Manfaat Nanas Muda
Lifestyle

12 Manfaat Nanas Muda dan Hubungannya dengan Kehamilan

Nanas muda, atau sering disebut juga nanas kecil, merupakan jenis buah yang cukup populer di Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang segar dan manis, serta tekstur yang renyah. Selain enak untuk dikonsumsi secara langsung, nanas muda juga sering digunakan sebagai bahan dalam berbagai masakan dan minuman mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Apakah Makan Nanas Muda Bisa Mencegah Kehamilan?

Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang mendukung pernyataan bahwa nanas muda dapat mencegah kehamilan. Oleh karena itu, metode yang berkembang di kalangan masyarakat khusunya di Indonesia ini dianggap tidak efektif untuk mencegah kehamilan, terutama bagi pasangan yang tidak ingin memiliki anak tetapi sudah aktif berhubungan intim.

Memang nanas mengandung bromelain yang dapat menyebabkan kram perut dan sering disalahartikan sebagai gejala menstruasi. Hal ini menyebabkan keyakinan bahwa nanas dapat mencegah kehamilan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nanas tidak memiliki kemampuan untuk mencegah kehamilan. Hasil penelitian ilmiah tahun 2024 yang dipublikasikan oleh Health Care for Women International mengungkapkan nanas sebaiknya dikonsumsi oleh calon ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan karena kandungan folatnya yang baik. Selain itu, nanas juga dapat dikonsumsi pada trimester akhir kehamilan untuk membantu memperlancar proses persalinan.

Manfaat Nanas Muda untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini 12 manfaat nanas muda untuk kesehatan dan kecantikan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Nanas muda mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Menurut USDA (United States Department of Agriculture), dalam setiap cangkir (165 gram) nanas muda mengandung:

  • Kalori: 82,5
  • Lemak: 0,2 gram
  • Sodium: 1,7 gram
  • Karbohidrat: 22 gram
  • Serat: 2,3 gram
  • Gula: 16,3 gram
  • Protein: 0,9 gram
  • Vitamin C: 79 miligram

Selain itu, nanas muda juga mengandung vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B9 (asam folat), serta mineral seperti zat besi, seng, kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, nanas muda dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi tubuh Anda.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa studi ilmiah telah membuktikan bahwa vitamin C berperan penting dalam melawan infeksi dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh. Dengan mengonsumsi nanas muda secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

3. Mencegah Sembelit

Sembelit merupakan masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Konsumsi nanas muda dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Enzim bromelain yang terdapat dalam nanas muda dapat membantu memecah makanan dalam usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Nanas muda mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan retina dan mencegah penyakit mata seperti rabun jauh. Dengan mengonsumsi nanas muda secara teratur, kita dapat menjaga kesehatan mata.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun nanas muda mengandung gula alami, namun kalorinya relatif rendah. Sebagai buah yang rendah kalori namun tinggi serat, nanas muda dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Nanas muda mengandung kalium yang membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Penelitian ilmiah menunjukan bahwa kandungan serat dalam nanas muda juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

7. Menyegarkan Kulit

Selain dikonsumsi, nanas muda juga dapat dioleskan secara langsung ke kulit untuk mendapatkan manfaatnya. Nanas muda mengandung enzim bromelain yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih segar dan bersinar.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan mangan dalam nanas muda dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Mangan berperan penting dalam pembentukan jaringan tulang dan menjaga kepadatan tulang. Dengan mengonsumsi nanas muda secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat nanas muda lainnya karena mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan produksi kolagen, protein yang penting untuk penyembuhan luka. Vitamin C juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga membantu tubuh melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

10. Membantu Meredakan Nyeri Haid

Nanas muda mengandung enzim bromelain yang membantu meredakan nyeri haid. Beberapa penelitian menunjukan jika enzim bromelain memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kram saat menstruasi.

11. Meningkatkan Kesuburan

Nanas muda mengandung vitamin C dan zinc yang penting untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Vitamin C membantu meningkatkan kualitas sperma, sedangkan zinc membantu meningkatkan produksi sel telur.

12. Mencegah Kanker

Nanas muda mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan vitamin C dan beta karoten dalam nanas muda juga membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

Seperti halnya konsumsi buah-buahan lainnya, konsumsi nanas muda juga sebaiknya dalam jumlah yang wajar. Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang hamil, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi nanas muda secara berlebihan. Semoga informasi tentang manfaat nanas muda ini dapat berguna ya, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Farid, A., Mehraj, M., Das, S., Feroz, F., Wani, A. W., Dar, S. Q., … & Wani, A. K. (2024). Nutritional Composition and Therapeutic Potential of Pineapple Peel‐A Comprehensive Review. Chemistry & Biodiversity, e202400315.
  2. McKay, F. H., Vo, M., George, N. A., John, P., Kaushal, J., & van der Pligt, P. (2024). Cross-cultural food practices and nutrition seeking behaviors among pregnant and postpartum Indian women living in Australia. Health Care for Women International, 1-23.
  3. Bernier, E., Plante, A. S., Lemieux, P., Robitaille, J., Lemieux, S., Desroches, S., … & Morisset, A. S. (2024). Promoting healthy eating in early pregnancy in individuals at risk of gestational diabetes mellitus: does it improve glucose homeostasis? A study protocol for a randomized control trial. Frontiers in Nutrition10, 1336509.
  4. Kiggwe, M., Ntayi, J., Nabatanzi-Muyimba, A. K., Byarugaba, J., Timothy, E., & Munene, J. C. (2024). Lifestyle and fruit consumption: an investigation of university students in Uganda. Nutrire49(1), 6.
  5. Moghani, S. S., Ramezani, M., Eslami, S., Mazloom, R., & Yousefi, R. (2023). Investigating the effect of edible pineapple on the ripening of the cervix and the onset of labor.
  6. Jayadi, Y. I., Dewi, N. U., & Syahrir, S. (2020). Food taboo among pregnant women and children in the Kaili tribe Palu City, Indonesia. Enfermeria Clinica30, 109-113.
  7. Wali, N. (2019). Pineapple (Ananas comosus). In Nonvitamin and nonmineral nutritional supplements (pp. 367-373). Academic Press.
  8. Ferro-Luzzi, G. E. (2018). Food avoidances of pregnant women in Tamilnad. In Food, Ecology and Culture (pp. 101-108). Routledge.
  9. FRUIT, D., SAUCE, F. A. I. F., BISCUIT, S. S., OSMO, D. O. P. P. O., & PINEAPPLES, D. RELATIONSHIP BETWEEN NUTRITIONAL KNOWLEDGE AND HEALTHY ATTITUDE AND PRACTICE DURING PREGNANCY.