Manfaat Buah Merah
Lifestyle

7 Manfaat Buah Merah Papua bagi Kesehatan

Manfaat Buah Merah – Buah Merah Papua atau dikenal juga sebagai Pandanus Conoideus adalah buah yang berasal dari Pulau Papua. Buah ini memiliki bentuk yang unik, dengan panjang buah mencapai 55 cm, diameter 10–15 cm, dan bobot 2–3 kg. Saat matang, buah merah ini berwarna merah marun terang, meskipun ada juga jenis tanaman ini yang berbuah berwarna coklat dan coklat kekuningan. Buah Merah Papua merupakan bagian penting dari kehidupan masyarakat di Papua, tidak hanya sebagai makanan tetapi juga sebagai obat tradisional.

Salah satu cara penggunaan Buah Merah Papua adalah dengan mengkonsumsinya langsung atau diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Biji dan daging buah yang telah ditumbuk bisa dicampur dengan air, lalu disaring untuk menghasilkan saus merah kental sebagai bumbu masakan. Minyak ekstrak buah merah juga digunakan sebagai penyedap makanan dan pewarna alami. Buah Merah Papua juga dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai obat tradisional, dipercaya mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Dalam buah merah, terkandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, kalori, karbohidrat, lemak sehat, dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, alfa-karoten, beta-karoten, dan zat warna antosianin. Kandungan nutrisi yang kaya ini membuat Buah Merah Papua memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Buah Merah Papua bagi Kesehatan

Manfaat Buah Merah

Berikut ini ragam manfaat buah merah papua yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Dalam sebuah penelitian, ekstrak Buah Merah Papua ditemukan mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Namun karena penelitian ini baru dilakukan pada hewan, manfaat Buah Merah Papua dalam menurunkan kolesterol jahat pada manusia masih perlu dibuktikan.

2. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Penelitian di laboratorium mengungkapkan bahwa Buah Merah Papua mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti pada kanker ovarium, kanker usus besar, dan kanker payudara. Meskipun penelitian klinis untuk membuktikan manfaat ini masih minim, namun potensinya sebagai antikanker patut diperhatikan.

3. Melawan Virus dan Bakteri

Buah Merah Papua juga diklaim mampu membantu mengobati penyakit HIV dan TBC, karena dipercaya dapat membunuh virus dan bakteri tertentu. Sayangnya, manfaat ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

4. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh produksi asam urat yang berlebihan oleh liver karena fungsi lever yang tidak optimal. Asam urat yang berlebihan ini kemudian dapat mengendap di ginjal dan membentuk batu, serta menumpuk di beberapa bagian tubuh terutama di ujung-ujung jari tangan dan kaki. Tokoferol dalam buah merah membantu mengatasi asam urat dengan mengencerkan dan meningkatkan aliran darah, sehingga membantu memperbaiki fungsi lever. Dengan fungsi lever yang membaik, produksi asam urat dapat dikurangi dan kerja jantung dapat diperbaiki. Meskipun mengonsumsi sari buah merah, penderita asam urat harus tetap menjalani diet yang tidak memicu asam urat.

5. Mengurangi Peradangan

Buah Merah Papua memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat mengurangi peradangan. Manfaat ini membuat Buah Merah Papua berpotensi untuk dijadikan obat alternatif bagi penyakit radang usus yang dapat berkembang menjadi kanker usus. Namun, belum ada penelitian ilmiah yang secara khusus membuktikan efek Buah Merah Papua dalam meredakan peradangan.

6. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Jantung berfungsi sebagai pemompa darah yang vital bagi tubuh. Ketika jantung tidak berfungsi dengan baik dan memompa darah terlalu cepat, ini dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi. Salah satu penyebab utama gejala ini adalah kekurangan oksigen dalam darah atau darah yang terlalu kental. Tekanan darah tinggi yang disertai dengan penyempitan pembuluh darah dapat meningkatkan risiko stroke. Tokoferol alami yang terdapat dalam buah merah bekerja mengencerkan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga kadar oksigen dalam darah dapat kembali normal.

7. Meningkatkan Libido

Sari buah merah dapat meningkatkan libido seksual pada pria. Percobaan terhadap 10 pria menunjukkan hasil yang beragam tergantung pada kondisi fisik masing-masing. Ada yang merasakan efek dalam 15 menit, ada yang dalam satu atau dua jam, dan ada yang tidak merasakan efek. Kandungan vitamin E yang tinggi dalam buah merah dapat meningkatkan produksi sperma, terutama pada pria yang produksinya kurang. Kombinasi vitamin E dan energi dalam buah merah ini diyakini dapat berperan sebagai afrodisiak.

Buah Merah Papua juga kaya akan beta-karoten, salah satu jenis antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Hal ini membantu memelihara kesehatan kulit, mengurangi risiko kanker, penyakit mata degenerasi makula, meningkatkan kecerdasan, dan masih banyak manfaat lainnya yang berlum terungkap.

Saat ingin mengonsumsi Buah Merah Papua, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika kamu memiliki kondisi medis tertentu. Semoga informasi tentang manfaat buah merah papua ini dapat berguna, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Soni, A., Robo, S., Vernanda, V., & Wulandari, F. (2023). Sistem Pengolahan Tradisional Buah Merah Sebagai Produk Andalan Kampung Arsbol, Mamberamo Tengah, Papua Pegunungan Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN4(3), 163-170.
  2. Aryanta, I. W. R. (2022). Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan. Widya Kesehatan4(2), 8-13.
  3. Malik, A., & Romdon, A. S. (2022). MENGENAL PANDAN BUAH MERAH DAN MANFAATNYA. Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian (JASEP)8(1), 32-43.
  4. Septyaningsih, D. (2010). Isolasi dan identifikasi komponen utama ekstrak biji buah merah (Pandanus conoideus Lamk.).
  5. Palupi, I. A., & Martosupomo, M. (2009). Buah Merah: potensi dan manfaatnya sebagai antioksidan. Indonesian Journal of Plant Medicine2(1), 142007.
  6. Parinussa, T., Rondonuwu, F. S., & Haryono, S. (2008). Profil, Kandungan Kimia dan Manfaat Buah Merah Papua (Pandanus conoideus Lam.).