Sayuran Tinggi Protein
Lifestyle

8 Sayuran Tinggi Protein, Pilihan Sehat untuk Keseharian

Dalam menjaga kesehatan tubuh, asupan protein menjadi hal yang tidak bisa diabaikan. Protein diperlukan oleh tubuh untuk membangun massa otot, menjaga kesehatan kulit, dan mendukung berbagai fungsi tubuh lainnya. Namun, tidak semua orang menyukai konsumsi daging atau produk susu sebagai sumber protein. Untungnya, ada alternatif sehat lainnya yaitu sayuran tinggi protein.

Sayuran tinggi protein merupakan pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian tanpa harus mengonsumsi daging atau produk susu. Selain itu, sayuran juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sayuran Tinggi Protein

Sayuran Tinggi Protein

Berikut adalah beberapa jenis sayuran tinggi protein yang dapat menjadi pilihan sehat dalam menu makanan sehari-hari yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Taoge

Taoge atau kecambah sangat baik untuk salad atau tumisan. Kacang hijau segar ini kaya akan protein dan merupakan sumber protein nabati yang baik. Meskipun belum jelas apakah kacang hijau dapat meningkatkan kesehatan jantung, namun ini jelas merupakan sumber protein nabati yang baik.

2. Brokoli

Brokoli dikenal dengan kandungan kalium dan vitamin K yang tinggi, studi ilmiah mengungkapkan dalam 100 gram brokoli, setidaknya terdapat 2,82 gram protein. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

3. Brussel Sprout

Brussel sprout juga merupakan sayuran kaya protein yang harus dipertimbangkan untuk ditambahkan ke dalam menu makanan sehari-hari. Sayuran ini bisa dikukus atau digunakan dalam salad dengan sayuran lainnya.

4. Kentang

Kentang tidak hanya tinggi karbohidrat, tetapi juga merupakan sayuran tinggi protein. Hasil penelitian mengungkapkan setiap 100 gram kentang, terdapat sekitar 2,05 gram protein. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Edamame

Edamame adalah kedelai hijau yang biasanya direbus atau dikukus, dan sering disajikan dengan taburan garam. Kedelai segar ini mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting, termasuk protein dan antioksidan. Edamame bisa menjadi camilan yang enak dan bergizi.

6. Sawi Hijau

Sawi hijau juga merupakan sayuran yang kaya akan protein dalam sawi hijau, beberapa hasil studi menunjukan terdapat sekitar 2,86 gram protein setiap 100 gram nya. Selain itu, sawi hijau juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan serta kalsium dan kalium yang penting untuk kesehatan tulang.

7. Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran lain yang kaya akan protein dan dapat menjadi tambahan yang bagus untuk diet sehari-hari, juga merupakan bahan populer dalam berbagai hidangan, karena dapat dengan mudah dimasak dan dicampur dengan sayuran lainnya.

8. Kacang Panjang

Kacang panjang juga merupakan sumber protein yang baik. Dalam kacang panjang, terdapat sekitar 2,8 gram protein. Selain itu, kacang panjang juga mengandung fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jenis protein yang terkandung pada sayuran tinggi protein disebut juga protein nabati. Sama seperti protein yang berasal dari hewan, protein nabati juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Konsumsi sayuran tinggi protein ini dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun sayuran tinggi protein ini baik untuk kesehatan, konsumsi sayuran saja tidak akan mencukupi kebutuhan protein harian. Oleh karena itu, penting untuk mencari sumber protein lainnya, seperti daging, telur, atau kacang-kacangan, untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan protein yang cukup setiap hari. Semoga informasi tentang Sayuran Tinggi Protein dapat bermanfaat, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Pingali, P., Boiteau, J., Choudhry, A., & Hall, A. (2023). Making meat and milk from plants: A review of plant-based food for human and planetary health. World Development170, 106316.
  2. Bull, C., Belobrajdic, D., Hamzelou, S., Jones, D., Leifert, W., Ponce-Reyes, R., … & Colgrave, M. (2022). How Healthy Are Non-Traditional Dietary Proteins? The Effect of Diverse Protein Foods on Biomarkers of Human Health. Foods11(4), 528.
  3. Ewy, M. W., Patel, A., Abdelmagid, M. G., Mohamed Elfadil, O., Bonnes, S. L., Salonen, B. R., … & Mundi, M. S. (2022). Plant-based diet: is it as good as an animal-based diet when it comes to protein?. Current nutrition reports11(2), 337-346.
  4. Ferrari, L., Panaite, S. A., Bertazzo, A., & Visioli, F. (2022). Animal-and Plant-Based Protein Sources: A Scoping Review of Human Health Outcomes and Environmental Impact. Nutrients14(23), 5115.
  5. Hertzler, S. R., Lieblein-Boff, J. C., Weiler, M., & Allgeier, C. (2020). Plant proteins: assessing their nutritional quality and effects on health and physical function. Nutrients12(12), 3704.
  6. Lonnie, M., Laurie, I., Myers, M., Horgan, G., Russell, W. R., & Johnstone, A. M. (2020). Exploring health-promoting attributes of plant proteins as a functional ingredient for the food sector: a systematic review of human interventional studies. Nutrients12(8), 2291.
  7. Mariotti, F. (2019). Animal and plant protein sources and cardiometabolic health. Advances in Nutrition10(Supplement_4), S351-S366.
  8. Mariotti, F. (2017). Plant protein, animal protein, and protein quality. In Vegetarian and plant-based diets in health and disease prevention (pp. 621-642). Academic Press.
  9. Chalvon-Demersay, T., Azzout-Marniche, D., Arfsten, J., Egli, L., Gaudichon, C., Karagounis, L. G., & Tomé, D. (2017). A systematic review of the effects of plant compared with animal protein sources on features of metabolic syndrome. The Journal of Nutrition147(3), 281-292.