Manfaat Habbatussauda untuk Wanita
Lifestyle

12 Manfaat Habbatussauda untuk Wanita dan Pria

Manfaat Habbatussauda untuk Wanita – Habbatussauda, atau yang dikenal juga dengan nama jintan hitam, adalah rempah-rempah yang memiliki sejarah panjang dalam penggunaannya sebagai obat tradisional. Tumbuhan ini tumbuh di berbagai wilayah, termasuk Timur Tengah, Eropa Selatan, dan Asia Barat Daya. Minyak habbatussauda diekstraksi dari bijinya dan telah digunakan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit.

Manfaat habbatussauda tidak hanya terbatas pada kesehatan umum, tetapi juga sangat baik untuk kesuburan pria dan wanita. Berbagai penelitian ilmiah telah mengungkapkan bahwa konsumsi habbatussauda dapat memberikan berbagai manfaat bagi mereka yang sedang menjalani program hamil (promil) atau ingin meningkatkan kesuburan mereka.

Manfaat Habbatussauda untuk Wanita dan Pria

Berikut ini adalah beberapa manfaat habbatussauda untuk wanita dan pria yang disadur dari berbagai sumber.

1. Melancarkan Menstruasi

Beberapa studi mengungkapkan bahwa habbatussauda dapat membantu melancarkan menstruasi dan mengatasi masalah siklus menstruasi yang tidak lancar. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko endometriosis dan meningkatkan kesuburan.

2. Menghilangkan Jerawat

Kandungan protein, alkaloid, dan saponin dalam habbatussauda dapat membantu menghilangkan jerawat dan eksim. Sebuah studi menunjukkan bahwa lotion yang mengandung ekstrak habbatussauda dapat mengurangi jerawat secara signifikan.

3. Meningkatkan Kualitas Sperma dan Sel telur

Penelitian ilmiah yang dipublikasikan oleh Biomedicine & pharmacotherapy tahun 2021 menunjukan bahwa kandungan nutrisi dalam habbatussauda seperti asam lemak omega-3, protein, dan mineral seperti seng dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pada pria dan kualitas sel telur pada wanita. Hal ini tentu saja sangat penting bagi pasangan yang sedang berusaha untuk memiliki keturunan.

4. Mencegah dan Mengobati Kanker Payudara

Thymoquinone dalam minyak habbatussauda telah terbukti dapat mempengaruhi kematian sel kanker pada beberapa jenis sel kanker, termasuk kanker payudara. Namun, efektivitasnya untuk pengobatan kanker pada manusia masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Meningkatkan Jumlah Sperma

Penelitian mengungkapkan, selain memperbaiki kualitas sperma, habbatussauda juga dapat meningkatkan jumlah sperma. Hal ini dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan pada pasangan yang mengalami masalah infertilitas.

6. Mencegah Ejakulasi Dini

Beberapa studi mengungkapkan bahwa habbatussauda dapat membantu mencegah ejakulasi dini dengan meningkatkan kesehatan otot dan pembuluh darah di sekitar area penis.

7. Meningkatkan Peredaran Darah di Penis

Hasil studi ilmiah menunjukan bahwa kandungan kalium dalam habbatussauda dapat membantu meningkatkan peredaran darah di penis, yang dapat meningkatkan kualitas ereksi.

8. Mempercantik dan Memperkuat Akar Rambut

Habbatussauda memiliki sifat antibakteri, antijamur, antiinflamasi, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit kepala dan rambut. Hal ini dapat membantu memperkuat akar rambut dan menjaga kecantikan rambut.

9. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Habbatussauda dapat membantu wanita yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Tinjauan dari 11 studi menunjukkan bahwa suplementasi habbatussauda dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh dan lingkar pinggang secara signifikan.

10. Meningkatkan Stamina Pria

Hasil penelitian membuktikan jika konsumsi habbatussauda dapat meningkatkan stamina pria, sehingga membantu dalam aktivitas seksual yang lebih tahan lama.

11. Menaikkan Libido

Zat besi dalam habbatussauda dapat membantu meningkatkan libido pada pria dan wanita, sehingga meningkatkan gairah seksual, hal tersebut dibuktikan pada beberapa hasil studi yang dipublikasikan.

12. Menyembuhkan Keputihan

Keputihan bisa menjadi tanda adanya masalah atau infeksi pada organ reproduksi wanita. Habbatussauda dapat membantu mengatasi infeksi dan menjaga kesehatan organ reproduksi.

Baca juga:

Referensi

  1. Leisegang, K., Almaghrawi, W., & Henkel, R. (2021). The effect of Nigella sativa oil and metformin on male seminal parameters and testosterone in Wistar rats exposed to an obesogenic diet. Biomedicine & pharmacotherapy133, 111085.
  2. Junaedi, I. E., Yulianti, I. S., Suty, S., & Kuncari, E. S. (2011). Kedahsyatan Habbatussauda Mengobati Berbagai Penyakit. AgroMedia.
  3. Shirazi, M., Khodakarami, F., Feizabad, E., & Ghaemi, M. (2020). The effects of nigella sativa on anthropometric and biochemical indices in postmenopausal women with metabolic syndrome. Endocrine69, 49-52.
  4. Darand, M., Hajizadeh, M., Mirmiran, P., & Mokari-Yamchi, A. (2019). The effect of Nigella sativa on infertility infertility in men and women: a systematic review. Progress in Nutrition21, 33-41.
  5. Kolahdooz, M., Nasri, S., Modarres, S. Z., Kianbakht, S., & Huseini, H. F. (2014). Effects of Nigella sativa L. seed oil on abnormal semen quality in infertile men: a randomized, double-blind, placebo-controlled clinical trial. Phytomedicine21(6), 901-905.
  6. Latiff, L. A., Parhizkar, S., Dollah, M. A., & Hassan, S. T. S. (2014). Alternative supplement for enhancement of reproductive health and metabolic profile among perimenopausal women: a novel role of Nigella sativa. Iranian Journal of Basic Medical Sciences17(12), 980.
  7. Marbat, M. M., abid Ali, M., & Hadi, A. M. (2013). The use of Nigella sativa as a single agent in treatment of male infertility. Tikrit Journal of Pharmaceutical Sciences9(1), 19-29.
  8. Rahmawati, D. Herbalisme Dan Pengobatan Islam: Praktek Keislaman dan Uji Medis abbatussauda (Master’s thesis, Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).