Pantai di Padang
Sumatera

14 Wisata Pantai di Padang Menikmati Keindahan Alam

Kota Padang, yang terletak di pantai barat Sumatera, adalah tujuan wisata yang menakjubkan dengan garis pantai yang memukau, pasir putih yang lembut, dan ombak yang menarik bagi para peselancar. Mari kita mulai perjalanan kami untuk menjelajahi keindahan alam ini.

Wisata Pantai di Padang

Berikut ini ulasan tentang wisata pantai di Padang dari berbagai sumber.

Pantai Carolina

Pantai Carolina
Sumber Gambar: Rental Mobil Padang

Mari kita mulai dengan Pantai Carolina, tempat yang dikenal dengan ombaknya yang tinggi dan pasir putihnya yang lembut. Terletak 20 km di selatan Padang, pantai ini adalah surga bagi para penggemar selancar yang mencari sensasi melewati ombak ganas. Namun, jika Anda lebih suka bersantai, pilihlah untuk duduk di tepi pantai sambil menikmati deburan ombak yang menenangkan.

Aktivitas di Pantai Carolina tidak hanya terbatas pada selancar; Anda bisa memancing, bermain sepakbola, snorkeling, atau hanya berbaring di pantai sambil menikmati sinar matahari. Bagi yang berwisata dengan keluarga, pastikan untuk bersiap-siap dengan baik. Tiket masuk yang terjangkau sebesar Rp5.000 per orang membuat pengalaman ini semakin memikat.

Pasir Jambak Beach

Pasir Jambak Beach

Pasir Jambak Beach, terletak di jalan Teratai, Pasie Nan Tigo, mempesona para pengunjung dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbenam dan terbit dengan latar belakang pemandangan laut nan eksotis.

Keunikan Pantai Pasir Jambak terletak pada kemampuannya untuk menyediakan pemandangan alam yang eksotis dan makanan khas Minang yang lezat. Terlebih lagi, kontur datar pantainya memudahkan para pengunjung untuk bersepeda di sepanjang tepi pantai. Harga tiket masuk yang terjangkau sekitar Rp2.000 per orang menjadikannya destinasi yang ramah di kantong.

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis
Sumber Gambar: Piknik Wisata

Tidak lengkap rasanya menjelajahi tanpa mengunjungi Pantai Air Manis atau sering disebut Pantai Aia Manih. Terletak 10 km ke arah selatan dari kota Padang, memukau wisatawan dengan keindahan bibir pantai yang panjang dan hamparan pasir putih yang megah.

Pantai Air Manis tidak hanya menawarkan pemandangan yang memesona, tetapi juga aktivitas menyenangkan seperti bermain sepak bola dan voli pantai. Jika Anda ingin mencoba membangun istana pasir, pantai ini adalah tempat yang sempurna. Jangan lewatkan untuk menikmati perahu nelayan lokal yang bisa disewa untuk menyeberang ke pulau Pisang.

Baca juga: Pesona Keindahan Wisata Pantai di Jambi

Pantai Jambak Sand

Jambak Sand

Pantai Jambak Sand, yang terletak di Jalan Teratai, Pasie Nan Tigo, Kota Tengah, Padang, memukau para pengunjung dengan hamparan pasir putih yang luas dan deretan pohon pinus yang menjadikan pemandangan semakin asri. Terkenal dan favorit di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara, pantai ini menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan.

Pantai Padang (Taplau)

Pantai Padang

Pantai Padang, juga dikenal sebagai Pantai Taplau, adalah destinasi bahari yang memiliki garis pantai yang cukup panjang, terletak di daerah perkotaan yang padat penduduk, tepatnya di Kecamatan Padang Barat, Kota Padang menawarkan air laut yang jernih, pasir putih, dan bukit yang sering disebut Gunung Padang. Pemandangan ini menciptakan latar belakang yang sempurna untuk berjemur atau berenang adalah tempat yang ideal untuk melepaskan diri dari kesibukan kota dan menikmati pesona alam.

Pantai Nirwana

Nirwana Beach

Pantai Nirwana adalah salah satu pantai yang populer dengan fasilitas lengkapnya terletak di Jalan Raya Padang – Painan, Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, menawarkan air laut yang sangat jernih, pasir putih yang luas, dan dikelilingi oleh perbukitan dengan tanaman tropis yang hijau. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan sambil berjemur di bawah sinar matahari atau berenang di air yang jernih adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Pantai Muaro Lasak

Pantai Muaro Lasak

Pantai Muaro Lasak, yang juga dikenal sebagai Monumen Merpati Perdamaian, terletak di Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang merupakan tempat yang menawan dan juga merupakan taman penghias di Kota Padang. Daya tarik utama dari pantai berpasir putih ini adalah adanya monumen Merpati Perdamaian dengan ombak sedang yang aman digunakan wisatawan untuk berenang merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam sambil berlibur di Padang.

Pantai Tabing

Pantai Tabing terletak di Desa Bungo Pasang, Kecamatan Padang, Kota Padang, salah satu pantai pasir putih di Padang yang memiliki ombak cukup besar, menjadikannya tempat yang sempurna untuk peselancar yang ingin mencoba keberuntungannya. Pengunjung dapat menikmati ombak yang besar dan memacu adrenalin sambil berselancar di Pantai Tabing adalah tempat yang ideal untuk para pecinta surfing.

Pantai Cimpago

Pantai Cimpago merupakan destinasi wisata yang populer di kalangan masyarakat setempat dan wisatawan luar daerah. Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah keindahan matahari terbenam di sore hari, yang bisa dinikmati sambil menikmati berbagai kuliner di sekitar pantai. Pantai pasir putih ini terletak di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Pantai Cimpago adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Baca juga: Museum Gentala Arasy: Lokasi, Sejarah, dan Koleksi Peradapan

Pantai Gajah Padang

Pantai Gajah

Pantai Gajah Padang terletak di Jalan Gajah II No. 14, Air Tawar Bar, Kecamatan Padang Utara, adalah salah satu pantai yang menawan, meskipun kurang populer di kalangan masyarakat. Terletak di belakang kampus Universitas Negeri Padang, pantai ini menawarkan susunan bebatuan yang menjorok ke pantai sebagai pemecah ombak, tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam yang tenang.

Pantai Cinta

Pantai Cinta, yang memiliki hamparan pasir putih yang luas, adalah tempat yang cocok untuk berswafoto dengan latar belakang pantai yang menakjubkan. Terletak di Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, menawarkan keindahan matahari terbenam yang memukau.

Pantai Sako EO

Sangat cocok untuk berburu foto atau berkemah, menawarkan pemandangan yang cantik yang cocok sebagai latar belakang foto dan memiliki area surfing dengan ombak yang menantang, terletak di Bungus Barat, Bungus Teluk, Kecamatan Kabung, Kota Padang Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam dan berpetualang.

Pantai Pesona

Terletak di Desa Bungus, Teluk Kabung Utara, Kota Padang, menawarkan pemandangan laut lepas yang menakjubkan. Wisatawan dapat bermain pasir hitam, berenang di air, dan menyaksikan pemandangan laut lepas yang megah. Pantai Pesona adalah tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Baca juga: Wisata Maros Highland: Destinasi Wahana Terbaru di SulSel

Pantai Puruih

Pantai Puruih PAdang

Pantai Puruih terletak tidak jauh dari Pantai Cimpago, tepatnya berada di Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, menawarkan pemandangan laut lepas yang menakjubkan dan sangat cocok untuk menyaksikan matahari terbenam yang indah. Pengunjung dapat bermain pasir putih, jogging, bersepeda, dan menikmati keindahan alam yang tenang. Pantai Puruih adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari dan menikmati pesona alam.

Referensi

  1. Dinas Pariwisata Kota Padang
  2. Portal Pemerintah Kota Pariaman