Manfaat Telur Bebek
Lifestyle

8 Manfaat Telur Bebek bagi Kesehatan

Manfaat Telur Bebek – Telur bebek, mungkin bagi sebagian orang terdengar biasa saja. Namun, siapa sangka bahwa telur bebek ini memiliki segudang manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita. Tak hanya sebagai bahan untuk mengembangkan adonan atau isian krim, telur bebek juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita.

Telur bebek merupakan telur yang dihasilkan oleh bebek betina. Berbeda dengan telur ayam yang lebih umum dikonsumsi, telur bebek memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya diminati oleh banyak orang.

Kandungan Telur Bebek

Manfaat Telur Bebek

Menurut studi ilmiah yang diterbitkan Brazilian Journal of Poultry Science, salah satu perbedaan utama antara telur bebek dan telur ayam terletak pada kandungan nutrisinya. Telur bebek memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Kuning telur telur bebek yang berwarna kuning tua menunjukkan bahwa mereka mengandung lebih banyak antioksidan, lebih banyak asam lemak omega-3, dan 50% lebih banyak vitamin A daripada telur ayam.

Telur bebek juga mengandung semua vitamin kecuali vitamin C. Mereka juga mengandung semua elemen penting, termasuk besi, tembaga, dan mangan. Dalam 100 gram telur bebek, terdapat kira-kira 130 kalori, 9 gram protein, 10 gram lemak, dan 1 gram karbohidrat. Selain itu, telur bebek juga mengandung sejumlah mineral penting seperti besi, tembaga, dan mangan. Telur bebek juga kaya akan vitamin, termasuk vitamin A, B, dan D. Kuning telur bebek yang berwarna kuning tua menunjukkan bahwa mereka mengandung lebih banyak antioksidan dan asam lemak omega-3 daripada telur ayam.

Manfaat Telur Bebek bagi Kesehatan

Berikut ini manfaat telur bebek untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Mencegah Penyakit Stroke dan Kardiovaskular

Meskipun telur bebek mengandung kolesterol, beberapa penelitian menunjukkan bahwa telur bebek dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Asam oleat yang terkandung di dalam telur bebek diyakini dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat.

2. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat telur bebek ini datang dari vitamin B12 yang diperlukan untuk membentuk hemoglobin dan sintesis DNA di dalam tubuh yang juga menyehatkan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kita mengalami gejala anemia, cepat pikun, memiliki keseimbangan tubuh yang buruk, serta sering kelelahan.

3. Membentuk Otot

Kandungan protein yang tinggi dalam telur bebek dapat membantu tubuh membangun otot tanpa lemak, mempertahankan berat badan yang sehat, dan mempercepat pemulihan setelah berolahraga atau cedera. Jadi, bagi kamu yang ingin membentuk otot tubuh, telur bebek bisa menjadi pilihan yang baik.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa penelitian ilmiah menunjukan bahwa kandungan lutein dan zeaxanthin dalam telur bebek dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kedua antioksidan ini membantu melindungi mata dari berbagai penyakit, seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Mendukung Kesehatan Mental

Selain itu, telur bebek juga dapat mendukung kesehatan mental. Kekurangan seng, magnesium, dan selenium telah dikaitkan dengan depresi dan kelelahan. Telur bebek mengandung ketiga mineral ini, serta vitamin D yang baik untuk kesehatan mental. Sehingga, mengonsumsi telur bebek secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mental.

6. Baik bagi Ibu Hamil

Manfaat telur bebek juga baik untuk ibu hamil karena kandungan seleniumnya. Studi membuktikan bahwa selenium dapat menormalkan metabolisme hormon di dalam tubuh dan memperbaiki DNA yang rusak sehingga rahim lebih sehat.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin B dapat meningkatkan kesehatan kulit. Telur bebek mengandung delapan jenis vitamin B yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin B ini dapat membantu mencegah munculnya jerawat terkait stres, menjaga kolagen, mengatasi jerawat, eksim, dan dermatitis, serta melindungi kulit dari infeksi dan menjaga kelembapan kulit.

8. Meningkatkan Kinerja Otak

Kandungan kolin dalam telur bebek dapat meningkatkan kinerja otak. Kolin berperan dalam reaksi biokimia pada otak dan mempercepat pelepasan protein asetilkolin, yang membantu otak dalam memori dan fungsi dasarnya. Sehingga, konsumsi telur bebek dapat membantu meningkatkan kinerja otak.

Batasi Konsumsi Telur Bebek

Meskipun telur bebek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kita tetap perlu membatasi konsumsinya. Kandungan kuning telur bebek yang tinggi berarti mereka memiliki lebih banyak lemak dan kolesterol daripada telur ayam. Jika kamu memiliki penyakit jantung atau diabetes, pertimbangkan untuk membatasi jumlah kuning telur yang di makan sekitar tiga per minggu. Putih telur jauh lebih rendah kolesterol dan lemak jenuh.

Semoga informasi tentang Manfaat Telur Bebek dapat berguna, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Stephen, J., Manoharan, D., & Radhakrishnan, M. (2023). Immune boosting functional components of natural foods and its health benefits. Food Production, Processing and Nutrition5(1), 61.
  2. Dixit, V., Joseph Kamal, S. W., Bajrang Chole, P., Dayal, D., Chaubey, K. K., Pal, A. K., … & Bachheti, R. K. (2023). Functional Foods: Exploring the Health Benefits of Bioactive Compounds from Plant and Animal Sources. Journal of Food Quality2023.
  3. Sanlier, N., & Üstün, D. (2021). Egg consumption and health effects: A narrative review. Journal of Food Science86(10), 4250-4261.
  4. Batool, Z., Hu, G., Xinyue, H., Wu, Y., Fu, X., Cai, Z., … & Ma, M. (2021). A comprehensive review on functional properties of preserved eggs as an excellent food ingredient with anti-inflammatory and anti-cancer aspects. Food Bioscience44, 101347.
  5. Meng, Y., Chen, C., Qiu, N., & Keast, R. (2020). Modulation of gut microbiota in rats fed whole egg diets by processing duck egg to preserved egg. Journal of bioscience and bioengineering130(1), 54-62.
  6. Chaiyasit, W., Brannan, R. G., Chareonsuk, D., & Chanasattru, W. (2019). Comparison of physicochemical and functional properties of chicken and duck egg albumens. Brazilian Journal of Poultry Science21, eRBCA-2019.
  7. Réhault-Godbert, S., Guyot, N., & Nys, Y. (2019). The golden egg: nutritional value, bioactivities, and emerging benefits for human health. Nutrients11(3), 684.
  8. Quan, T. H., & Benjakul, S. (2019). Duck egg albumen: physicochemical and functional properties as affected by storage and processing. Journal of food science and technology56, 1104-1115.
  9. Arthur, J. (2017). Duck eggs. In Egg innovations and strategies for improvements (pp. 23-32). Academic Press.