Manfaat oatmeal
Lifestyle

Kandungan Nutrisi serta 11 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

Manfaat oatmeal – Oatmeal adalah makanan yang semakin populer di kalangan pecinta gaya hidup sehat. Selain memiliki cita rasa yang lezat dan konsistensi yang lembut, oatmeal juga terkenal karena kandungan nutrisinya yang melimpah dan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Oatmeal

Kandungan Nutrisi Oatmeal

Oatmeal dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang memiliki banyak manfaat, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Namun, apakah Anda tahu apa saja kandungan yang terdapat dalam oatmeal? Banyak orang mengira bahwa oatmeal berasal dari gandum, namun sebenarnya oatmeal berbeda dengan gandum.

Biasanya, gandum diolah menjadi tepung yang digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan roti, kue, dan produk makanan lainnya. Di sisi lain, oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari biji oat atau juga dikenal dengan sebutan haver. Biji oat ini diolah dalam bentuk utuh agar serat dan lapisan kulitnya tetap terjaga.

Oatmeal adalah salah satu sumber serat yang tinggi dan juga mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Berikut adalah kandungan nutrisi dalam 100 gram oatmeal:

  • Karbohidrat: 67,7 gram
  • Protein: 13,2 gram
  • Air: 10,8 gram
  • Serat pangan: 10,1 gram
  • Lemak total: 6,52 gram
  • Asam lemak tak jenuh: 2,3 gram
  • Fosfor: 410 mg
  • Kalium: 362 mg
  • Magnesium: 138 mg
  • Kalsium: 52 mg
  • Natrium: 6 mg
  • Zat besi: 4,25 mg
  • Zinc: 3,64 mg
  • Gula: 0,99 gram
  • Vitamin E (alpha tocopherol): 0,42 mg
  • Vitamin B-6: 0,1 mg
  • Vitamin K: 2 µg
  • Energi: 379 kalori

Baca juga: 8 Manfaat Buah Bidara bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini 11 manfaat oatmeal yang telah kami sadur dari sumber-sumber terpecaya untuk kesehatan tubuh kita:

Mendukung Kadar Kolesterol Sehat

Salah satu manfaat dari oatmeal adalah meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh berkat kehadiran beta-glukan. Oatmeal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total jika seseorang mengonsumsi 3 gram atau lebih beta-glukan setiap hari.

Beta-glukan memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah, yang dikenal sebagai “kolesterol jahat,” tanpa mempengaruhi kadar “kolesterol baik.”

Menurunkan Tekanan Darah

Selain mengatur kadar kolesterol, oatmeal juga memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Oatmeal mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan produksi nitric oxide, yang berperan penting dalam pengaturan pembuluh darah dan mengurangi risiko hipertensi. Dengan demikian, oatmeal memberikan manfaat tambahan dalam menjaga tekanan darah yang sehat.

Baca juga: 16 Makanan Berprotein Tinggi untuk Kesehatan Optimal

Mengandung Antioksidan

Oatmeal kaya akan antioksidan, terutama polifenol yang mengandung senyawa nabati bernama avenanthramides. Avenanthramides ini memberikan manfaat dengan meningkatkan produksi asam nitrat, yang pada gilirannya dapat menurunkan tekanan darah.

Selain itu, avenanthramides juga dapat meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan, dan mengurangi rasa gatal pada tubuh. Dengan demikian, oatmeal memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan dengan dukungan senyawa avenanthramides yang tinggi.

Sebagai Sumber Energi

Oatmeal adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, yang dapat memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat dalam oatmeal diserap secara perlahan oleh tubuh, sehingga memberikan pasokan energi yang berkelanjutan tanpa meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

Selain itu, oatmeal juga kaya akan vitamin B yang berperan penting dalam proses metabolisme energi. Dengan demikian, oatmeal memberikan manfaat sebagai sumber energi yang tahan lama dan mendukung proses metabolisme tubuh.

Baca juga: 8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Mengelola Berat Badan

Oatmeal memiliki kandungan serat larut yang tinggi, yang membuat seseorang merasa kenyang lebih cepat setelah mengonsumsinya. Rasa kenyang ini dapat membantu mengurangi porsi makan dan mencapai tujuan penurunan berat badan.

Dengan mengonsumsi oatmeal, seseorang dapat merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan. Ini merupakan manfaat yang signifikan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga pola makan yang sehat.

Melembabkan Kulit

Selain digunakan sebagai makanan, oatmeal juga sering diolah menjadi produk perawatan kulit seperti sabun, masker, atau lulur pencerah kulit. Khasiat oatmeal dalam mencerahkan kulit telah diketahui secara luas. Anda juga dapat membuat masker alami oatmeal di rumah dengan mencampurkan bubuk oat dan susu.

Namun, sebelum menggunakannya, disarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit masker alami tersebut ke kulit dan tunggu beberapa saat. Jika ada tanda-tanda alergi atau iritasi, disarankan mencari alternatif masker lain.

Meningkatkan Respon Insulin

Oatmeal mengandung serat larut yang dikenal sebagai beta-glukan, yang dapat membantu meningkatkan respons insulin dan mungkin juga mengurangi kadar gula darah. Individu yang menderita diabetes tipe 2 mungkin mendapatkan manfaat dengan mengonsumsi oatmeal.

Ini dapat membantu mereka dalam mengatur kadar gula darah, asalkan mereka tidak menambahkan gula tambahan ke dalam makanannya. Bagi penderita diabetes tipe 2, oatmeal dapat memiliki efek positif pada pengendalian gula darah.

Baca juga: Diet 1 Hari Turun 2 Kg Tanpa Olahraga: Apakah Mungkin?

Mengatasi Jerawat

Oatmeal juga memiliki manfaat untuk perawatan wajah, terutama dalam mengatasi jerawat. Kandungan zinc di dalam oatmeal dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan. Namun, manfaat ini masih menjadi perdebatan terutama pada kulit yang sensitif.

Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan oatmeal sebagai perawatan wajah, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif. Dokter kulit akan memberikan saran terbaik yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Mengurangi Resiko Asma

Asma adalah kondisi yang sering terjadi pada masa kanak-kanak. Beberapa makanan dapat menjadi faktor risiko dalam perkembangan masalah asma, namun oatmeal merupakan salah satu makanan yang dapat membantu mengurangi risiko asma.

Baca juga: 10 Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Tanpa Gangguan

Melembabkan Kulit

Salah satu manfaat oatmeal untuk kulit adalah sebagai pelembap alami. Kandungan beta-glukan dalam oatmeal dapat membantu menjaga lapisan kulit terluar, juga memberikan nutrisi yang mendalam ke dalam kulit. Hal ini membuat oatmeal mampu memberikan kelembapan yang lebih lama bagi kulit. Dengan menggunakan oatmeal, kulit dapat tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya secara alami.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan beta-glukan dalam oatmeal memiliki sifat yang dapat membentuk gel ketika tercampur dengan air. Gel ini dapat melapisi perut dan saluran pencernaan.

Lapisan ini memberikan makanan bagi bakteri baik yang ada di dalam usus dan mendorong pertumbuhan mereka, sehingga berkontribusi pada kesehatan usus. Ini adalah salah satu manfaat lain dari oatmeal yang berkontribusi pada kesehatan sistem pencernaan.

Baca juga: 9 Cara Agar Kulit Putih Permanen yang Mempesona

Efek Samping Oatmeal jika Dikomsumsi secara Berlebihan

Ternyata selain banyak manfaatnya, oatmeal mempunyai efek samping jika di komsumsi secara berlebihan.

Meningkatkan Berat Badan

Mengonsumsi oatmeal bisa berkontribusi pada peningkatan berat badan. Apabila oatmeal dikonsumsi bersama buah-buahan atau biji-bijian yang mengandung kalori dan protein tinggi, maka ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Contohnya, kacang almond, walnut, buah kering seperti kurma dan aprikot, serta madu. Bahan-bahan bergizi dan tinggi kalori ini dapat meningkatkan total asupan kalori harian, yang pada gilirannya membantu menciptakan surplus kalori yang diperlukan untuk meningkatkan berat badan.

Tentu saja, hal ini mungkin tidak menjadi masalah bagi mereka yang sedang berusaha meningkatkan berat badan. Namun, bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan, disarankan untuk mengonsumsi oatmeal dalam porsi yang cukup saja.

Menyebabkan Kembung

Oatmeal memiliki kandungan serat, glukosa, dan pati yang cukup tinggi. Komponen ini dapat diuraikan oleh bakteri dalam usus dan menyebabkan produksi gas atau perut kembung. Bagi mereka yang baru saja mulai mengenal oatmeal, ini bisa menyebabkan sensasi kembung, oleh karena itu disarankan untuk memulai dengan porsi kecil terlebih dahulu.

Berbahaya untuk Penderita Diabetes

Bagi individu yang memiliki risiko atau menderita penyakit diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi oatmeal. Hal ini disebabkan oleh kemampuan oatmeal untuk meningkatkan kadar gula darah. Terutama pada varian oatmeal instan yang mengandung tambahan gula, konsumsi berlebihan dalam satu kali makan dapat menjadi risiko yang serius.

Untuk mengurangi risiko ini, Anda dapat menyantap oatmeal dengan menambahkan potongan buah-buahan favorit. Misalnya, beri-berian, pisang, stroberi, anggur, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi dampak kenaikan gula darah dan tetap menikmati manfaat oatmeal.

Mengandung Gluten

Ada individu yang dapat mengonsumsi makanan mengandung gluten, namun ada juga yang tidak dianjurkan melakukannya. Walaupun tidak semua jenis produk oatmeal mengandung gluten, tetapi ternyata beberapa di antaranya mengandung zat tersebut. Hal ini disebabkan oleh protein gluten yang memiliki potensi risiko kesehatan bagi sebagian orang apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Gluten dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada sejumlah individu karena struktur asam amino yang unik mampu menghambat aktivitas enzim pencernaan di usus.

Kesimpulan

Dengan kandungan serat, vitamin, mineral, dan senyawa bioaktifnya, oatmeal dapat membantu menjaga kolesterol sehat, mengatur berat badan, meningkatkan kesehatan pencernaan, mengontrol gula darah, dan melindungi tubuh dari penyakit kronis.

Tambahkan oatmeal ke dalam menu sarapan Anda dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Tetaplah konsisten dengan gaya hidup sehat dan penuhi kebutuhan gizi Anda secara seimbang.

Semoga informasi tentang manfaat oatmeal untuk kesehatan ini dapat berguna, terimakasih.

Referensi

  1. Anderson JW, Baird P, Davis RH Jr, et al. Health benefits of dietary fiber. Nutr Rev. 2009;67(4):188-205. doi:10.1111/j.1753-4887.2009.00189.x
  2. Chen J, Raymond K. Beta-glucans in the treatment of diabetes and associated cardiovascular risks. Vasc Health Risk Manag. 2008;4(6):1265-1272. doi:10.2147/vhrm.s4420
  3. Katcher HI, Legro RS, Kunselman AR, et al. The effects of a whole grain-enriched hypocaloric diet on cardiovascular disease risk factors in men and women with metabolic syndrome. Am J Clin Nutr. 2008;87(1):79-90. doi:10.1093/ajcn/87.1.79
  4. Reyna-Villasmil N, Bermúdez-Pirela V, Mengual-Moreno E, et al. Oat-derived beta-glucan significantly improves HDLC and diminishes LDLC and non-HDL cholesterol in overweight individuals with mild hypercholesterolemia. Am J Ther. 2007;14(2):203-212. doi:10.1097/01.mjt.0000209409.64761.3b
  5. Rondanelli M, Opizzi A, Monteferrario F, et al. The biological activity of beta-glucans. Minerva Med. 2009;100(3):237-245.
  6. Wani SM, Kumar P, Bhat RS, Bamezai RNK. β-Glucan: Promising adjuvant in experimental vaccine research. Indian J Exp Biol. 2007;45(9):703-711.