Manfaat Kurma Ajwa
Lifestyle

13 Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan

Manfaat Kurma Ajwa – Kurma, buah yang identik dengan bulan suci Ramadan, memiliki banyak varietas. Di antara sekian banyak jenis kurma, kurma ajwa memegang tempat spesial. Disebut sebagai “kurma nabi”, kurma ajwa tak hanya memiliki rasa yang manis legit dan tekstur yang lembut, tetapi juga menyimpan segudang manfaat kesehatan.

Ditilik dari sejarahnya, kurma ajwa sudah dikonsumsi sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Bahkan, hadis Riyadhus Shalihin menyebutkan anjuran Rasulullah untuk mengonsumsi kurma ajwa setiap pagi, jika mampu. Hal ini tentu menjadi indikasi kuat bahwa kurma ajwa tak hanya memiliki kenikmatan rasa, tetapi juga kebaikan untuk kesehatan.

Kandungan Kurma ajwa

Manfaat Kurma Ajwa

Dalam setiap 100 gram kurma Ajwa, terdapat sekitar 275 kalori dan 65 gram gula. Namun, jangan salah, kurma Ajwa juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, tembaga, dan kalium. Tak hanya itu, kurma Ajwa juga kaya akan antioksidan, seperti polifenol dan antosianin, yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah kering lainnya.

Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan

Berikut ini ragam manfaat Kurma Ajwa untuk kesehatan yang dirangkumdari beberapa sumber ilmiah.

1. Membantu Proses Persalinan

Wanita hamil yang akan melahirkan membutuhkan asupan makanan yang tinggi gula karena kontraksi otot rahim yang dibutuhkan saat proses persalinan. Beberapa penelitian menunjukan bahwa kandungan gula dan vitamin B1 dalam kurma sangat bermanfaat untuk mengatur kontraksi rahim dan memastikan aliran darah yang tepat ke jantung saat darah dipompa ke pembuluh darah.

2. Menambah Jumlah ASI

Studi ilmiah tahun 2021 yang dipublikasikan oleh Journal of Global Research in Public Health mengungkapkan bahwa Kurma Ajwa telah terkenal sebagai ASI booster karena mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang mendukung produksi ASI. Selain itu, kurma Ajwa juga dapat merangsang produksi hormon oksitosin dan prolaktin yang penting untuk produksi ASI.

3. Mengatasi Sembelit

Kurma Ajwa kaya akan serat, prebiotik, dan antioksidan polifenol yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Konsumsi kurma Ajwa bersama dengan makanan tinggi serat lainnya dapat membantu mengatasi sembelit.

4. Menyehatkan Otak

Sebuah penelitian ilmiah yang dipublikasikan oleh Journal of Pharmacy and Bioallied Sciences menunjukan bahwa kandungan antioksidan dalam kurma ajwa dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan menjaga aliran darah ke otak tetap lancar, serta memelihara sel saraf yang berfungsi untuk mengontrol daya ingat dan fokus, sehingga dapat mencegah pikun.

5. Menambah Energi

Kandungan gula dan kalori yang tinggi dalam kurma Ajwa membuatnya menjadi sumber energi yang baik selama berpuasa. Selain itu, serat tinggi dalam kurma Ajwa juga dapat membuat tubuh kenyang lebih lama, membantu mengatur nafsu makan, dan menjaga energi selama berpuasa.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Penelitian ilmiah tahun 2023 yang dipublikasikan oleh Emirates Journal of Food and Agriculture mengungkapkan bahwa kurma ajwa mengandung mineral penting untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, magnesium, dan fosfor. Konsumsi kurma ajwa secara rutin dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

7. Memperkuat Imunitas Tubuh

Kurma Ajwa mengandung antioksidan, seperti antosianin dan polifenol, yang dapat meredakan peradangan dan meningkatkan kinerja daya tahan tubuh dalam melawan kuman dan virus penyebab penyakit. Sebuah studi ilmiah yang dipublikasikan oleh In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science mengungkapkan bahwa kandungan vitamin A, vitamin C, dan zinc dalam kurma Ajwa juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Meskipun rasanya manis, kurma Ajwa dapat membantu mengendalikan kadar gula darah berkat senyawa polifenolnya yang mencegah lonjakan kadar gula darah setelah makan. Sebuah studi ilmiah yang dipublikasikan oleh Trends in Food Science & Technology pada tahun 2020 mengungkapkan bahwa konsumsi rutin Kurma Ajwa dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes.

9. Mencegah Anemia

Seorang peneliti ilmiah yang bernama Saputri, et.all, tahun 2021 membuktikan bahwa kandungan zat besi dalam kurma ajwa dapat membantu mencegah anemia. Zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

10. Mencegah Penyakit Kronis

Kandungan antioksidan tertinggi dalam kurma Ajwa dapat melawan radikal bebas berlebih, yang dapat merusak sel-sel tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

11. Menurunkan Kolesterol

Senyawa phytosterol dalam kurma Ajwa dapat mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

12. Menjaga Kesehatan Kulit

Kurma ajwa kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Konsumsi kurma ajwa secara rutin dapat membantu mencegah penuaan dini dan membuat kulit tampak lebih cerah.

13. Menjaga Kesehatan Mata

Sebuah studi ilmiah yang dipublikasikan oleh Curr Trends Nutraceuticals mengungkapkan bahwa Kurma ajwa kaya akan vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Konsumsi kurma ajwa secara rutin dapat membantu mencegah penyakit mata seperti rabun senja dan katarak.

Cara Mengonsumsi Kurma Ajwa

Kurma Ajwa dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus, smoothies, atau air nabeez. Namun, karena kandungan gulanya yang tinggi, disarankan untuk mengonsumsi kurma Ajwa secukupnya agar manfaatnya dapat maksimal. berikut ini tips mengkonsumsi Kurma Ajwa:

  • Konsumsi kurma ajwa secukupnya, 2-3 butir per hari sudah cukup.
  • Pilih kurma ajwa yang berwarna cokelat kehitaman dan teksturnya lembut.
  • Simpan kurma ajwa di tempat yang sejuk dan kering.

Demikianlah ulasan tentang manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan, semoga informasi ini dapat berguna ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Alsarayrah, N. A., Oma, E. A., Alsanad, S. M., Arsad, H., Abudahash, M. M., ALEnazi, F. K., & Alenzi, N. D. (2023). The health values of Phoenix dactylifera (dates): A review. Emirates Journal of Food and Agriculture1, 1-16.
  2. Oluyele, O., Oladunmoye, M. K., & Ogundare, A. O. (2022). Antioxidant potential of essential oil from Phoenix dactylifera (L.) seed. GSC Biological and Pharmaceutical Sciences19(2), 014-022.
  3. Dewi, R. K., Afifi, D. N., Awatiszahro, A., & Yulianti, D. (2021). The Effect of Dates (Phoenix dactylifera) on Breast Milk Production in Post Partum Mother Day 3-9. Journal of Global Research in Public Health6(1), 52-55.
  4. Prabhakaran, S. (2021). In Vitro and In Vivo studies on Anti-Cataract Activity of Phoenix Dactylifera L., Seed against Naphthalene Induced Cataractogenesis in Rats (Doctoral dissertation, Nandha College of Pharmacy, Erode).
  5. Saputri, R. D., Usman, A. N., Widaningsih, Y., Jafar, N., Ahmad, M., Ramadhani, S., & Dirpan, A. (2021). Date palm (Phoenix dactylifera) consumption as a nutrition source for mild anemia. Gaceta Sanitaria35, S271-S274.
  6. Younas, A., Naqvi, S. A., Khan, M. R., Shabbir, M. A., Jatoi, M. A., Anwar, F., … & Aadil, R. M. (2020). Functional food and nutra‐pharmaceutical perspectives of date (Phoenix dactylifera L.) fruit. Journal of food biochemistry44(9), e13332.
  7. Echegaray, N., Pateiro, M., Gullón, B., Amarowicz, R., Misihairabgwi, J. M., & Lorenzo, J. M. (2020). Phoenix dactylifera products in human health–A review. Trends in Food Science & Technology105, 238-250.
  8. Radfar, R., Farhoodi, M., Ghasemi, I., Khaneghah, A. M., Shahraz, F., & Hosseini, H. (2019). Assessment of phenolic contents and antioxidant and antibacterial activities of extracts from four varieties of Iranian date Palm (Phoenix dactylifera L.) seeds. Applied food biotechnology6(3), 173-184.
  9. Al-Shwyeh, H. A. (2019). Date palm (Phoenix dactylifera L.) fruit as potential antioxidant and antimicrobial agents. Journal of Pharmacy and Bioallied Sciences11(1), 1-11.
  10. Dardjito, E., Proverawati, A., Sumeru, A., Setiyani, R., Upoyo, A. S., & Kamaludin, R. (2019, March). Date seeds (Phoenix dactylifera L.) consumption as anti-inflammatory and immunostimulant: a systematic review. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 250, No. 1, p. 012038). IOP Publishing.
  11. El-Far, A. H., Shaheen, H. M., Abdel-Daim, M. M., Al Jaouni, S. K., & Mousa, S. A. (2016). Date palm (Phoenix dactylifera): protection and remedy food. Curr Trends Nutraceuticals1(2), 1-10.