berjemur di Pagi Hari
Lifestyle

Berjemur di Pagi Hari: 9 Manfaat untuk Kesehatan

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan oleh banyak orang karena diyakini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sinar matahari pagi mengandung beragam nutrisi penting yang dapat memberikan dampak positif bagi tubuh, terutama dalam hal produksi vitamin D. Vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu dalam proses penyembuhan penyakit.

Manfaat berjemur di pagi hari tidak hanya terbatas pada produksi vitamin D, tetapi juga meliputi peningkatan mood, peningkatan kualitas tidur, dan bahkan mengurangi risiko depresi. Kita akan membahas secara mendalam mengenai manfaat-manfaat tersebut serta tips-tips yang dapat dilakukan untuk berjemur di pagi hari dengan aman dan efektif.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Berjemur di Pagi Hari

Berikut ini ragam manfaat berjemur di pagi hari yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Alzheimer merupakan salah satu penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku yang sering dialami oleh orang lanjut usia. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, salah satu manfaat berjemur adalah meningkatkan fungsi otak dan menjaga ingatan tetap kuat. Hal ini dapat secara tidak langsung mengurangi gejala Alzheimer yang biasanya muncul pada usia lanjut.

2. Meningkatkan Produksi Vitamin D

Hasil penelitian membuktikan bahwa sinar matahari pagi mengandung sinar ultraviolet B (UVB) yang diperlukan oleh tubuh untuk membuat vitamin D. Vitamin D sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi karena membantu penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Dengan berjemur di pagi hari, tubuh dapat memproduksi vitamin D yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Paparan sinar matahari yang tepat dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat. Namun, tetap perhatikan waktu berjemur yang tepat dan gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebih.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berjemur di pagi hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, paparan sinar matahari pagi dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, yang berperan dalam mengatur pola tidur. Dengan berjemur di pagi hari, tubuh akan lebih mudah merasa kantuk saat malam hari dan tidur menjadi lebih nyenyak.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Asupan vitamin D yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

6. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Risiko Depresi

Beberapa studi menunjukan bahwa sinar matahari pagi dapat merangsang produksi hormon serotonin dalam tubuh, yang dikenal sebagai hormon yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi risiko depresi. Berjemur di pagi hari dapat membantu menjaga keseimbangan hormon serotonin dalam tubuh, sehingga membuat kita merasa lebih bahagia dan rileks.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin D yang diproduksi oleh tubuh saat berjemur di pagi hari sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

8. Mengurangi Risiko Penyakit Kulit

Berjemur di pagi hari juga dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kulit, seperti psoriasis dan eksim. Sinar matahari pagi memiliki efek yang menenangkan pada kulit.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Berjemur di pagi hari juga dapat memberikan manfaat bagi individu yang menderita tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari memiliki kemampuan untuk mengubah oksidan nitrat (NO) di kulit. Senyawa ini berperan dalam mengatur tekanan darah, dan perubahan tersebut dapat mengurangi tekanan darah yang tinggi.

10. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan merasakan manfaat-manfaat tersebut, berjemur di pagi hari juga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Tubuh yang sehat dan pikiran yang positif dapat membuat kita lebih produktif dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tips Berjemur di Pagi Hari dengan Aman

  • Pilih waktu berjemur yang tepat, yaitu sebelum pukul 10 pagi.
  • Hindari terlalu lama berjemur, cukup 10-15 menit saja.
  • Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.
  • Lindungi area kulit yang sensitif dengan pakaian atau topi.
  • Perhatikan kondisi kulit dan hentikan berjemur jika terjadi iritasi atau kemerahan.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, berjemur di pagi hari dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jangan lupa untuk tetap menjaga keseimbangan antara berjemur yang cukup dan melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebihan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu untuk memahami pentingnya berjemur di pagi hari untuk kesehatan tubuh.

Baca juga:

Referensi

  1. Lindqvist, P. G., Epstein, E., & Landin-Olsson, M. (2022). Sun exposure-hazards and benefits. Anticancer research42(4), 1671-1677.
  2. Asyary, A., & Veruswati, M. (2020). Sunlight exposure increased Covid-19 recovery rates: A study in the central pandemic area of Indonesia. Science of The Total Environment729, 139016.
  3. Van der Rhee, H. J., de Vries, E., & Coebergh, J. W. (2016). Regular sun exposure benefits health. Medical hypotheses97, 34-37.
  4. Moan, J., Baturaite, Z., Juzeniene, A., & Porojnicu, A. C. (2012). Vitamin D, sun, sunbeds and health. Public health nutrition15(4), 711-715.
  5. van der Rhee, H., Coebergh, J. W., & de Vries, E. (2009). Sunlight, vitamin D and the prevention of cancer: a systematic review of epidemiological studies. European journal of cancer prevention, 458-475.
  6. Van der Rhee, H. J., de Vries, E., & Coebergh, J. W. W. (2006). Does sunlight prevent cancer? A systematic review. European journal of cancer42(14), 2222-2232.
  7. Miller, D. N. Sunlight, Vitamin D and more benefits. Heart disease (cardiovascular disease)18(20), 21-44.
  8. Ann, J. Benefits of Sunlight and Photoadaptation.