cara merebus daging agar cepat empuk
Lifestyle

Cara Merebus Daging Agar Cepat Empuk

cara merebus daging agar cepat empuk

Dalam proses memasak daging, salah satu tujuan utama adalah membuatnya empuk dan lezat. Bagi banyak orang, daging empuk adalah segalanya, karena tekstur yang lembut membuatnya lebih mudah dikunyah dan disantap. Salah satu metode yang populer untuk mencapai hasil ini adalah dengan merebus daging. Merebus daging memiliki keunggulan dalam mempertahankan kelembutan dan rasa alami daging, serta memungkinkan bumbu meresap lebih dalam. Namun, teknik merebus yang tepat harus diterapkan agar daging benar-benar empuk dan lezat. Kami akan membahas beberapa cara merebus daging agar cepat empuk yang efektif.

Cara Merebus Daging Agar Cepat Empuk

Berikut beberapa teknik yang terbukti efektif cara merebus daging agar cepat empuk.

Gunakan Teknik Merebus 5-30-7

Teknik merebus 5-30-7 adalah metode yang terbukti efektif untuk memasak daging agar empuk. Angka-angka ini merujuk pada waktu merebus yang disarankan untuk setiap tahap proses memasak.

  • Pertama, rebus daging dalam air mendidih selama 5 menit.
  • Kemudian, kurangi panas dan biarkan daging merebus dalam air yang panas (tidak mendidih) selama 30 menit.
  • Matikan api dan biarkan daging tetap dalam air hangat selama 7 menit sebelum diangkat.

Teknik ini membantu menjaga kelembutan daging dengan meminimalisir kerusakan serat daging akibat panas berlebihan.

Baca juga: 7 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Gunakan Teknik Merebus 17 Menit

Metode lain yang dapat Anda coba adalah teknik merebus selama 17 menit. Teknik ini memanfaatkan suhu yang lebih rendah dan waktu yang lebih lama untuk memasak daging secara perlahan.

  • Persiapkanlah potongan daging sapi yang telah dipotong-potong melawan serat untuk menghindari kekakuan. Hal ini akan membantu menjaga kelembutan daging.
  • Selanjutnya, masukkan potongan daging ke dalam panci berisi air mendidih. Rebus daging selama 7 menit untuk memastikan daging matang secara merata.
  • Setelah 7 menit, matikan kompor dan rapatkan tutup panci. Diamkan daging dalam panci selama 5 menit. Proses ini membantu daging menyerap kelembutan dan rasa dari air rebusan.
  • Setelah didiamkan selama 5 menit, nyalakan kembali api dan rebus daging selama 5 menit lagi. Setelah itu, matikan kembali api. Proses ini dilakukan untuk memperkuat kelembutan daging.
  • Ulangi langkah-langkah di atas sebanyak dua kali. Dengan melakukan proses merebus dua kali, daging akan semakin empuk dan mudah dikunyah.
  • Setelah proses merebus selesai, angkat daging sapi dari panci. Sekarang daging siap untuk diolah sesuai dengan resep atau keinginan Anda.

Dengan merebus daging pada suhu yang lebih rendah, serat daging akan lebih lembut dan tidak mudah mengeras. Proses merebus selama 17 menit juga cukup untuk memasak daging hingga matang sempurna tanpa membuatnya terlalu keras.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas dengan Benar

Rebus Daging Menggunakan Api Kecil Saat

Salah satu cara selanjutnya adalah dengan merebus daging menggunakan api kecil dan memilih potongan daging yang tepat. Untuk mencapai hasil daging yang empuk, Anda dapat memotong daging melawan serat untuk menghindari kekakuan. Selain itu, Anda juga dapat memilih potongan daging seperti has dalam atau has luar yang memiliki tekstur lebih empuk.

Ketika merebus daging, penting untuk menggunakan api kecil. Metode ini akan memastikan bahwa daging akan menjadi empuk dan matang secara merata. Anda hanya perlu merebus daging dengan api kecil selama sekitar 30-40 menit, karena akan dimasak lebih lanjut setelahnya.

Cara Membuat Daging Sapi Cepat Empuk dengan Bahan Alami

Berikut beberapa bahan alami membuat daging sapi cepat empuk.

Menggunakan Jahe

jahe

Jahe mengandung enzim proteolitik yang dapat menguraikan ikatan protein dalam daging, sehingga membuat daging menjadi lebih empuk. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan jahe dalam proses pengempukan daging:

  • Bersihkan jahe dan parut hingga halus.
  • Lumuri daging yang sudah dibersihkan dengan jahe yang telah diparut.
  • Diamkan daging selama sekitar 30 menit agar jahe meresap.
  • Sebelum dimasak atau diolah, cuci daging dengan air bersih untuk menghilangkan rasa jahe yang terlalu kuat.

Baca juga: Tips Memilih Hewan Kurban: Panduan Praktis

Menggunakan Daun Pepaya

daun pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat memecah protein dalam daging dan membuatnya empuk. Berikut ini cara menggunakan daun pepaya untuk mengempukkan daging:

  • Bersihkan dan remas daun pepaya.
  • Bungkus daging yang sudah bersih dengan daun pepaya yang telah diremas.
  • Diamkan selama 10-30 menit agar enzim papain meresap ke dalam daging.
  • Sebelum dimasak, cuci daging dengan air bersih untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya.

Menggunakan Buah-buahan

nanas

Beberapa buah-buahan juga memiliki sifat pengempuk alami yang dapat digunakan dalam proses memasak daging. Berikut adalah beberapa buah yang dapat digunakan:

  • Buah Nanas: Kupas dan parut buah nanas, lalu lumuri daging dengan parutan buah nanas. Diamkan selama 10-30 menit sebelum dimasak. Pastikan untuk membersihkan daging sebelum dimasak agar tidak ada sisa nanas yang terlalu kuat.
  • Buah Tomat: Haluskan buah tomat dan gunakan sebagai bumbu saat memasak daging. Tomat akan membantu melunakkan daging dan memberikan rasa yang lezat.
  • Jeruk Lemon: Peras air jeruk lemon dan gunakan untuk merendam daging selama 30 menit atau lebih lama di dalam kulkas. Setelah direndam, daging dapat dimasak sesuai keinginan.

Baca juga: Resep Ayam Kecap Bawang Bombay Menggugah Selera

Kesimpulan

Teknik merebus daging dengan menggunakan teknik merebus 5-30-7 atau merebus selama 17 menit, pengaturan api kecil, pemilihan potongan daging yang tepat, dan penggunaan bahan alami yang dapat membantu Anda mendapatkan daging yang empuk dan lezat. Selalu ingat untuk memperhatikan proses merebus dan jangan terburu-buru agar hasilnya memuaskan. Selamat mencoba teknik-teknik tersebut dalam memasak daging agar cepat empuk!

Referensi

  1. “Tips Mengolah Daging Sapi Agar Empuk dan Mudah Dikunyah” – Artikel detikfood.com
  2. “Mengapa Daging Sapi Terasa Keras dan Tips Mengatasinya” – Artikel kulinerkita.com
  3. “Panduan Memilih Potongan Daging Sapi yang Tepat” – Artikel dari foodnetwork.com
  4. “Cara Mengempukkan Daging Sapi dengan Bahan Alami” – Artikel dari masakapahariini.com
  5. “Metode Memasak Daging Sapi Agar Empuk dan Juicy” – Artikel dari thespruceeats.com