Manfaat Susu Kurma
Lifestyle

11 Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Susu kurma adalah minuman yang terbuat dari campuran susu cair dan kurma segar yang dicampur dan kemudian dihaluskan. Rasanya yang gurih, creamy, dan manis membuat susu kurma banyak digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Meskipun demikian, kehadiran susu kurma masih jarang terlihat di kedai minuman atau kafe. Padahal, jika Anda tahu apa saja manfaat minum susu kurma yang baik untuk tubuh, hal tersebut bisa menjadi peluang bagi usaha Anda.

Manfaat Susu Kurma yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat dari susu kurma yang dirangkum dari beberapa sumber ilmiah.

1. Mencegah penyakit kanker

Beberapa penelitian yang dipublikasikan mengungkapkan bahwa antioksidan yang terkandung dalam susu kurma juga bisa membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Radikal bebas ini bisa mengubah sel normal dalam tubuh menjadi sel kanker. Dengan mengonsumsi susu kurma secara teratur, maka risiko terkena kanker bisa berkurang.

2. Membantu meningkatkan kesehatan otak

Antioksidan yang terkandung dalam susu kurma dikenal sebagai gizi yang membantu mencegah peradangan (inflamasi) dalam tubuh. Inflamasi ini dapat terjadi di bagian tubuh manapun, termasuk otak. Apabila inflamasi dalam otak ini dibiarkan, maka risiko terkena Alzheimer akan semakin tinggi. Antioksidan dalam buah kurma terbukti secara ilmiah dapat mencegah timbulnya penyebab inflamasi dalam otak, seperti interleukin 6. Selain itu, konsumsi buah ini juga disebut dapat mengurangi jumlah beta protein yang dapat menjadi plak dalam otak. Plak dalam otak ini bisa mencegah komunikasi antar sel otak.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan menggabungkan susu dan kurma, maka kandungan yang terdapat di dalamnya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem imun. Hal ini akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

4. Baik untuk Jantung

Perpaduan antara susu dan kurma dapat bermanfaat dalam membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan susu dan kurma memiliki kandungan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah agar lebih stabil. Tidak hanya itu, serat yang ada pada kurma juga bisa menjaga jantung tetap sehat.

5. Menjadi ASI Booster

Setelah proses persalinan, seorang ibu perlu menyusui anaknya. Dalam proses pemberian ASI ini, jumlah ASI adalah hal yang sangat penting. Dalam hal ini, susu kurma bisa menjadi ASI booster dengan dua cara, yaitu:

  • Mencegah penurunan prolaktin. Prolaktin adalah hormon yang dibutuhkan oleh ibu menyusui untuk meningkatkan jumlah ASI.
  • Kandungan tryptophan dalam susu kurma dipercaya dapat meningkatkan serotonin. Tryptophan adalah jenis asam amino yang dibutuhkan oleh bayi untuk membentuk dan memelihara organ-organ penting dalam tubuh. Bagi ibu menyusui, jenis asam amino ini juga dibutuhkan untuk meningkatkan serotonin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan mood kebahagiaan dan menurunkan stres. Jika si ibu menyusui tidak stres dan tetap bahagia, maka dia bisa memberikan ASI dalam jumlah banyak untuk si kecil.

6. Dapat Meringankan Sembelit

Beberapa studi membuktikan, susu kurma memiliki indeks glikemik yang rendah karena buah pelancar BAB ini mengandung banyak serat. Serat yang susah dicerna dapat mencegah kenaikan kadar gula dalam darah untuk meningkat dengan cepat. Selain itu, serat yang susah dicerna juga dapat menahan air dan mendorong pembentukan kotoran dalam tubuh. Kotoran yang menumpuk dalam tubuh ini lambat laun akan membuat perut terasa mulas dan mendorong buang air besar.

7. Menghilangkan Tanda-tanda Penuaan

Mengonsumsi susu kurma juga diyakini bisa menghilangkan tanda-tanda penuaan pada seseorang. Manfaat ini berasal dari senyawa antioksidan yang terkandung pada kurma. Antioksidan inilah yang bisa membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan pada kulit. Selain itu, kurma juga diyakini bisa menenangkan dan meregenerasi kulit dengan baik.

8. Dapat Memperkuat Tulang

Susu dan kurma kaya akan kandungan kalsium, dan kurma juga memiliki kandungan selenium, tembaga, dan magnesium yang dapat memperkuat tulang. Tidak hanya tulang saja, susu dan kurma juga bisa membuat gigi Anda menjadi lebih kuat. Kalsium dan magnesium yang ada pada kurma, bekerja sebagai pendorong agar tulang menjadi lebih kuat. Selain itu, tubuh manusia juga mengeluarkan kalsium setiap hari dan membutuhkan yang baru untuk menggantikan kalsium yang telah dikeluarkan sebelumnya.

9. Meningkatkan Stamina

Mengonsumsi susu kurma juga dipercaya dapat meningkatkan stamina. Studi ilmiah menunjukan bahwa dalam 100 gram buah kurma dapat memberikan sekitar 15% dari total energi harian yang direkomendasikan, sementara susu dapat memberikan sekitar 9,1% dari total energi harian. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa susu kurma bisa memiliki peranan sebagai asupan yang bisa meningkatkan stamina.

10. Mengatasi Anemia

Susu kurma dipercaya dapat mengatasi anemia. Hal ini dikarenakan susu kurma kaya akan zat besi. Anemia ini disebabkan karena kekurangan sel darah merah, sehingga membuat jaringan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Susu kurma ini dipercaya bisa mengatasi hal tersebut karena kaya akan zat besi, sehingga bisa membantu tubuh meningkatkan produksi hemoglobin.

11. Membantu menurunkan tekanan darah

Sebagai salah satu makanan khas Qatar yang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Terdapat kandungan magnesium dan kalium dalam buah kurma dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kedua mineral tersebut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol yang menempel dan tersebar di pembuluh darah, sehingga darah bisa mengalir lebih lancar. Oleh karena itu, tidak heran jika kurma maupun olahannya dapat dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

Dari berbagai manfaat susu kurma yang telah dijelaskan di atas, sangat disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin. Namun, kamu juga perlu mengingat bahwa susu kurma juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga bagi mereka yang memiliki masalah dengan kadar gula darah perlu mengontrol konsumsinya dengan berkonsultasi ke dokter atau ahli kesehatan. Semoga informasi tentang manfaat susu kurma untuk kesehatan ini dapat berguna, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Gunawan, W., Sartika, R. A. D., Wirawan, F., & Putri, P. N. (2024). Determinants of cessation of exclusive breastfeeding in the early postnatal period in Indonesia. AcTion: Aceh Nutrition Journal9(1), 1-11.
  2. Abidin, Z., & Rahmawati, R. (2023). Produksi sukaku (susu kacang kurma) sebagai nutrisi dalam pencegahan stunting di desa Borisallo, Gowa. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat4(1), 280-289.
  3. Fuziawatie, A. S. (2021). susu steril kurma minuman sehat untuk masa pandemi Covid-19: studi takhrij dan syarah hadis pendekatan bidang kesehatan. Jurnal Riset Agama1(1), 209-222.
  4. Mutiah, C., & Veri, N. (2020). EDUKASI MANFAAT JUS KURMA (DACTILIFERA PHOENIX) BAGI IBU HAMIL ATERM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo2(1), 144-149.
  5. Marsha, A., Khairani, D., & Faradisy, D. T. (2020, October). PELATIHAN PEMBUATAN SUSU KURMA DI PANTI ASUHAN DOMPET YATIM DHUAFA REMPOA. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).