cara membedakan daging sapi dan kambing
Lifestyle

7 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

cara membedakan daging sapi dan kambing

Dalam dunia kuliner, daging adalah salah satu bahan makanan yang sangat populer. Masyarakat sering kali mengonsumsi berbagai jenis daging, termasuk daging sapi dan daging kambing. Namun, bagi sebagian orang, membedakan daging sapi dan kambing bisa menjadi tugas yang rumit. Keduanya memiliki ciri-ciri yang mirip, tetapi sebenarnya ada beberapa perbedaan yang dapat diidentifikasi. Pada kesempatan ini, kita akan membahas cara-cara untuk membedakan daging sapi dan kambing agar Anda dapat menikmati santapan yang lezat dengan pengetahuan yang lebih baik.

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Berikut adalah 7 perbedaan antara daging sapi dan kambing.

Warna Daging

Pertama-tama, kita harus melihat perbedaan fisik antara daging sapi dan kambing. Daging sapi biasanya memiliki warna yang lebih merah daripada daging kambing yang cenderung lebih pucat.

Selain itu, tekstur daging sapi biasanya lebih lembut dan halus, sedangkan daging kambing cenderung lebih kenyal dan seratnya lebih kasar. Hal ini bisa menjadi petunjuk awal yang berguna untuk membedakan keduanya.

Aroma Daging

Aroma daging juga dapat membantu dalam membedakan daging sapi dan kambing. Daging sapi memiliki aroma yang khas, segar, dan sedikit manis. Aroma daging sapi yang sedap ini dapat menjadi ciri khas dalam hidangan seperti steak yang lezat.

Di sisi lain, daging kambing memiliki aroma yang lebih kuat dan khas, sering kali dijelaskan sebagai bau “khas kambing”. Beberapa orang sangat menyukai aroma ini, sementara yang lain mungkin kurang terbiasa dengan aromanya yang kuat.

Baca juga: 11 Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar

Lemak Daging

Cara lain untuk membedakan daging sapi dan kambing adalah dengan melihat perbedaan lemaknya. Daging sapi memiliki lapisan lemak yang lebih tipis dibandingkan dengan daging kambing.

Lemak pada daging sapi biasanya terdistribusi merata di sekitar otot, sedangkan daging kambing cenderung memiliki lemak yang lebih terkonsentrasi di sekitar bagian pinggang dan bagian dalam daging.

Anda juga bisa melihat perbedaan warna pada lemak, di mana lemak daging sapi biasanya berwarna putih pucat, sementara lemak daging kambing berwarna kuning atau kecokelatan.

Serat Daging

Terdapat perbedaan lain yang dapat dilihat dari serat daging. Serat daging adalah struktur jaringan otot yang memberikan tekstur pada daging tersebut. Daging sapi memiliki serat yang lebih halus dan umumnya tidak terlihat dengan jelas. Hal ini membuat daging sapi terasa lebih lembut dan halus saat dipegang.

Di sisi lain, daging kambing memiliki serat yang lebih tebal dan tampak lebih kasar. Oleh karena itu, ketika dimasak, daging kambing cenderung terasa lebih keras dan sulit untuk menjadi empuk.

Baca juga: 11 Sayuran Penurun Gula Darah Solusi Pengendali Diabetes

Bentuk dan Ukuran tulang

Selanjutnya, cara lain untuk membedakan daging sapi dan kambing adalah dengan melihat bentuk dan ukuran tulangnya. Tulang daging sapi umumnya lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan tulang daging kambing yang lebih kecil dan ringan. Bentuk tulang daging sapi juga lebih bulat dan besar, sedangkan tulang daging kambing cenderung lebih ramping dan kecil.

Nutrisi Daging

Kandungan protein dalam daging sapi dan daging kambing memiliki perbedaan yang signifikan. Dalam 100 gram daging sapi mentah, terdapat sekitar 26 gram protein, sementara 100 gram daging kambing mentah mengandung sekitar 20,6 gram protein.

Selain itu, daging sapi juga memiliki kandungan yang lebih tinggi dalam hal zat besi, seng, vitamin B12, dan asam lemak omega-3 dibandingkan dengan daging kambing.

Namun, daging kambing memiliki keunggulan yaitu mengandung lebih sedikit kalori, lemak jenuh, dan kolesterol jika dibandingkan dengan daging sapi. Karena itu, kedua jenis daging ini memiliki manfaat dan risiko yang berbeda bagi kesehatan.

Baca juga: 11 Makanan Penurun Kolesterol Terbukti Efektif

Asal Usul Daging yang di Beli

Selain ciri-ciri fisik yang telah disebutkan sebelumnya, penting juga untuk mengetahui asal-usul daging yang Anda beli. Jika Anda membeli daging dari sumber yang terpercaya, Anda akan memiliki kepastian bahwa Anda membeli daging sapi atau kambing sesuai dengan yang diinginkan.

Jika Anda membeli daging di pasar atau toko daging, pastikan untuk berbicara dengan penjual dan bertanya mengenai jenis daging yang Anda beli. Penjual yang berpengalaman akan dapat memberikan informasi yang akurat mengenai jenis daging yang dijualnya.

Dalam beberapa hidangan, seperti gulai atau sup, membedakan daging sapi dan kambing mungkin tidak menjadi masalah yang besar. Namun, ada juga hidangan tertentu yang membutuhkan jenis daging yang spesifik.

Misalnya, dalam hidangan seperti rendang yang khas, menggunakan daging sapi adalah pilihan yang lebih umum daripada menggunakan daging kambing. Begitu juga dalam hidangan kambing bakar yang membutuhkan daging kambing untuk mendapatkan cita rasa yang autentik.

Baca juga: 8 Manfaat Makan Buah Setiap Hari

Kesimpulan

Membedakan daging sapi dan kambing dapat menjadi tugas yang menantang, tetapi dengan pengetahuan yang tepat, hal ini dapat dilakukan dengan lebih mudah. Melalui pengamatan fisik seperti warna, tekstur, dan aroma, serta dengan memperhatikan perbedaan lemak dan bentuk tulang, kita dapat membedakan daging sapi dan kambing secara lebih akurat.

Penting juga untuk membeli daging dari sumber yang terpercaya dan berbicara dengan penjual yang berpengalaman. Dengan pengetahuan ini, Anda akan dapat menikmati hidangan yang lezat dan memuaskan dengan jenis daging yang sesuai dengan preferensi Anda.

Referensi

  1. Menteri Pertanian. (2017). Panduan Pemilihan dan Pembebanan Daging Sapi dan Kambing. Jakarta: Kementerian Pertanian.
  2. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. (2019). Statistik Produksi Ternak Ruminansia Besar 2018. Jakarta: Kementerian Pertanian.
  3. Hasan, N. A., & Isroli, I. (2019). Karakteristik Sensori dan Kimia Daging Sapi dan Kambing. Jurnal Ilmu Ternak dan Veteriner, 24(1), 21-32.
  4. Kristanti, D. L., & Purwandari, M. A. (2018). Perbedaan Karakteristik Kimia dan Sensori Daging Sapi dan Kambing pada Berbagai Tingkat Kematangan. Jurnal Gizi dan Pangan, 13(3), 179-186.
  5. Sarwono, B., & Wahyudi, H. (2020). Analisis Sensori dan Fisiko-Kimia Daging Sapi dan Daging Kambing pada Bakso. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 8(3), 197-208.