Pantai Ratu Sigindo Kuning
Sumatera

Pantai Ratu Sigindo Kuning: Rute, Biaya Masuk, dan Daya Tarik

Pantai Ratu Sigindo Kuning merupakan sebuah tempat yang unik di dunia pariwisata Indonesia. Jika Anda membayangkan pantai sebagai pasir putih di pinggir laut yang terhampar luas, maka tempat ini akan mempertanyakan ekspektasi Anda. Pantai ini tidak terletak di tepi lautan, melainkan berada di tepian Danau Kerinci yang legendaris. Terletak di Koto Tengah Seleman, Kabupaten Kerinci, Jambi, Pantai Ratu Sigindo Kuning menjadi salah satu destinasi wisata yang semakin populer. Pantai tersebut saat ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.

Pantai Ratu Sigindo Kuning

Berikut informasi terkait Pantai Ratu Sigindo Kuning.

Rute Menuju Pantai Ratu Sigindo Kuning

Untuk mencapai Pantai Ratu Sigindo Kuning dari pusat Kota Sungai Penuh, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 14 kilometer atau sekitar 30 menit perjalanan. Aksesibilitasnya mudah, baik dengan kendaraan pribadi maupun ojek. Rute perjalanan akan membawa melintasi persawahan warga, menambah sentuhan alami dalam perjalanan. Namun, perlu diingat bahwa kendaraan roda 4 mungkin akan mengalami kesulitan dalam mencapai lokasi wisata ini, jadi pastikan untuk memilih kendaraan yang sesuai.

Google Maps Lokasi Pantai

Biaya Masuk

Untuk memasuki kawasan pantai, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir yang sangat terjangkau. Biaya parkir motor adalah Rp 5.000, sementara biaya parkir mobil adalah Rp 10.000.

Jam Operasional

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga jam 6 sore. Ini memberi cukup waktu untuk mengeksplorasi dan menikmati semua yang ditawarkan oleh pantai ini.

Baca juga: Sejarah Candi Muaro Jambi: Kekayaan Arkeologis Indonesia

Sejarah dan Budaya Pantai Ratu Sigindo Kuning

Pantai Ratu Sigindo Kuning tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga memiliki sejarah dan budaya yang kaya. Tempat ini memiliki nilai budaya yang mendalam bagi masyarakat setempat, dan ini tercermin dalam cara mereka merawat dan menghormati pantai ini.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat dan pengurus adat Seleman, berbicara tentang pentingnya pantai ini dalam budaya mereka. Dia menjelaskan bahwa pantai ini memiliki kisah tersendiri yang masih dipercayai oleh masyarakat setempat. Sebagai pengurus adat, beliau mengingatkan para pengunjung untuk menjaga pantang dan tidak membawa niat buruk saat mengunjungi pantai ini. Hal ini menggarisbawahi pentingnya menjaga dan menghormati warisan budaya dan alam yang diberikan oleh tempat ini.

Daya Tarik Pantai Ratu Sigindo Kuning

Sumber Gambar: Uter Balik

Pantai Ratu Sigindo Kuning menawarkan keindahan alam yang benar-benar eksotis. Dengan pemandangan Danau Kerinci yang mempesona, diapit oleh gunung-gunung yang menjulang dan padang rumput yang luas, pengunjung pasti akan terpesona oleh pemandangan alam yang menakjubkan ini.

Danau Kerinci, dengan airnya yang tenang dan biru, adalah salah satu pemandangan terindah yang bisa Anda nikmati di area pantai. Ketika matahari bersinar terang di langit, danau ini berkilauan dan menciptakan pemandangan yang mengagumkan. Anda bisa duduk di tepi danau, menghirup udara segar, dan hanya menikmati ketenangan dan keindahan yang disuguhkan oleh Danau Kerinci.

Pantai tersebut dikelilingi oleh gunung-gunung yang megah. Dalam jarak pandang, Anda akan melihat punggung gunung yang menjulang tinggi. Pemandangan ini menciptakan latar belakang yang sempurna untuk Danau Kerinci dan menambah pesona alam pantai ini.

Padang rumput yang luas di sekitar pantai menambah nuansa alami Pantai Ratu Sigindo Kuning. Inilah tempat di mana Anda bisa bersantai, bermain, atau hanya duduk bersantai sambil menikmati pemandangan. Bagi mereka yang menyukai piknik atau berkemah, padang rumput ini adalah tempat yang sempurna untuk menjalani aktivitas tersebut.

Pantai bukanlah pantai tanpa pasir. Meskipun terletak di tepi danau, Pantai Ratu Sigindo Kuning memiliki pasir yang panjang dan menarik. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bermain pasir dengan teman-teman atau keluarga, atau bahkan untuk mengambil foto-foto indah di sekitarnya. Jangan lupa membawa kamera atau ponsel Anda untuk mengabadikan momen-momen berharga di pantai ini.

Baca juga: Sawarna Srikandi: Tempat Wisata Terbaik di Banten

Aktivitas Wisata di Pantai Ratu Sigindo Kuning

Sumber Gambar: Davitra Dilian

Pantai Ratu Sigindo Kuning menawarkan berbagai aktivitas wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Apakah datang untuk bersantai atau mencari petualangan, pantai ini memiliki sesuatu untuk semua orang.

Piknik, salah satu aktivitas favorit di Pantai Ratu Sigindo Kuning. Dengan padang rumput yang luas dan pemandangan alam yang menakjubkan, tempat ini adalah tempat yang sempurna untuk membawa bekal dan menjalani piknik bersama keluarga atau teman-teman. Nikmatilah makanan lezat sambil berbincang-bincang dan menikmati alam.

Jika ingin menghabiskan lebih banyak waktu di pantai ini, Anda memiliki opsi untuk berkemah. Dengan izin dari pihak pengelola, Anda dapat membawa peralatan berkemah dan merasakan sensasi berkemah di tepi Danau Kerinci. Berkemah di bawah langit bintang di sini adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Salah satu momen paling indah di pantai adalah saat matahari terbenam. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk datang ke pantai ini dan menyaksikan langit yang berubah warna menjadi warna-warni yang spektakuler saat matahari tenggelam di balik gunung-gunung. Jangan lewatkan momen magis ini saat Anda berada di pantai.

Anda dapat memilih untuk berkemah di pantai. Pastikan mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola sebelum melakukan aktivitas ini. Saat malam tiba, Anda dapat menyalakan api unggun, berbagi cerita, dan menghabiskan waktu dengan teman-teman atau keluarga di bawah langit malam yang penuh bintang.

Pantai ini cocok untuk semua jenis wisatawan, apakah mencari ketenangan, petualangan, atau hanya ingin berbagi momen indah bersama keluarga dan teman-teman. Biaya masuk yang terjangkau dan fasilitas yang memadai menjadikan Pantai Ratu Sigindo Kuning sebagai tujuan wisata yang sangat diinginkan. Cukup sekian dulu informasi terkait Pantai Ratu Sigindo Kuning Kabupaten Kerinci Jambi, semoga bermanfaat ya.

Referensi

  1. https://disbudpar.jambiprov.go.id
  2. https://kerincikab.go.id/public/static/40/Pariwisata