Pantai Sari Ringgung Lampung
Sumatera

Pantai Sari Ringgung: Rute, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

Jika Anda mencari tempat liburan yang memadukan keindahan alam dan beragam wahana permainan air, Pantai Sari Ringgung di Lampung adalah jawabannya. Terletak di Jalan Way Ratai Km 14, Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, pantai ini telah menjadi salah satu destinasi favorit wisata di wilayah ini.

Rute Menuju Pantai

Pantai Sari Ringgung dapat diakses dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Berikut adalah rute menuju pantai jika Anda menggunakan kendaraan pribadi:

  • Dari Bandar Lampung, arahkan ke arah Padang Cermin melalui Jalan Lintas Sumatera Timur (JLST).
  • Setelah melewati Jembatan Way Ratai, belok kanan menuju Jalan Way Ratai No.KM 14.
  • Ikuti petunjuk jalan hingga sampai di pintu masuk area pantai.

Jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda dapat naik angkot warna merah hati dari Terminal Rajabasa menuju Ramayana. Turun di gudang lelang, kemudian jalan beberapa meter hingga menemukan angkutan pedesaan warna hitam. Naik angkutan pedesaan tersebut hingga sampai di pintu masuk Pantai Sari Ringgung.

Google Map Pantai

Baca juga: Menikmati Keindahan Wisata Baru di Nusa Penida

Jam Buka

Pantai Sari Ringgung buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB. Ini memberi Anda banyak waktu untuk menikmati semua yang ditawarkan oleh pantai ini.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Pantai Sari Ringgung, pengunjung dewasa akan dikenai biaya tiket sebesar Rp 20.000,- per orang. Harga tiket masuk ini sudah termasuk asuransi jiwa, sehingga Anda dapat menikmati liburan dengan lebih tenang.

Keindahan Alam Pantai Sari Ringgung

Pantai sari ringgung.png

Pantai Sari Ringgung adalah tempat di mana alam menciptakan keajaiban yang tak terlupakan. Keindahan alamnya memukau, dan berikut adalah beberapa hal yang akan Anda nikmati saat berkunjung ke pantai ini.

Pasir Putih dan Air Laut Biru Kehijauan

Pantai Sari Ringgung dikenal karena pasir putihnya yang halus dan bersih. Saat Anda menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan merasakan kelembutan pasir di bawah telapak kaki Anda. Air lautnya berwarna biru kehijauan yang memikat dan memiliki kejernihan yang luar biasa. Anda bisa merasakan kepuasan menyelam ke dalam air yang jernih ini, menjadikan pantai ini sebagai tempat yang sempurna untuk berenang atau sekadar berendam.

Ombak Yang Tenang

Salah satu keunggulan Pantai Sari Ringgung adalah ombaknya yang relatif tenang. Ini menjadikannya tempat yang aman untuk berenang, terutama untuk keluarga dengan anak-anak. Anda tidak perlu khawatir tentang ombak besar yang mungkin mengganggu keselamatan Anda saat bermain di pantai ini. Jadi, Anda bisa tenang menikmati kebahagiaan bermain di air.

Pulau Pasir Timbul

Salah satu daya tarik utama Pantai Sari Ringgung adalah fenomena alam pulau pasir timbul. Ini adalah kejadian alam yang jarang terjadi di mana pulau kecil muncul dari dasar laut saat air surut. Sensasi berjalan di atas pasir timbul ini adalah pengalaman yang tak terlupakan. Anda dapat mencapai pulau pasir timbul ini dengan menggunakan perahu nelayan atau speed boat yang tersedia di pantai.

Ketika Anda berada di pulau pasir timbul, Anda akan dikejutkan oleh keindahan alam di sekitarnya. Latar belakangnya adalah laut biru yang luas dan langit cerah yang membentang. Inilah tempat yang sempurna untuk berfoto-foto atau sekadar bersantai sambil menikmati pesona alam yang menakjubkan.

Masjid Apung

Pantai Sari Ringgung juga memiliki daya tarik unik lainnya, yaitu masjid apung. Masjid ini adalah bangunan masjid yang berdiri di atas air laut. Keberadaan masjid ini menambah daya tarik khusus di pantai ini. Anda dapat mencapai masjid apung ini dengan menggunakan perahu atau speed boat yang tersedia.

Selain menjadi tempat ibadah bagi umat Muslim yang berkunjung ke pantai ini, masjid apung juga menjadi ikon wisata yang menarik bagi pengunjung dari berbagai latar belakang agama. Spot foto yang indah dengan masjid apung sebagai latar belakang seringkali menjadi pemandangan yang paling dicari oleh para pengunjung.

Baca juga: Sawarna Srikandi: Tempat Wisata Terbaik di Banten

Wahana Permainan Air Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung bukan hanya tentang keindahan alamnya, tetapi juga tentang petualangan dan keseruan di atas air. Pantai ini menawarkan berbagai wahana permainan air yang akan membuat pengalaman liburan Anda lebih seru. Inilah beberapa wahana permainan air yang dapat Anda nikmati di sini:

Speed Boat

Jika Anda menyukai sensasi kecepatan dan kegembiraan mendebarkan di atas air, maka Anda akan menyukai pengalaman menaiki speed boat. Anda bisa merasakan angin laut yang segar sambil mengejar kecepatan di atas permukaan air laut. Speed boat dapat menampung hingga 6 orang per perahu, sehingga Anda bisa berbagi keseruan ini dengan teman-teman atau keluarga Anda.

Kano

Bagi Anda yang menyukai olahraga air dan ingin merasakan petualangan yang lebih santai, kano adalah pilihan yang sempurna. Anda dapat menyewa kano atau perahu kecil yang digerakkan dengan dayung. Ini adalah cara yang tepat untuk menjelajahi keindahan pantai dari sudut yang berbeda. Kano dapat menampung hingga 2 orang per kano, jadi Anda bisa berbagi pengalaman ini dengan teman atau pasangan Anda.

Banana Boat

Banana boat adalah wahana yang sangat cocok untuk bersenang-senang bersama teman-teman atau keluarga. Anda akan menaiki ban berbentuk pisang yang ditarik oleh speed boat. Ketika speed boat mulai bergerak, sensasi berputar dan meluncur di atas air akan memberikan tawa dan kegembiraan. Banana boat dapat menampung hingga 6 orang per ban, sehingga Anda dapat berbagi keseruan ini dengan banyak orang.

Air Tumpah

Bagi keluarga yang mencari wahana air yang cocok untuk anak-anak, air tumpah adalah pilihan yang tepat. Ini adalah kolam renang buatan dengan berbagai perosotan dan semprotan air yang menyenangkan. Anak-anak dapat bermain air dengan aman sementara orang tua dapat bersantai di sekitar kolam renang. Air tumpah ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati hari yang menyenangkan di pantai.

Fasilitas Penunjang Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung tidak hanya menawarkan keindahan alam dan wahana permainan air yang seru, tetapi juga menyediakan fasilitas penunjang yang lengkap untuk kenyamanan Anda. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan di pantai ini:

Gazebo

Tersedia gazebo atau pondok-pondok kayu yang dapat disewa oleh pengunjung. Gazebo ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, makan siang, atau sekadar menikmati pemandangan pantai. Setiap gazebo dapat menampung hingga 10 orang, jadi Anda bisa berkumpul dengan teman-teman atau keluarga Anda di sini.

Warung Makan

Jika Anda merasa lapar setelah bermain di pantai, Anda tidak perlu khawatir. Pantai Sari Ringgung memiliki warung makan yang menjual berbagai hidangan lezat. Anda dapat menikmati makanan khas pantai seperti ikan bakar, sate cumi, kerang rebus, es kelapa muda, dan banyak lagi. Ini adalah kesempatan sempurna untuk mencicipi masakan lokal yang lezat.

Toilet dan Kamar Mandi

Pantai Sari Ringgung juga menyediakan toilet dan kamar mandi yang bersih dan nyaman bagi pengunjung. Toilet dan kamar mandi ini dipisahkan antara laki-laki dan perempuan, sehingga Anda dapat merasa lebih nyaman saat menggunakan fasilitas ini.

Tempat Parkir

Untuk kenyamanan pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, Pantai Sari Ringgung memiliki tempat parkir yang luas dan aman. Tempat parkir ini dapat menampung hingga ratusan kendaraan roda dua maupun roda empat, sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari tempat parkir.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda akan dikenai biaya parkir. Tarif parkir sepeda motor adalah Rp 5.000,-, sedangkan untuk mobil adalah Rp 10.000,-. Ini adalah biaya yang wajar untuk menjaga keamanan kendaraan Anda selama berada di pantai.

Harga Sewa Wahana

Biaya sewa wahana permainan air bervariasi tergantung pada jenis wahana yang Anda pilih. Berikut adalah daftar harga sewa wahana di Pantai Sari Ringgung:

  • Speed boat: Rp 50.000,- per orang.
  • Kano: Rp 25.000,- per kano.
  • Banana boat: Rp 25.000,- per orang.
  • Air tumpah: Rp 10.000,- per orang.

Penutup

Pantai Sari Ringgung di Lampung adalah destinasi wisata yang memiliki segala yang Anda butuhkan untuk liburan yang sempurna. Dari keindahan alamnya yang memukau, wahana permainan air yang seru, fasilitas yang lengkap, hingga informasi praktis yang kami bagikan, semuanya siap untuk membuat kunjungan Anda menjadi pengalaman yang tak terlupakan.