Manfaat Daun Sage
Lifestyle

8 Manfaat Daun Sage untuk Kesehatan

Daun sage (Salvia officinalis) tidak hanya memberikan aroma yang khas pada masakan, tetapi juga memiliki beragam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Daun yang masih satu keluarga dengan daun mint ini mengandung berbagai senyawa alami yang dapat memberikan efek positif bagi kesehatan gigi, gula darah, otak, dan masih banyak lagi.

Manfaat Daun Sage untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sage

Berikut ini beberapa manfaat daun sage untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Daun sage mengandung zat antimikroba yang dapat membantu mencegah terbentuknya plak gigi. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa berkumur dengan obat kumur berbahan dasar daun sage mampu membunuh bakteri penyebab plak dan gigi berlubang. Selain itu, daun sage juga dipercaya dapat mengobati infeksi di gusi maupun tenggorokan.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun sage juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Senyawa dalam daun sage dapat meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga dapat membantu mencegah dan mengobati diabetes. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Memberikan Efek Relaksasi

Aromaterapi dari daun sage diketahui dapat memberikan efek relaksasi yang baik untuk meredakan stres dan mencegah depresi. Aroma dari daun ini juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur, sehingga Anda dapat merasa lebih segar dan bugar setelah tidur.

4. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Daun sage mengandung antioksidan serta beragam vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan otak. Berbagai studi menunjukkan bahwa ekstrak daun sage dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta mengurangi peradangan pada saraf otak. Hal ini membuat daun sage sangat baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak.

5. Meredakan Gejala Menopause

Bagi wanita yang mengalami menopause, daun sage dapat menjadi solusi alami untuk meredakan gejalanya. Senyawa alami dalam daun sage memiliki sifat yang mirip dengan estrogen, sehingga dapat membantu mengurangi gejala seperti keringat berlebih, vagina kering, sulit tidur, dan perubahan suasana hati.

6. Mengurangi Nyeri

Penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa ekstrak daun sage diketahui memiliki efek antinyeri yang baik untuk mengatasi sakit tenggorokan dan luka ringan di kulit. Selain itu, daun sage juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada tubuh secara umum.

7. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sage mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker. Senyawa-senyawa ini memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melawan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun sage mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Senyawa-senyawa ini dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung, seperti hipertensi dan penyakit jantung koroner.

Cara Mengonsumsi Daun Sage dengan Aman

Meskipun memiliki banyak manfaat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi daun sage. Berikut adalah cara mengonsumsinya dengan aman:

  • Daun sage biasanya digunakan dalam jumlah kecil dalam masakan. Batas aman konsumsi teh sage adalah 3-6 cangkir per hari.
  • Daun sage dapat dikonsumsi dalam bentuk teh herbal, sebagai bahan campuran dalam masakan, atau dalam bentuk suplemen.
  • Tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, atau orang dengan kondisi kesehatan tertentu tanpa konsultasi dokter.

Semoga informasi tentang manfaat daun sage untuk kesehatan dan cara aman mengonsumsinya ini dapat berguna ya, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Luca, S. V., Skalicka-Woźniak, K., Mihai, C. T., Gradinaru, A. C., Mandici, A., Ciocarlan, N., … & Aprotosoaie, A. C. (2023). Chemical Profile and Bioactivity Evaluation of Salvia Species from Eastern Europe. Antioxidants12(8), 1514.
  2. Ezema, C. A., Ezeorba, T. P. C., Aguchem, R. N., & Okagu, I. U. (2022). Therapeutic benefits of Salvia species: A focus on cancer and viral infection. Heliyon8(1).
  3. Afonso, A. F., Pereira, O. R., Fernandes, Â., Calhelha, R. C., Silva, A. M., Ferreira, I. C., & Cardoso, S. M. (2019). Phytochemical composition and bioactive effects of Salvia africana, Salvia officinalis ‘Icterina’and Salvia mexicana aqueous extracts. Molecules24(23), 4327.
  4. Mocan, A., Babotă, M., Pop, A., Fizeșan, I., Diuzheva, A., Locatelli, M., … & Crișan, G. (2020). Chemical constituents and biologic activities of sage species: A comparison between Salvia officinalis L., S. glutinosa L. and S. transsylvanica (schur ex griseb. & schenk) schur. Antioxidants9(6), 480.
  5. Afonso, A. F., Pereira, O. R., Fernandes, Â. S., Calhelha, R. C., Silva, A. M., Ferreira, I. C., & Cardoso, S. M. (2019). The health-benefits and phytochemical profile of Salvia apiana and Salvia farinacea var. victoria blue decoctions. Antioxidants8(8), 241.
  6. Jakovljević, M., Jokić, S., Molnar, M., Jašić, M., Babić, J., Jukić, H., & Banjari, I. (2019). Bioactive profile of various Salvia officinalis L. preparations. Plants8(3), 55.
  7. Lopresti, A. L. (2017). Salvia (Sage): A review of its potential cognitive-enhancing and protective effects. Drugs in R&D17(1), 53-64.
  8. Ghorbani, A., & Esmaeilizadeh, M. (2017). Pharmacological properties of Salvia officinalis and its components. Journal of traditional and complementary medicine7(4), 433-440.
  9. Scholey, A. B., Tildesley, N. T., Ballard, C. G., Wesnes, K. A., Tasker, A., Perry, E. K., & Kennedy, D. O. (2008). An extract of Salvia (sage) with anticholinesterase properties improves memory and attention in healthy older volunteers. Psychopharmacology198, 127-139.