Cempedak
Lifestyle

Kandungan Cempedak dan Manfaat bagi Kesehatan

Cempedak (Artocarpus champeden) adalah salah satu jenis buah tropis yang berasal dari Indonesia. Buah ini memiliki kemiripan dengan buah nangka namun memiliki aroma yang lebih kuat dan mirip dengan durian. Artocarpus champeden termasuk dalam keluarga Moraceae dan memiliki pohon yang tingginya dapat mencapai 15-25 meter. Buah Artocarpus champeden juga memiliki nilai gizi yang tinggi, sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Cempedak

Cempedak

Dalam setiap 100 gram buah cempedak, terdapat komposisi zat gizi sebagai berikut:

  • Energi: 165 kkal
  • Karbohidrat: 36,7 gr
  • Protein: 4,2 gr
  • Lemak: 0,1 gr
  • Kalsium: 33 mg
  • Fosfor: 200 mg
  • Zat besi: 1 mg
  • Vitamin A, B1, dan C

Manfaat Cempedak untuk Kesehatan

Berikut ini ragam manfaat cempedak untuk kesehatan dan kecantikan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Menurunkan Risiko Stroke

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, buah Artocarpus champeden dapat membantu menurunkan risiko stroke. Hasil penelitian membuktikan bahwa Antioksidan dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh, mengurangi kemungkinan terjadinya stroke.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah Artocarpus champeden kaya akan serat, yang mendukung fungsi pencernaan yang optimal. Serat membantu mencegah sembelit, mempromosikan pergerakan usus yang sehat, dan mendukung penyerapan nutrisi yang baik.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Beberapa studi menunjukan bahwa kandungan vitamin C dalam buah cempedak membantu dalam produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Kolagen membantu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit, serta mengurangi kerutan dan garis halus.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah cempedak sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga penglihatan yang baik, melindungi mata dari radikal bebas, dan mencegah gangguan mata terkait penuaan.

5. Menyehatkan Rambut

Vitamin A dalam buah cempedak membantu menjaga kesehatan rambut. Vitamin A membantu dalam produksi sebum, yang merupakan minyak alami yang menjaga rambut tetap sehat dan berkilau.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat larut dalam buah cempedak membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan mengontrol kadar kolesterol, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

7. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Hasil penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa kandungan kalsium dan fosfor dalam buah cempedak baik untuk kesehatan gigi. Kalsium dan fosfor membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan gigi yang kuat, serta mengurangi risiko kerusakan gigi dan masalah kesehatan gigi lainnya.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah Artocarpus champeden memberikan dukungan besar bagi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C meningkatkan produksi dan fungsi sel-sel kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan menjaga tubuh tetap sehat.

9. Membantu Pergerakan Usus

Serat yang terdapat pada buah cempedak berperan penting dalam menjaga kesehatan usus dan mencegah sembelit. Serat membantu melunakkan tinja dan memperlancar pergerakan usus.

10. Mengatasi Jerawat

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah cempedak membantu dalam mengatasi jerawat. Vitamin C membantu dalam penyembuhan dan regenerasi kulit, sementara antioksidan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan jerawat.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan kalium dalam buah cempedak membantu menjaga kesehatan jantung. Kalium membantu mengatur tekanan darah dan kontraksi otot jantung, mendukung fungsi jantung yang baik.

Cara Konsumsi Cempedak

Buah cempedak bisa dimakan segar atau setelah diolah. Daging buahnya dicampur dengan tepung, gula, atau garam, lalu digoreng menjadi camilan. Biji Artocarpus champeden bisa digoreng, direbus, atau dibakar sebelum dimakan. Buah Artocarpus champeden muda bisa dijadikan sayur. Di Kalimantan, kulit Artocarpus champeden juga dimakan, biasanya digoreng atau dimasak tumis menjadi mandai atau dami. Proses membuat mandai dimulai dengan mengupas kulit buah, merendamnya dalam air garam selama beberapa jam hingga sebulan, lalu digoreng hingga kecokelatan sebelum disajikan.

Demikianlah penjelasan tentang buah cempedak beserta manfaat dan cara konsumsinya, semoga informasi tersebut dapat berguna, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Pertiwi, D., Hartati, R., Julianti, E., & Fidrianny, I. (2024). Antibacterial and antioxidant activities in various parts of Artocarpus lacucha Buch. Ham. ethanolic extract. Biomedical Reports20(4), 1-11.
  2. Rosa, D., Sari, M. T., Astiti, P. K. C., Nugraheni, A., Santoso, F. C., Pranasti, E. A., & Halim, Y. (2022). Phytochemical, Antioxidant, and Antibacterial Screening of Artocarpus integer from Indonesia. GCISTEM Proceeding1, 181-185.
  3. Gopinathan, M., Yusof, Y. A., & Pui, L. P. (2020). Effects of different drying methods on the physicochemical and antioxidant content of “cempedak”(Artocarpus Integer L.) powder. Journal of Food Processing and Preservation44(12), e14966.
  4. Dahlan, D. N. A. (2019). Analysis of beta-carotene content differences in cempedak (Artocarpus champaden Lour.) jam using traditional and carbides fruit ripening methods. Food Science and Technology Journal2(2), 35-40.
  5. Riga, R., Happyana, N., & Hakim, E. H. (2019). Chemical constituents of Pestalotiopsis microspora HF 12440. Journal of Applied Pharmaceutical Science9(1), 108-124.
  6. de Almeida Lopes, M. M., de Souza, K. O., & de Oliveira Silva, E. (2018). Cempedak—Artocarpus champeden. In Exotic Fruits (pp. 121-127). Academic Press.
  7. Rahmadi, A., Sabarina, Y., & Agustin, S. (2018). Different drying temperatures modulate chemical and antioxidant properties of mandai cempedak () Artocarpus integer [version 1; referees: awaiting peer review].