Manfaat Jelly Gamat
Lifestyle

10 Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan

Manfaat Jelly Gamat – Jelly gamat, mungkin bagi sebagian orang terdengar asing. Namun, siapa sangka bahwa di balik namanya yang unik, terdapat rahasia kesehatan tersembunyi dari laut yang begitu luar biasa. Jelly gamat adalah produk alami yang berasal dari ekstrak teripang, atau yang lebih dikenal sebagai timun laut. Teripang emas, salah satu jenis teripang yang sering digunakan untuk diolah menjadi jelly gamat, telah lama dikenal sebagai obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Nutrisi Teripang Emas

Teripang emas, atau gamat, adalah hewan laut yang tidak bertulang belakang dan bertubuh panjang. Hewan ini umumnya ditemukan di daerah Asia Pasifik, terutama di perairan hangat. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa teripang mengandung nutrisi yang sangat beragam dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di antara nutrisi-nutrisi tersebut adalah vitamin A, vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan B3 (niacin). Selain itu, teripang juga kaya akan mineral-mineral seperti zat besi, seng, magnesium, dan kalsium.

Dalam dinding tubuh teripang, terdapat juga berbagai jenis protein seperti glisin, alanin, asam glutamate, dan arginin. Kandungan nutrisi yang melimpah dalam teripang emas membuatnya menjadi bahan alami yang sangat berharga dalam dunia pengobatan tradisional.

Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan

Berikut ini 10 manfaat jelly gamat untuk kesehatan tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Studi telah menunjukkan bahwa teripang emas dapat mengontrol tingkat oksidasi yang dapat mengganggu kinerja ginjal. Hal ini membuat jelly gamat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang mengalami gangguan fungsi ginjal.

2. Melawan HIV dan Herpes Simpleks

Ekstrak teripang memiliki sifat antivirus yang dapat melawan virus HIV dan herpes simpleks. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa zat-zat aktif dalam teripang, seperti glikosida triterpenoid dan berbagai enzim, dapat melindungi jaringan saraf dan mengurangi rasa sakit akibat infeksi virus.

3. Mengatasi Nyeri Sendi

Beberapa studi membuktikan bahwa kondroitin sulfat dalam jelly gamat berfungsi sebagai pelumas sendi, sehingga dapat membantu mengatasi nyeri pada sendi. Hal ini membuat jelly gamat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang menderita masalah pada sendi.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan asam amino dalam teripang emas diyakini dapat melindungi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berbagai protein yang terdapat dalam dinding tubuh teripang, seperti glisin, alanin, asam glutamate, dan arginin, berperan penting dalam mengatur sistem kekebalan tubuh.

5. Mencegah Diabetes

Kandungan protein dalam teripang emas diyakini mampu mengontrol gula darah di dalam tubuh. Hal ini membuat jelly gamat menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

6. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Salah satu manfaat utama jelly gamat adalah kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian ilmiah yang dipublikasikan oleh Marine drugs menyebutkan bahwa teripang mengandung komponen-komponen yang dianggap efektif melawan tumor dan kanker, seperti desholothurin A dan zat antitumor lainnya. Zat aktif antitumor ini bekerja dengan cara menghambat proses pertumbuhan sel kanker.

7. Menurunkan Kolesterol

Kandungan lemak sehat dalam teripang emas diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol yang berlebih dalam tubuh dapat menjadi penyebab berbagai penyakit, sehingga menjaga kadar kolesterol dalam batas normal sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Jelly gamat juga terkenal akan kemampuannya dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Penelitian membuktikan bahwa kolagen yang terkandung dalam teripang emas merupakan zat pembentuk lapisan kulit, sedangkan asam lemak tak jenuhnya membantu dalam menumbuhkan jaringan tubuh saat terjadi luka.

9. Mencegah Keriput Kulit

Zat peptida yang terkandung dalam jelly gamat dapat membantu melunakkan jaringan kulit dan mencegah timbulnya keriput. Ini karena peptida mengandung kolagen yang berfungsi untuk melembutkan jaringan kulit dan menjaga kulit terhindar dari kerusakan.

10. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Teripang mengandung zat aktif antikoagulan yang dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Selain itu, teripang juga memiliki dampak positif dalam memelihara kesehatan pembuluh darah jantung, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan jantung.

Demikianlah ulasan tentang manfaat jelly gamat untuk kesehatan, semoga informasi ini dapat berguna ya, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Hossain, A., Senadheera, T. R., Dave, D., & Shahidi, F. (2023). Phenolic profiles of Atlantic sea cucumber (Cucumaria frondosa) tentacles and their biological properties. Food Research International163, 112262.
  2. Hossain, A., Dave, D., & Shahidi, F. (2023). Sulfated polysaccharides in sea cucumbers and their biological properties: A review. International Journal of Biological Macromolecules, 127329.
  3. Hossain, A., Dave, D., & Shahidi, F. (2022). Antioxidant potential of sea cucumbers and their beneficial effects on human health. Marine Drugs20(8), 521.
  4. Lu, Z., Sun, N., Dong, L., Gao, Y., & Lin, S. (2022). Production of bioactive peptides from sea cucumber and its potential health benefits: A comprehensive review. Journal of Agricultural and Food Chemistry70(25), 7607-7625.
  5. Hossain, A., Dave, D., & Shahidi, F. (2020). Northern sea cucumber (Cucumaria frondosa): A potential candidate for functional food, nutraceutical, and pharmaceutical sector. Marine Drugs18(5), 274.
  6. Janakiram, N. B., Mohammed, A., & Rao, C. V. (2015). Sea cucumbers metabolites as potent anti-cancer agents. Marine drugs13(5), 2909-2923.