Pantai Pacar Tulungagung
Jawa

Pantai Pacar Tulungagung: Lokasi, Rute, dan Pesona Alam

Selama ini, ketika kita berbicara tentang destinasi pantai yang indah di Indonesia, Bali, Lombok, atau Malang mungkin yang pertama kali terlintas dalam pikiran. Namun, sebenarnya masih ada banyak pantai-pantai cantik yang belum terjamah wisatawan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Pantai Pacar di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Tulungagung, sebuah kabupaten yang terletak di sebelah selatan Jawa Timur, memang tidak seterkenal destinasi pantai-pantai di Bali atau Lombok. Namun, pesona alam yang dimiliki oleh Pantai Pacar seharusnya tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Menyelusuri Sejarah Pantai Pacar

Sebelum kita terjun ke pesona alam yang ditawarkan Pantai Pacar, mari kita melihat sedikit dari sejarah uniknya. Anda mungkin penasaran, mengapa pantai ini diberi nama “Pantai Pacar”? Apakah ini tempat yang ideal untuk berpacaran?

Menurut cerita dari warga setempat, Pantai Pacar dahulu adalah hutan yang dipenuhi dengan pohon-pohon dan tumbuhan. Namun, yang membuatnya unik adalah bahwa pantai ini kemudian ditumbuhi oleh tanaman pacar yang menjalar di sekitar pantai. Mungkin Anda pernah mendengar tentang tanaman pacar?

Seiring berjalannya waktu, penebangan hutan menyebabkan hilangnya pohon dan tanaman yang ada di pantai ini. Dan dari situlah pantai ini mendapatkan namanya, Pantai Pacar. Jadi, jangan berpikir bahwa pantai ini dinamai demikian karena tempat romantis untuk berkencan.

Lokasi Pantai Pacar

Pantai Pacar terletak di desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Molang menjadikannya sebagai salah satu opsi wisata pantai yang menarik di daerah ini. Pantai ini berjarak sekitar 43-44 kilometer dari Stasiun Tulungagung dan dapat dicapai dalam waktu berkendara sekitar 1 jam 30 menit.

Google Maps Lokasi Pantai Pacar

Rute Menuju Pantai Pacar

Bagi Anda yang berasal dari Tulungagung, akses menuju Pantai Pacar dapat ditempuh dengan mengikuti jalur menuju Kecamatan Ngunut. Setelah mencapai Pasar Ngunut, Anda dapat mengikuti panduan arah ke Pasar Panjerejo, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Pucanglaban.

Setibanya di Desa Pucanglaban, Anda hanya perlu mengikuti jalan yang menuju ke arah tambak udang. Pantai Pacar ini berlokasi bersebelahan dengan tambak udang. Penting untuk diingat bahwa jalur menuju pantai ini termasuk dalam kategori jalur sempit, oleh karena itu, perlu berhati-hati agar terhindar dari situasi yang tidak diinginkan.

Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Pacar 2023

Pantai Pacar selalu siap menyambut pengunjung 24 jam penuh, dengan tarif tiket masuknya yang dimulai dari Rp 5.000. Anda dapat menemukan Pantai Pacar di alamat berikut: Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Pesona Alam Pantai Pacar

Pantai Pacar Tulungagung

Sekarang, mari kita menjelajahi pesona alam yang membuat Pantai Pacar begitu menarik dan unik:

Fotografi yang Memukau

Pantai Pacar menawarkan pemandangan tebing batu kapur yang eksotis. Tebing-tebing ini menjadi latar belakang yang sempurna untuk sesi foto Anda. Pengelola pantai juga telah menyiapkan beberapa spot foto menarik, termasuk ayunan di atas bukit dan gardu pandang untuk melihat pemandangan sekitar dari ketinggian.

Air Terjun yang Memanjakan

Di musim hujan, Pantai Pacar memiliki keunikan lain yang jarang ditemui di pantai-pantai lainnya, yaitu adanya air terjun dari batuan bukit yang mengalir deras. Anda dapat merasakan kesegaran ini dengan mandi di sekitar air terjun. Air terjun ini akan memberikan suasana yang sangat menyegarkan dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari Anda.

Bermain Air dan Pasir

Pantai Pacar tidak hanya menawarkan air terjun yang menarik, tetapi juga memiliki air laut yang jernih. Anda dapat berenang dan bermain air di sini, tetapi tetap waspada terhadap ombak besar yang kadang muncul. Pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang lembut, yang mengundang Anda untuk bermain pasir atau sekadar bersantai di tepi pantai.

Menyaksikan Keindahan Matahari Terbenam

Selain aktivitas siang hari, Pantai Pacar juga menyajikan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Saat matahari mulai merunduk ke horizon, langit akan berubah menjadi warna oranye dan merah yang memukau. Ini adalah momen yang sempurna untuk mengambil foto indah atau sekadar menikmati kedamaian alam.

Kemah di Pinggir Pantai

Jika Anda ingin merasakan petualangan yang lebih mendalam, Pantai Pacar menyediakan fasilitas untuk berkemah. Anda dapat bermalam di sini dengan teman-teman Anda, sambil membakar hasil tangkapan ikan. Pengelola pantai juga menyewakan tenda dan matras dengan harga yang terjangkau. Tenda besar untuk hingga 6 orang dapat disewa seharga Rp 35 ribu, sementara tenda untuk 4 orang seharga Rp 25 ribu, dan matras seharga Rp 5 ribu.

Fasilitas Pantai Pacar

Jangan khawatir tentang kenyamanan Anda selama kunjungan ke Pantai Pacar. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuat kunjungan Anda lebih nyaman:

Tempat Parkir

Meskipun akses jalan menuju pantai cukup sempit, pengelola pantai telah menyediakan area parkir yang memadai. Jadi, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat dengan mudah memarkirkan mobil atau sepeda motor Anda.

Mushola

Fasilitas pendukung lainnya adalah mushola. Anda dapat melakukan ibadah di mushola ini ketika berlibur di Pantai Pacar, menjadikan kunjungan Anda lebih berarti.

Kamar Mandi

Pantai ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi yang bersih dan terawat. Ini sangat membantu para wisatawan yang ingin membersihkan diri setelah bermain di air laut atau pasir.

Warung Makan

Setelah seharian beraktivitas di pantai, Anda mungkin akan merasa lapar. Jangan khawatir, di sekitar area wisata Pantai Pacar, terdapat warung-warung yang menjual makanan lezat. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mencicipi hidangan lokal dan juga membantu meningkatkan perekonomian warga setempat.

Penutup

Pantai Pacar Tulungagung adalah salah satu destinasi pantai yang tidak boleh dilewatkan jika Anda mencari pengalaman liburan yang berbeda di Jawa Timur. Keindahan alamnya yang unik, termasuk tebing batu kapur, air terjun, pasir putih, matahari terbenam, dan fasilitas berkemah yang disediakan, membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Ajak teman atau keluarga Anda dan jadikan Pantai Pacar Tulungagung sebagai tujuan liburan berikutnya. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi pantai-pantai lainnya di Tulungagung, seperti Pantai Gemah dan Pantai Popoh.

Baca juga:

Referensi

  1. https://berakhlak.tulungagung.go.id
  2. https://disbudpar.jatimprov.go.id