Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil
Lifestyle

11 Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil

Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil – Sebagai buah yang lezat dan menyegarkan, jeruk memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan ibu hamil. Jeruk, dengan nama latin Citrus sinensis, adalah salah satu jenis buah yang banyak ditemukan di daerah beriklim tropis, termasuk Indonesia. Jeruk tidak hanya memiliki rasa yang manis, asam, dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan serta kesehatan ibu.

Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil

Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil

Jeruk memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk yang disadur dari berberapa sumber.

1. Mencegah Anemia

Selama kehamilan, tubuh ibu hamil perlu memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin. Asam folat dalam jeruk dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah, sementara kandungan vitamin C-nya dapat meningkatkan penyerapan zat besi di usus. Jeruk bisa membantu tubuh ibu hamil memproduksi sel darah merah yang cukup.

2. Sumber Asam Folat

Setiap buah jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 46 mikrogram folat. Kebutuhan asam folat ibu hamil adalah sekitar 600 mikrogram per hari. Asam folat sangat penting untuk perkembangan sistem saraf janin, terutama selama trimester pertama kehamilan. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan cacat fisik lahir, seperti anensefali dan spina bifida.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat yang tinggi dalam jeruk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Jeruk juga mengandung fitonutrien yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

4. Kaya Antioksidan

Jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi. Setiap buah jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 70 mg vitamin C. Kebutuhan vitamin C ibu hamil adalah sekitar 86 mg per hari. Antioksidan dalam jeruk membantu meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil dan menjaga kesehatan fisik serta janin.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Jeruk dapat membantu menjaga kesehatan kulit yang tampak kusam, kering, dan berjerawat selama kehamilan. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam jeruk dapat membantu mencegah kerusakan kulit dan membantu tubuh menghasilkan kolagen, sehingga kulit tetap lembap dan kencang.

6. Mencegah Dehidrasi

Jeruk mengandung banyak air dan vitamin C, sehingga baik untuk mencegah dehidrasi. Masalah ini sering terjadi pada ibu hamil yang mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Segelas jus jeruk dapat membantu menghilangkan rasa mual dan mengatasi kekurangan cairan tubuh.

7. Menjaga Tekanan Darah

Jeruk mengandung kalium yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengatur tekanan darah. Hal ini dapat mencegah hipertensi gestasional yang berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya.

8. Menjaga Imun Tubuh

Jeruk mengandung antioksidan yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting selama kehamilan untuk melindungi ibu dan janin dari infeksi dan penyakit.

9. Mencegah Sembelit

Selain itu, jeruk dapat membantu mencegah sembelit, yang umum dialami selama kehamilan. Jeruk merupakan sumber serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan memenuhi asupan serat yang cukup, ibu hamil akan terhindarkan dari masalah sembelit yang sering terjadi selama kehamilan.

10. Mengatur Keseimbangan Elektrolit

Jeruk merupakan buah yang kaya akan elektrolit, terutama jika diserap dengan baik oleh tubuh melalui sistem pencernaan. Keseimbangan mineral dalam darah ini sangat penting untuk mendukung kesehatan jantung, mempertahankan detak jantung yang stabil, dan melindungi tubuh dari kelainan jantung pada janin.

11. Menjaga Kadar Gula Darah

Dalam dosis yang tepat, jeruk juga dapat membantu menjaga kadar gula darah ibu hamil tetap stabil. Jeruk mengandung serat yang membantu memperlambat penyerapan gula darah, sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Tips Konsumsi Jeruk untuk Ibu Hamil

Meskipun jeruk memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsinya:

  • Meskipun jeruk memiliki banyak manfaat, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah, terutama bagi ibu hamil dengan riwayat penyakit asam lambung.
  • Konsumsi jeruk dengan perut kosong dapat meningkatkan risiko terjadinya asam lambung naik, terutama pada trimester akhir kehamilan.
  • Jika perlu, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terkait konsumsi jeruk selama kehamilan.

Dengan memperhatikan manfaat dan dosis yang tepat, jeruk dapat menjadi salah satu pilihan makanan sehat bagi ibu hamil. Konsumsi jeruk dalam jumlah yang tepat dapat membantu ibu hamil mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal tanpa menimbulkan efek samping yang merugikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Rawal, P., Dudeja, I., Pooja, Singh, A., Singh Purewal, S., Kaur, A., & Swamy, C. T. (2023). Orange. In Recent Advances in Citrus Fruits (pp. 69-98). Cham: Springer International Publishing.
  2. Rao, M. J., Wu, S., Duan, M., & Wang, L. (2021). Antioxidant metabolites in primitive, wild, and cultivated citrus and their role in stress tolerance. Molecules26(19), 5801.
  3. Hussain, S. Z., Naseer, B., Qadri, T., Fatima, T., & Bhat, T. A. (2021). Citrus fruits—Morphology, taxonomy, composition and health benefits. In Fruits grown in highland regions of the Himalayas: nutritional and health benefits (pp. 229-244). Cham: Springer International Publishing.
  4. Hussain, S. Z., Naseer, B., Qadri, T., Fatima, T., & Bhat, T. A. (2021). Citrus fruits—Morphology, taxonomy, composition and health benefits. In Fruits grown in highland regions of the Himalayas: nutritional and health benefits (pp. 229-244). Cham: Springer International Publishing.
  5. Kim, D. S., Lee, S., Park, S. M., Yun, S. H., Gab, H. S., Kim, S. S., & Kim, H. J. (2021). Comparative metabolomics analysis of citrus varieties. Foods10(11), 2826.
  6. Zulkifli, N. A., Salleh, N. M., Nor, M. Z. M., Omar, F. N., Sulaiman, A., & Mokhtar, M. N. (2020). Nutritional properties of orange-fleshed sweet potato juice. Advances in Agricultural and Food Research Journal1(1).
  7. Yi, L., Ma, S., & Ren, D. (2017). Phytochemistry and bioactivity of Citrus flavonoids: a focus on antioxidant, anti-inflammatory, anticancer and cardiovascular protection activities. Phytochemistry Reviews16, 479-511.