Pantai Pelang
Jawa

Pantai Pelang: Rute, Tiket Masuk, dan Keindahan Alam

Pantai Pelang, juga dikenal sebagai Pantai Pelangi, adalah sebuah pantai yang menakjubkan yang terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Dengan luas area sekitar 20 hektar, pantai ini terletak sekitar 56 kilometer di sebelah barat daya dari Kota Trenggalek. Pantai Pelang terkenal karena kealamian alamnya dan ombak besar yang menjadi daya tarik utamanya. Pantai Pelang memiliki posisi geografis yang unik, berada di sisi barat Kabupaten Trenggalek yang berbatasan dengan Kabupaten Pacitan. Jadi, tidak hanya keindahan pantai yang menakjubkan yang bisa Anda nikmati di sini, tetapi juga persilangan dua kabupaten yang kaya budaya.

Pantai Pelang

Berikut informasi terkait Pantai Pelang.

Rute ke Pantai Pelang

Bagaimana Anda bisa sampai ke Pantai Pelang? Rute menuju ke pantai ini cukup sederhana. Dari pusat kota Trenggalek, Anda dapat mengambil arah barat daya menuju Kecamatan Panggul. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 3 jam, tetapi pastikan Anda bersiap-siap untuk pemandangan yang memukau di sepanjang perjalanan. Jalur Lintas Selatan (JLS) yang lebar dan beraspal menghubungkan pusat kota Trenggalek dengan Pantai Pelangi, sehingga perjalanan Anda akan nyaman.

Google Map Lokasi Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Pelang

Untuk masuk ke Pantai Pelang, Anda perlu membayar biaya masuk, yaitu Rp. 8.000,- untuk hari libur dan Rp. 7.500,- untuk hari biasa. Ini adalah investasi kecil untuk menikmati semua keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Pelang. Selain itu, pantai ini juga memiliki area parkir yang luas dan teduh, karena banyak pohon yang tumbuh di sekitarnya, memberikan kesan rindang dan sejuk.

Baca juga: Keindahan dan Pesona Pantai Seruni di Tengah Kota Bantaeng

Daya Tarik Pantai Pelang

Pantai Pelang adalah destinasi wisata alam yang penuh pesona. Yang paling terkenal adalah, tentu saja, pantainya yang memukau. Pantai ini menawarkan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan deburan ombak yang menenangkan. Bagi para pecinta pantai, ini adalah surga yang tak terlupakan.

Tetapi, Pantai Pelangi memiliki lebih dari sekadar pantai. Jika Anda menjelajah sekitar 300 meter dari pantai ke arah barat laut, Anda akan menemukan sebuah air terjun yang mempesona. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dari permukaan tanah dan menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Suara gemercik air yang jatuh dari ketinggian akan membuat Anda merasa dekat dengan alam.

Bagi yang lebih berpetualang, petualangan berlanjut sekitar 100 meter ke arah timur, di mana Anda akan menemukan Goa Pelang. Goa ini adalah contoh sempurna dari keindahan alam yang masih alami. Dengan stalaktit dan stalagmit yang unik, Goa Pelang adalah tempat yang mengagumkan untuk menjelajah dan mengeksplorasi keajaiban alam bawah tanah.

Fasilitas di Pantai Pelang

Pantai Pelang bukan hanya tentang keindahan alam, tetapi juga tentang kenyamanan bagi para pengunjung. Anda akan menemukan fasilitas yang lengkap di pantai ini, termasuk kamar bilas, toilet (MCK), dan area bermain anak-anak. Jadi, Anda dapat bersantai dan menikmati hari Anda di pantai tanpa harus khawatir tentang fasilitas yang kurang memadai.

Di sekitar Pantai Pelangi, Anda juga akan menemukan gazebo-gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan. Gazebo-gazebo ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, berbagi cerita dengan teman-teman, atau hanya menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga.

Baca juga: Bukit Kayoe Putih: Destinasi Wisata Mojokerto

Aktivitas di Pantai Pelang

Dengan air laut yang jernih dan pantai yang bersih, Pantai Pelangi adalah tempat yang sempurna untuk berenang. Anda dapat menikmati kesegaran air laut dan bersantai di tepi pantai.

Keindahan alam Pantai Pelangi membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk berfotografi. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan momen-momen indah selama kunjungan Anda.

Jika Anda suka petualangan, jangan lewatkan kunjungan ke air terjun di dekat pantai. Menyaksikan air terjun yang tinggi dan alami adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Goa Pelang adalah tempat yang menarik untuk dijelajahi. Pastikan Anda membawa senter atau penerangan yang cukup, karena goa ini bisa gelap di beberapa bagian.

Gazebo-gazebo di sekitar Pantai Pelangi adalah tempat yang ideal untuk bersantai. Anda dapat membawa makanan dan minuman untuk piknik atau hanya duduk bersama teman-teman dan keluarga sambil menikmati suasana pantai.

Keunikan Pantai Pelangi tidak hanya terletak pada keindahan alamnya, tetapi juga pada atmosfer yang tenang dan damai yang dapat Anda nikmati di sini. Jauh dari keramaian kota, Pantai Pelang adalah tempat yang sempurna untuk beristirahat dan melepaskan penat. Pantai ini juga belum terlalu komersial, sehingga Anda dapat menikmati alam yang masih alami dan tidak terganggu oleh kerumunan wisatawan.

Salah satu aspek menarik lainnya dari Pantai Pelangi adalah kesempatan untuk mencicipi kuliner lokal yang lezat. Di sekitar pantai, Anda akan menemukan warung-warung kecil yang menjual makanan laut segar dan hidangan khas Jawa Timur. Pastikan Anda mencoba hidangan seafood yang lezat dan makanan khas seperti nasi jagung.

Referensi

Dinas Pariwisata Kabupaten Trenggalek