Manfaat Buah Dewandaru
Lifestyle

Kandungan Nutrisi dan 15 Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan

Buah dewandaru, mungkin belum begitu populer di kalangan masyarakat kita, tetapi tanaman ini memiliki sejuta manfaat kesehatan yang bisa memberikan dampak positif bagi tubuh Anda. Kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif, buah dewandaru telah digunakan secara tradisional sebagai obat herbal untuk berbagai kondisi kesehatan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi segala sesuatu tentang buah dewandaru dan bagaimana manfaatnya dapat mengubah hidup Anda menjadi lebih sehat.

Buah Dewandaru atau Ceremei Belanda

Sebelum kita membahas manfaat kesehatan dari buah dewandaru, ada baiknya kita mengenal lebih jauh tentang tanaman ini. Buah dewandaru, yang memiliki nama ilmiah Eugenia uniflora, juga dikenal dengan sebutan ceremai, pitanga, atau Brazilian cherry di berbagai belahan dunia. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, terutama Brazil, dan telah menyebar ke berbagai wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Buah Dewandaru atau Ceremai belanda merupakan tumbuhan tahunan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut: bentuknya berupa pohon dengan ukuran sedang, tingginya berkisar antara 2-5 meter. Daunnya bersifat tunggal dengan ujung yang meruncing, tepi daunnya rata, dan pertulangan daunnya bersifat menyirip. Daun-daunnya juga dilapisi dengan semacam lapisan lilin dan memiliki panjang tertentu. Pada tahap muda, daun-daunnya memiliki warna merah tua.

Bunganya berwarna kuning susu dan berukuran kecil. Buahnya, ketika sudah matang, memiliki warna merah tua hingga hitam dan memiliki bentuk yang bulat dengan permukaan yang berlekuk-lekuk. Bijinya kecil, keras, dan berwarna coklat. Sementara itu, akarnya adalah akar tunggang yang berwarna coklat.

Taksonomi Buah Dewandaru:

  • Divisi: Tracheophyta
  • Subdivisi: Spermatophytes
  • Klad: Angiospermae
  • Klad: Mesangiospermae
  • Klad: Eudicots
  • Klad: Core Eudicots
  • Klad: Superrosidae
  • Klad: Rosids
  • Klad: Malvids
  • Ordo: Myrtales
  • Famili: Myrtaceae
  • Genus: Eugenia
  • Spesies: Eugenia uniflora

Baca juga: Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Kandungan Nutrisi Buah Dewandaru

Inilah berbagai komponen nutrisi yang terdapat dalam buah dewandaru:

  • Karbohidrat: 12,96 gram
  • Energi Total: 57 Kkal
  • Protein: 1,38 gram
  • Kandungan Air: 157 gram
  • Total Lemak: 0,69 gram
  • Niasin: 0,338 mg
  • Magnesium: 21 mg
  • Kalsium: 16 mg
  • Sodium: 5 mg
  • Kalium: 1094 IU
  • Besi: 0,35 mg
  • Fosfor: 19 mg
  • Vitamin C: 178 mg
  • Vitamin B1: 0,052 mg
  • Vitamin B2: 0,069 mg
  • Vitamin B3: 0,519 mg
  • Vitamin A: 2595 IU
  • Kaempferol: 0,7 mg
  • Myricetin: 5,8 mg
  • Quercetin: 10 mg

Baca juga: 18 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Manfaat Kesehatan Buah Dewandaru

Setelah kita mengenal nutrisi yang terkandung dalam buah dewandaru, mari kita bahas lebih lanjut tentang manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari tanaman ini:

Menurunkan Panas Tubuh

Dewandaru, sejak zaman dahulu, telah dikenal sebagai obat herbal yang sangat efektif dalam mengatasi kondisi demam atau peningkatan suhu tubuh. Keberhasilan dewandaru dalam mengatasi demam dapat sebagian besar diatribusikan kepada kandungan tinggi vitamin C yang terdapat dalam buah ini. Vitamin C memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh kita, memungkinkan sistem kekebalan untuk secara efektif melawan infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri, yang sering kali menjadi penyebab utama dari kondisi demam.

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dewandaru juga telah menjadi fokus penelitian ilmiah yang menarik. Penelitian telah mengungkapkan bahwa buah dewandaru memiliki sifat antimikroba yang kuat, yang berarti bahwa buah ini dapat melawan berbagai jenis bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan demam. Oleh karena itu, dewandaru tidak hanya membantu dalam meredakan gejala demam, tetapi juga berkontribusi dalam mengatasi penyebab demam itu sendiri.

Mengatasi Diare

Buah dewandaru dikenal memiliki sifat antibakteri yang sangat berguna dalam mengatasi kondisi diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri Escherichia coli (E. coli). Tidak hanya itu, tetapi buah ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi ketidaknyamanan yang sering muncul di perut ketika mengalami diare, sehingga memberikan bantuan yang sangat diperlukan dalam mengatasi gejala tersebut.

Ketika seseorang mengalami diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri E. coli, gejalanya bisa sangat mengganggu, termasuk diare berlebihan, kram perut, dan rasa tidak nyaman secara umum. Dewandaru memiliki senyawa antibakteri alami yang dapat membantu menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri E. coli ini dalam saluran pencernaan, membantu mengurangi keparahan diare. Selain itu, sifat meredakan yang dimiliki oleh buah dewandaru dapat memberikan bantuan tambahan dengan mengurangi ketidaknyamanan perut yang mungkin dirasakan saat mengalami diare.

Menjaga Kesehatan Kulit

Untuk mempertahankan kesehatan kulit dan menjaga agar kulit tetap tampak muda, penting bagi Anda untuk tidak hanya memperhatikan produk skincare yang digunakan, tetapi juga memperhatikan pola makan Anda. Salah satu elemen kunci dalam menjaga kesehatan kulit adalah asupan vitamin C yang dapat ditemukan dalam buah dewandaru.

Vitamin C yang terkandung dalam dewandaru tidak hanya berperan sebagai antioksidan kuat yang melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV, tetapi juga memiliki manfaat signifikan dalam mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat, Vitamin C membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meningkatkan proses penyembuhan jerawat, memberikan kontribusi positif terhadap penampilan kulit.

Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, suatu protein struktural utama dalam kulit. Kolagen memiliki peran krusial dalam menjaga elastisitas kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka. Dengan demikian, konsumsi buah dewandaru yang kaya akan vitamin C dapat memberikan dukungan tidak hanya untuk kecantikan kulit secara keseluruhan, tetapi juga untuk proses regenerasi dan peremajaan kulit.

Mengatasi Infeksi Kulit

Jika Anda mengalami masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus, seperti bisul, impetigo, atau selulitis, dewandaru dapat menjadi salah satu solusi pengobatan yang efektif. Buah dewandaru mengandung nutrisi penting yang memiliki sifat antimikroba, yang bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan dan bahkan membunuh bakteri Staphylococcus aureus, membantu mempercepat proses penyembuhan infeksi kulit.

Selain kemampuannya dalam melawan bakteri, dewandaru juga memiliki sifat antijamur yang dapat berguna dalam mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur Candida. Infeksi kulit seperti candidiasis dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan iritasi, dan dewandaru dapat memberikan bantuan alami dalam mengurangi gejala serta mendukung pemulihan.

Penggunaan buah dewandaru sebagai pengobatan alternatif untuk masalah kulit infeksi bakteri atau jamur adalah pilihan yang dapat dipertimbangkan, terutama jika Anda mencari solusi alami yang memiliki potensi untuk mengatasi infeksi kulit dengan efektif dan mempercepat proses penyembuhan. Tetapi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan profesional kesehatan sebelum mengambil tindakan pengobatan apa pun terkait dengan masalah kulit Anda.

Baca juga: 13 Manfaat Buah Duku dan Efek Sampingnya

Menjaga Kesehatan Mata

Dewandaru memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan mata berkat kandungan vitamin A yang melimpah. Vitamin A memiliki peran kunci dalam menjaga kesehatan mata dan memastikan fungsi penglihatan yang optimal, terutama saat beraktivitas di malam hari atau dalam kondisi pencahayaan yang rendah. Vitamin A membantu menjaga retina mata agar berfungsi dengan baik dan mengoptimalkan adaptasi mata terhadap perubahan pencahayaan.

Dewandaru juga mengandung beta-karoten, sejenis pigmen alami yang memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit mata di masa depan. Salah satu contohnya adalah degenerasi makula, yang dapat menyebabkan penurunan tajamnya penglihatan seiring bertambahnya usia. Beta-karoten adalah prekursor vitamin A, yang berarti tubuh dapat mengubahnya menjadi vitamin A sesuai kebutuhan.

Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi dewandaru sebagai bagian dari upaya untuk mengendalikan tekanan darah mereka. Buah ini mengandung nutrisi yang memiliki sifat diuretik alami, yang berarti dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan garam dan kelebihan air melalui urine. Dengan mengurangi retensi garam dalam tubuh, dewandaru dapat membantu menjaga tekanan darah tetap dalam rentang yang sehat.

Penting untuk diingat bahwa dewandaru sebaiknya digunakan sebagai suplemen diet yang mendukung, bukan pengganti pengobatan medis yang telah diresepkan oleh dokter. Bagi individu yang telah didiagnosis dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi, konsultasikan dengan profesional kesehatan Anda untuk memahami bagaimana dewandaru dapat dimasukkan ke dalam rencana pengobatan Anda secara aman dan efektif.

Mencegah Pertumbuhan Sel-sel Kanker

Dewandaru mengandung senyawa flavonoid dan tanin yang berperan sebagai antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-kanker. Senyawa-senyawa ini dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Meskipun banyak mitos yang beredar tentang dewandaru, tanaman ini dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi serta mencegah penyakit. Namun, perlu penelitian lebih lanjut dan uji klinis pada manusia untuk memastikan efektivitas dan keamanannya.

Mengurangi Insomnia

Insomnia adalah sebuah kondisi tidur yang dapat sangat mengganggu istirahat yang seharusnya kita nikmati. Bagi mereka yang menghadapi masalah insomnia, buah dewandaru dapat menjadi solusi yang bermanfaat. Buah dewandaru memiliki potensi untuk memperbaiki pola tidur yang tidak teratur, sehingga membantu mengatasi insomnia.

Ini disebabkan oleh kandungan melatonin yang ada dalam buah dewandaru yang berperan dalam mengatur siklus tidur dan bangun seseorang. Oleh karena itu, mengonsumsi buah dewandaru secara rutin dapat meningkatkan kualitas tidur Anda secara signifikan.

Meningkatkan Fungsi Paru-Paru

Buah dewandaru memiliki manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan paru-paru, sehingga dapat membantu mencegah paru-paru dari penyakit atau infeksi tertentu. Kandungan zat anti-inflamasi dalam buah ini memiliki peran penting dalam meredakan peradangan pada paru-paru.

Selain itu, buah dewandaru juga dapat berkontribusi positif dalam meningkatkan fungsi paru-paru dan bahkan dapat membantu dalam pengobatan penyakit paru obstruktif kronis. Jadi, bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan paru-paru, mengonsumsi buah dewandaru secara teratur dapat menjadi langkah yang baik untuk memelihara kesehatan paru-paru Anda.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Dewandaru adalah buah yang memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda. Buah ini dapat memberikan manfaat dalam mengatasi masalah pencernaan seperti diare serta gangguan pencernaan lainnya. Selain daging buahnya, bahkan kulit batang tanaman dewandaru juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan pengobatan terkait masalah saluran pencernaan.

Masalah pencernaan seperti diare bisa sangat mengganggu kenyamanan dan kesehatan Anda. Dewandaru mengandung nutrisi dan senyawa yang dapat membantu mengurangi durasi dan keparahan diare. Ini mungkin disebabkan oleh sifat antimikroba alaminya yang membantu melawan infeksi bakteri pencernaan yang sering menjadi penyebab diare.

Penggunaan kulit batang dewandaru dalam pengobatan tradisional telah lama dikenal untuk membantu meredakan masalah pencernaan. Kulit batang ini bisa diolah menjadi berbagai bentuk, seperti teh atau infus, yang kemudian diminum untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung, masalah pencernaan ringan, atau ketidaknyamanan pencernaan lainnya.

Mencegah Risiko Stroke dan Jantung

Buah dewandaru mengandung senyawa antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Beberapa senyawa antioksidan yang dapat ditemukan dalam buah dewandaru termasuk likopen, beta-cryptoxanthin, gamma-carotene, dan rubixanthin. Keberadaan senyawa-senyawa ini membantu tubuh Anda dalam melawan dan mengatasi dampak buruk dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit serius seperti stroke dan penyakit jantung.

Likopen, salah satu senyawa antioksidan yang ditemukan dalam dewandaru, telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang signifikan. Senyawa ini terkenal karena kemampuannya melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Selain itu, beta-cryptoxanthin, gamma-carotene, dan rubixanthin juga memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang membantu menjaga keseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh Anda.

Mencegah Penyakit Kanker

Buah dewandaru memiliki potensi sebagai makanan sehat yang dapat berperan dalam pencegahan kanker. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya dapat efektif melawan radikal bebas yang merupakan pemicu terjadinya kanker. Selain itu, vitamin C yang melimpah dalam buah ini juga memiliki peran yang signifikan dalam mengurangi risiko terkena kanker.

Berbagai studi telah menunjukkan bahwa asupan vitamin C secara teratur dapat secara signifikan mengurangi risiko terjadinya berbagai jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, tenggorokan, mulut, rektum, kerongkongan, pita suara, dan perut.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah dewandaru memiliki manfaat yang signifikan dalam menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin C dan vitamin A yang tinggi dalam buah ini berperan krusial dalam mendukung kesehatan mata. Vitamin C yang melimpah dalam dewandaru memberikan kontribusi positif dengan meningkatkan aliran darah ke area mata, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko gangguan mata, seperti katarak.

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan oksidatif yang dapat disebabkan oleh radikal bebas. Melalui peningkatan aliran darah ke mata, vitamin C membantu memastikan pasokan nutrisi yang cukup ke berbagai komponen mata, termasuk lensa dan retina.

Vitamin A yang juga hadir dalam dewandaru adalah nutrisi penting untuk kesehatan mata. Vitamin A memiliki peran dalam menjaga integritas sel-sel mata, mendukung fungsi penglihatan yang baik, dan melindungi mata dari kondisi seperti kebutaan malam.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Selanjutnya, buah dewandaru memiliki manfaat yang signifikan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan yang melimpah dalam buah ini memainkan peran kunci dalam menjaga daya tahan tubuh kita terhadap berbagai jenis infeksi, membantu melindungi kita dari risiko berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus.

Antioksidan adalah senyawa yang dapat melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat merusak sel-sel dan jaringan tubuh kita. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam dewandaru membantu menetralkan radikal bebas ini dan mengurangi kerusakan sel.

Daya tahan tubuh yang kuat sangat penting dalam melawan infeksi. Dengan mengonsumsi dewandaru dan mengakumulasi antioksidan, tubuh kita menjadi lebih siap dalam melawan serangan patogen seperti bakteri dan virus. Ini berarti bahwa sistem kekebalan tubuh kita akan lebih efektif dalam melindungi kita dari berbagai penyakit infeksi, seperti flu, pilek, atau infeksi bakteri.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Buah dewandaru memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kulit. Vitamin A yang terdapat dalam buah ini berperan penting dalam merawat kulit kita dengan beberapa cara yang bermanfaat.

Pertama-tama, vitamin A membantu mengurangi keriput pada kulit. Ini karena vitamin A memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Dengan meningkatkan produksi kolagen, kulit menjadi lebih kencang dan halus, yang dapat mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan.

Selain itu, vitamin A juga membantu meningkatkan aliran darah ke kulit. Ini berarti bahwa kulit menerima pasokan oksigen dan nutrisi yang lebih baik, yang dapat memberikan tampilan yang lebih sehat dan bercahaya. Kulit yang sehat secara alami tampak lebih muda dan bercahaya.

Salah satu manfaat lain dari vitamin A dalam dewandaru adalah kemampuannya untuk mengatur produksi sebum, minyak alami yang dihasilkan oleh kelenjar kulit. Produksi sebum yang berlebihan dapat menyumbang pada masalah kulit seperti jerawat. Dengan mengurangi produksi sebum yang berlebihan, vitamin A dapat membantu mengurangi risiko jerawat dan menjaga kulit tetap bersih.

Baca juga: 17 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Kesimpulan

Buah dewandaru, meskipun mungkin kurang dikenal dibandingkan dengan buah-buahan populer lainnya, adalah salah satu buah yang penuh dengan manfaat kesehatan. Kandungan nutrisi yang kaya, termasuk vitamin C, vitamin A, protein, mineral, dan senyawa antioksidan, membuatnya menjadi tambahan yang sangat baik dalam diet sehat.

Dari kemampuannya untuk menurunkan panas tubuh hingga melawan infeksi bakteri dan parasit, menjaga kesehatan kulit, dan bahkan membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, buah dewandaru adalah bukti bahwa keajaiban kesehatan seringkali tersembunyi dalam bentuk-bentuk yang paling tidak terduga.

Meskipun banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan buah dewandaru, penting untuk mengonsumsinya dengan bijaksana dan seimbang dalam pola makan Anda. Konsultasikan dengan profesional medis jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk memastikan bahwa buah dewandaru adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Referensi

  1. Rochmah, W., Ilyas, S., & Wiryawan, K. G. (2019). Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Metanol Daun Dewandaru (Eugenia uniflora L.) Terhadap Staphylococcus aureus. Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia, 17(2), 216-221.
  2. Shah, R. B., & Shah, N. R. (2017). Pharmacological Properties of Eugenia uniflora Linn. Pharmacognosy Reviews, 11(21), 33–37.
  3. de Freitas, J. S., de Oliveira, R. B., do Nascimento, T. C., Martins, M. M., Dornelas, C. B., & Silva, M. C. F. (2020). Eugenia uniflora: Phytochemistry and Biological Activities. Molecules, 25(23), 5521.
  4. Oliveira, A. C., Sampaio, K. L., Araújo, C. R. O., Chaves, M. H., & Almeida, F. R. C. (2017). Eugenia uniflora L. Essential Oil as a Potential Anti-Leishmania Agent: Effects on Leishmania amazonensis and Possible Mechanisms of Action. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, 2017, 6957521.
  5. de Melo, J. G., Santos, A. G., de Amorim, E. L. C., Nascimento, S. C., de Albuquerque, U. P., & de Araújo, E. L. (2010). Medicinal plants used as antitumor agents in Brazil: An ethnobotanical approach. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, 2011, 365359.