Manfaat Olahraga
Lifestyle

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh dan Kualitas Hidup

Olahraga adalah aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang. Aktivitas ini tidak hanya memberikan kesenangan dan menyegarkan pikiran, tetapi juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh dan Kualitas Hidup

Berikut ragam manfaat olahraga bagi tubuh dan kualita hidup kita yang dirangkum dari berbagai sumber ilmiah.

1. Merangsang Pertumbuhan Ideal

Saat berolahraga, kalori dalam tubuh akan terbakar lebih optimal. Kalori yang ada dalam tubuh akan diproses menjadi energi secara keseluruhan, tanpa ada yang tersisa dan berpotensi menimbulkan tumpukan lemak tubuh. Tubuh mendapatkan suplai nutrisi yang cukup untuk melancarkan proses pertumbuhan dan perkembangan secara ideal.

2. Menjauhkan dari Beragam Penyakit

Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Saat berolahraga, tubuh akan lebih bebas bergerak. Hal ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya, tubuh menjadi lebih sehat dan kuat, serta enggak mudah terserang penyakit.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit bisa dipengaruhi oleh jumlah stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif terjadi ketika pertahanan antioksidan tubuh tidak bisa sepenuhnya memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada sel. Hal ini bisa merusak struktur internal dan merusak kulit kamu. Beberapa hasil studi ilmiah menyebutkan, dengan melakukan olahraga secara teratur, produksi antioksidan alami dalam tubuh akan meningkat yang dapat membantu melindungi sel. Selain itu, olahraga juga bisa menstimulasi aliran darah dan menginduksi adaptasi sel kulit yang bisa membantu menunda penuaan kulit.

4. Membuat Tubuh Lebih Tegap

Berolahraga membuat semua bagian tubuh bergerak, sehingga bisa meningkatkan fleksibilitas. Otot tubuh juga menjadi lebih elastis dan tidak kaku. Bagi anak-anak, olahraga amat penting untuk menunjang perkembangan postur tubuhnya. Anak yang rutin berolahraga sejak kecil akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk saat berjalan.

5. Meningkatkan Kualitas Hidup

Selain untuk meningkatkan kesehatan fisik, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Memperbaiki Suasana Hati

Saat suasana hati sedang buruk atau sedang merasa stres, berjalan cepat selama 30 menit atau berlatih di pusat kebugaran dapat memperbaiki suasana hati. Berolahraga diketahui dapat menstimulasi suatu zat kimia pada otak yang membuat suasana hati lebih bahagia dan santai.

Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Olahraga yang dilakukan secara teratur juga dapat membuat lebih percaya diri terhadap penampilan diri sendiri.

Mengatasi Stress

Penelitian terhadap efek psikologis dari olahraga mengungkapkan bahwa aktivitas tersebut dapat mengurangi depresi dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres. Bila stres terkendali dengan baik, tubuh juga akan terlindungi dari berbagai macam gangguan, mulai dari sakit kepala, maag, buang air besar tidak lancar hingga gangguan kardiovaskular.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Olahraga teratur dapat membantu tubuh untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. Namun hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

Menikmati Waktu Menyenangkan

Olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang dengan menyenangkan.

Berapa Banyak Waktu Olahraga yang Dibutuhkan?

Penelitian tahun 2022 yang dipublikasikan oleh Jurnal Health Sains, menunjukkan bahwa berjalan cepat selama 1-2 jam per minggu atau sekitar 15-20 menit per hari akan menurunkan risiko berbagai penyakit.

Secara umum, orang dewasa berusia 19-64 tahun membutuhkan dua jenis olahraga, yaitu latihan aerobik dan latihan untuk kekuatan otot. Total waktu olahraga yang dibutuhkan adalah sekitar 150 menit per minggu. Olahraga adalah sebuah aktivitas fisik yang sangat sehat dan penting untuk dilakukan secara rutin. Meskipun berada di tengah himpitan kesibukan, olahraga/aktivitas fisik ringan tetap harus dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa olahraga merupakan sebuah kegiatan yang melelahkan, namun dibalik itu semua, manfaat olahraga dapat dirasakan oleh tubuh, seperti membentuk kekuatan serta kesehatan tubuh.

Semoga informasi tentang manfaat olahraga bagi tubuh dan kualitas hidup ini dapat berguna untuk kita semua, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Foris, M. S., Damay, V. A., & Anggraini, D. N. (2022). Pengaruh Intervensi Edukasi Terhadap Pemahaman Berolahraga pada Masyarakat Indonesia Berusia 18 Sampai 64 Tahun. Jurnal Health Sains3(5), 660-670.
  2. Arisjulyanto, D., Ikhtiar, R. W., & Akbar, M. (2022). Application Of Health Promoting University To Students’ Knowledge About The Importance Of Physical Activity. Jurnal EduHealth13(02), 694-698.
  3. Foris, M. S. (2021). Pengaruh Intervensi Edukasi terhadap Pemahaman Masyarakat Indonesia berusia 18 sampai 64 Tahun (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).
  4. Lontoh, S. O., & Graciela, Y. (2021). Penerapan Hidup Sehat Melalui Penyuluhan Olahraga Dalam Kehidupan Sehari Hari. Prosiding SENAPENMAS, 465-470.