Manfaat Belimbing Bintang
Lifestyle

9 Manfaat Belimbing Bintang bagi Kesehatan dan Kecantikan

Belimbing bintang, atau dikenal dengan nama ilmiah Averrhoa carambola, merupakan buah yang sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional maupun supermarket modern. Buah yang memiliki bentuk seperti bintang ini tidak hanya enak dikonsumsi segar atau diolah menjadi jus, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan kita.

Kandungan Belimbing Bintang

Buah belimbing bintang kaya akan serat, vitamin C, zat besi, magnesium, mangan, potasium, dan β-karoten. Dalam satu buah belimbing berukuran sedang (90 gram), terdapat sekitar 3 gram serat, 1 gram protein, serta dapat memenuhi 52% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Meskipun kaya nutrisi, belimbing bintang juga rendah kalori, dengan satu buah berukuran sedang hanya mengandung sekitar 30 kalori dan 5 gram karbohidrat.

Manfaat Belimbing Bintang bagi Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat belimbing bintang bagi kesehatan dan kecantikan yang dirangkum dari beberapa sumber:

1. Menurunkan Berat Badan

Buah belimbing bintang memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah kalori, dan komposisi karbohidrat yang signifikan. Hal ini menjadikan buah belimbing bintang cocok untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat dan air yang tinggi juga membuat buah ini dapat mengenyangkan, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

2. Membantu Pencernaan yang Lebih Baik

Belimbing bintang kaya akan serat, yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu memperlancar sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus secara keseluruhan. Satu cangkir belimbing bintang mengandung sekitar 4 gram serat makanan. Dengan mengonsumsi belimbing bintang secara teratur, kamu dapat merasakan perbedaan dalam pencernaan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium yang tinggi dalam belimbing bintang membuatnya menjadi buah yang baik untuk kesehatan jantung. Kalium membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, belimbing bintang juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Belimbing bintang memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes atau orang yang ingin mengontrol kadar gula darah mereka. Selain itu, serat dalam belimbing bintang juga membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam belimbing bintang membuatnya menjadi buah yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan alami yang membantu melawan infeksi dan menjaga tubuh tetap sehat. Dengan mengonsumsi belimbing bintang, kamu dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

6. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Belimbing bintang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin A dalam belimbing bintang membantu menjaga kelembaban kulit, sementara vitamin C membantu produksi kolagen, protein yang penting untuk kekuatan dan kekenyalan kulit. Selain itu, belimbing bintang juga mengandung vitamin B kompleks yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatannya.

7. Mengandung Antioksidan

Buah belimbing bintang mengandung antioksidan seperti polifenol dan flavonoid yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

8. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Kandungan vitamin C dalam belimbing bintang juga baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C membantu dalam pembentukan kolagen, yang penting untuk kesehatan jaringan gusi dan memperkuat struktur gigi.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Belimbing bintang mengandung kalsium dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor adalah dua mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang yang sehat.

Meskipun memiliki banyak manfaat, buah belimbing bintang juga perlu dikonsumsi dengan hati-hati. Orang yang memiliki gangguan fungsi ginjal, terutama gagal ginjal kronis, sebaiknya tidak mengonsumsi belimbing bintang karena kandungan asam oksalat dan karamboxin yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ginjal. Bila memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter.

Belimbing bintang bukan hanya buah yang lezat, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan kita. Dengan mengonsumsi belimbing bintang secara teratur, kita dapat mendapatkan berbagai manfaat yang luar biasa ini. Semoga informasi ini bermanfaat ya, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Patel, H., Panchal, M. U., & Patani, P. (2024). STAR FRUIT (CARAMBOLA) IN SKINCARE: A STAR-STUDDED REVIEW OF ITS ANTIOXIDANT RICHNESS AND SKIN-ENHANCING PROPERTIES. Journal of Population Therapeutics and Clinical Pharmacology31(1), 2127-2139.
  2. Khan, S., Arya, R., Pooja, B., Manju, V., & Singh, I. (2021). A review paper on fruit nutrition and health benefits. Pharma Innov. J10, 119-123.
  3. Lakmal, K., Yasawardene, P., Jayarajah, U., & Seneviratne, S. L. (2021). Nutritional and medicinal properties of Star fruit (Averrhoa carambola): A review. Food Science & Nutrition9(3), 1810-1823.
  4. Shourove, J. H., Zzaman, W., Chowdhury, R. S., & Hoque, M. M. (2020). Effect of thermal treatment on physicochemical stability and antioxidant properties of locally available underutilized star fruit juice. Asian Food Science Journal14(3), 41-53.
  5. Hitesh, K., & Tejpal, A. (2016). Starfruit: A fruit for healthy life. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry5(3), 132-137.