Cara Menghilangkan Kutil di Tangan
Lifestyle

14 Cara Menghilangkan Kutil di Tangan Secara Alami dan Medis

Cara Menghilangkan Kutil di Tangan – Kutil di tangan bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu. Selain tidak enak dipandang, kutil juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau bahkan sakit terutama jika terus tergesek atau teriritasi. Kutil umumnya disebabkan oleh virus yang menyerang lapisan atas kulit, dan biasanya muncul dalam bentuk tonjolan kecil yang kasar dan berkelompok. Namun, jangan khawatir, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kutil di tangan, baik dengan bahan alami maupun metode medis.

Mengenal Kutil di Tangan

Kutil merupakan pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh virus HPV (human papillomavirus). Virus ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil atau retakan pada kulit. Ketika virus sudah masuk, pertumbuhan sel-sel kulit akan menjadi tidak terkendali, menyebabkan tonjolan kutil yang khas.

Kutil di tangan biasanya berwarna sama dengan warna kulit atau sedikit keabu-abuan. Mereka juga dapat terasa kasar saat disentuh. Kutil bisa muncul sendiri atau berkelompok, tergantung pada virus yang menyebabkannya. Meskipun kutil umumnya tidak berbahaya, namun penampilannya yang tidak sedap dipandang bisa menjadi masalah estetika bagi sebagian orang.

Kutil di tangan biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Tonjolan kecil, kasar, dan berwarna berbeda dari kulit sekitarnya.
  • Biasanya muncul dalam kelompok atau berkelompok.
  • Bisa menjadi nyeri atau terasa gatal jika teriritasi.

Cara Menghilangkan Kutil di Tangan Secara Alami dan Medis

Bila kamu ingin mencoba cara menghilangkan kutil di tangan secara alami, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Cuka Apel

Cuka apel dikenal memiliki sifat antimikroba alami yang dapat membantu melawan virus HPV penyebab kutil. Caranya, campurkan 2 sendok makan cuka apel dengan 1 sendok makan air, lalu oleskan larutan tersebut pada kutil dengan menggunakan kapas. Biarkan selama beberapa jam sebelum membersihkannya. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

2. Propolis Lebah

Propolis lebah memiliki sifat antivirus dan antiseptik yang dapat membantu menghilangkan kutil. Oleskan propolis pada kutil dan biarkan semalaman sebelum membersihkannya pada pagi hari. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Minyak Jarak

Minyak jarak bersifat antimikroba dan antiperadangan, sehingga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutil di tangan secara alami. Anda dapat memanfaatkan minyak jarak dengan mengoleskannya pada kutil secara rutin setiap hari selama 2 minggu atau sampai kutil hilang.

4. Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat penyembuhan yang dapat membantu menghilangkan kutil. Oleskan gel lidah buaya pada kutil dan biarkan selama beberapa jam sebelum membersihkannya.

5. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Hancurkan beberapa siung bawang putih dan oleskan pada kutil, lalu balut dengan perban. Biarkan semalaman sebelum membersihkannya.

6. Kulit Pisang

Kulit pisang mengandung enzim proteolitik yang dapat membantu menghilangkan kutil. Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada kutil dan biarkan selama beberapa jam sebelum membersihkannya.

7. Kemangi

Kemangi memiliki kandungan yang bersifat antivirus, sehingga mampu membasmi virus penyebab kutil. Hancurkan daun kemangi dan aplikasikan pada kutil di wajah. Tutup dengan perban dan lakukan setiap hari selama 1-2 minggu.

8. Madu

Madu juga dapat menjadi cara menghilangkan kutil di tangan secara alami, madu memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu menghilangkan kutil. Oleskan madu pada kutil dan tutup dengan perban. Biarkan semalaman.

9. Buah Nanas

Buah nanas mengandung asam serta enzim alami yang dapat membantu menghilangkan kutil. Oleskan buah nanas segar langsung pada kutil atau gunakan dalam bentuk jus.

Bila metode alami di atas tidak berhasil menghilangkan kutil, atau semakin mengganggu, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat merekomendasikan berbagai metode medis seperti:

10. Kauterisasi

Proses ini melibatkan penggunaan alat khusus untuk membakar atau mengeringkan kutil. Dokter akan menggunakan alat ini untuk menghilangkan kutil dengan hati-hati.

11. Penggunaan Asam Salisilat

Dikenal sebagai salah satu metode paling efektif untuk mengatasi kutil, asam salisilat bekerja dengan mengelupas lapisan kulit yang terinfeksi, sehingga kutil secara bertahap hilang. Selain itu, senyawa ini juga merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membentuk lapisan kulit baru yang sehat.

Proses kerja asam salisilat membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga kamu mungkin perlu menggunakan produk ini selama 12 minggu atau lebih untuk melihat hasil yang optimal.

12. Cryotherapy

Cryotherapy adalah teknik untuk menghilangkan kutil menggunakan nitrogen cair dengan suhu sangat rendah, yaitu minus 17,7 derajat Celsius. Suhu dingin ini bertujuan untuk membunuh virus HPV dan merusak jaringan kulit yang menjadi kutil.

Metode ini memiliki tingkat keberhasilan sekitar 50-70 persen dan efektif bagi mereka yang ingin menghilangkan kutil dengan cepat. Namun, seringkali diperlukan beberapa sesi cryotherapy, sekitar 3-4 kali, untuk menghilangkan kutil sepenuhnya.

13. Penggunaan Laser

Terapi laser digunakan sebagai langkah terakhir bila metode-metode sebelumnya tidak efektif dalam menghilangkan kutil di jari tangan dan kaki. Dalam prosedur ini, sinar laser digunakan untuk membakar jaringan kutil. Dokter juga dapat mempercepat proses ini dengan menambahkan bahan kimia seperti aminolevulinic acid.

Pada umumnya, terapi ini dapat menyebabkan rasa nyeri selama beberapa hari setelahnya, yang merupakan reaksi yang normal.

14. Lakban

Meski terdengar aneh, menggunakan lakban bisa menjadi cara menghilangkan kutil di tangan yang cukup efektif. Kamu cukup menempelkan sepotong kecil lakban tebal pada kutil, lalu diamkan selama 3 hari. Setelah lakban dilepas, rendam kutil di dalam air dan gosok dengan batu apung.

Tips untuk Mencegah Kutil Kembali Muncul

Setelah berhasil menghilangkan kutil di tangan, kamu tentu ingin mencegahnya agar tidak kembali muncul. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Hindari menyentuh kutil atau bagian tubuh yang terinfeksi kutil.
  • Jaga kebersihan tangan dan kaki.
  • Gunakan alas kaki saat berada di tempat umum, terutama di tempat yang lembab seperti kolam renang atau sauna.
  • Gunakan sandal mandi saat menggunakan kamar mandi umum atau fasilitas umum lainnya.
  • Jangan berbagi barang pribadi seperti handuk, gunting kuku, atau alat cukur dengan orang lain.

Itulah berbagai metode cara menghilangkan kutil ditangan secara alami dan medis, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Referensi

  1. Gaurav, V., Bhoi, A. K., & Mehta, N. (2023). Home remedies in dermatology. Indian Dermatology Online Journal14(6), 864-870.
  2. Mohammed, G. F., Al‐Dhubaibi, M. S., Bahaj, S. S., & Elneam, A. I. A. (2022). Systemic immunotherapy for the treatment of warts: A literature review. Journal of Cosmetic Dermatology21(11), 5532-5536.
  3. Dey, S., Hashmi, S., Saha, S., Mandal, M., Shaikh, A. R., Agrawal, E., … & Saha, S. (2021). A randomized, double-blind, placebo-controlled, pilot trial of individualized homeopathic medicines for cutaneous warts. Homeopathy110(03), 149-159.
  4. Münstedt, K. (2019). Bee products and the treatment of blister-like lesions around the mouth, skin and genitalia caused by herpes viruses—A systematic review. Complementary therapies in medicine43, 81-84.
  5. Focht III, D. R., Spicer, C., & Fairchok, M. P. (2002). The efficacy of duct tape vs cryotherapy in the treatment of verruca vulgaris (the common wart). Archives of pediatrics & adolescent medicine156(10), 971-974.