Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun
Lifestyle

6 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Benar

Minyak zaitun telah dikenal luas sebagai salah satu bahan makanan yang kaya manfaat bagi kesehatan. Minyak yang diekstrak dari buah zaitun ini mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin E, K, lemak fenolik, zat besi, kolin, flavonoid, dan polifenol. Kandungan-kandungan tersebut membuat minyak zaitun menjadi bahan makanan yang amat baik untuk kesehatan jantung, melawan radikal bebas, dan bahkan digunakan dalam produk perawatan kulit.

Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Benar

Bagaimana sebaiknya kita mengonsumsi minyak zaitun agar manfaatnya optimal? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Konsumsi Langsung

Sebagian orang juga memilih untuk mengonsumsi minyak zaitun secara langsung, tanpa dicampur dengan bahan lain. Kita dapat meminumkan minyak zaitun virgin setiap hari dengan takaran 1-2 sendok makan. Konsumsi minyak zaitun secara langsung dapat membantu mengaktifkan fungsi antiinflamasi dalam tubuh dan memberikan suplemen kesehatan yang baik.

2. Dipadukan dengan Roti

Minyak zaitun sering disajikan dengan roti sebagai saus cocolan. Tambahkan beberapa bumbu seperti garam, merica, atau rempah-rempah lainnya untuk meningkatkan rasa.

3. Sebagai Dressing Salad yang Segar

Salah satu cara paling umum untuk mengonsumsi minyak zaitun adalah dengan menggunakan minyak ini sebagai dressing salad. Kita bisa mencampurkan minyak zaitun dengan bahan-bahan lain seperti jeruk lemon, oregano, bawang putih, dan cuka untuk membuat dressing yang lezat dan sehat. Selain menambahkan rasa pada salad Anda, minyak zaitun juga memberikan manfaat kesehatan tambahan.

4. Bahan Tambahan dalam Pembuatan Cupcake

Minyak zaitun juga bisa menjadi bahan tambahan yang unik dalam pembuatan cupcake. Kita bisa mencampurkan minyak zaitun ke dalam adonan sebelum dituang ke dalam loyang cupcake. Selain memberikan rasa yang berbeda, minyak zaitun juga memberikan manfaat kesehatan tambahan pada kue yang di buat.

5. Pengganti Minyak Kelapa dalam Memasak

Kita juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak kelapa dalam memasak. Meskipun sebaiknya hanya digunakan dalam jumlah sedikit untuk menumis atau sebagai olesan memanggang, minyak zaitun dapat meningkatkan rasa masakan. Penggunaan minyak zaitun dalam masakan juga dapat membantu menghilangkan bau amis pada olahan daging.

6. Campuran dalam Sup dan Sayuran

Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai campuran dalam sup atau sayuran. Menambahkan minyak zaitun ke dalam hidangan sayur atau sup dapat memberikan rasa yang lezat dan kaya akan nutrisi. Cobalah membuat sup jamur atau sup tomat dengan tambahan minyak zaitun untuk hidangan yang hangat dan menyehatkan.

Demikianlah Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang benar untuk kesehatan, semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih.

Baca juga:

  1. Kandungan Cempedak dan Manfaat bagi Kesehatan
  2. Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur
  3. Kandungan Buah Tin dan Manfaat Bagi Kesehatan