Candi tinggi 1 Muaro Jambi
Sumatera

Lokasi Candi Tinggi 1 Muaro Jambi dan Sejarahnya

Candi Tinggi Muaro Jambi merupakan salah satu dari banyak kompleks candi yang terletak di dalam Situs Percandian Muaro Jambi. Situs ini terletak di sebelah timur laut kompleks Candi Gumpung, sebuah situs bersejarah yang juga patut disoroti. Lokasinya yang berada di dekat tepian Sungai Batang Hari, di Provinsi Jambi, memberikan sentuhan eksotis pada pengalamannya. Keberadaannya yang mencengangkan telah menarik perhatian bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang memilih mengambil foto di kompleks Candi Tinggi saat berkunjung ke Kawasan Percandian Muaro Jambi.

Candi Tinggi 1 Muaro Jambi

Berikut ini informasi tentang Candi Tinggi Muaro Jambi

Lokasi Candi Tinggi 1 Muaro Jambi

Candi Tinggi
Sumber Gambar: Instagram Candi Muaro Jambi

Candi Tinggi memiliki koordinat geografis yang terletak pada 01° 28′ 33.7″ LS dan 103° 40′ 07.3″ BT. Dengan letaknya yang terpencil dan terbungkus oleh hutan tropis yang lebat, tempat yang cocok untuk mereka yang mencari petualangan dan ingin menggali kekayaan sejarah Indonesia.

Google Map Lokasi Candi Tinggi 1

Karakteristik Bangunan

Candi Tinggi 1 Muaro Jambi

Candi Tinggi memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari candi-candi lain di Indonesia. Kompleks ini mencakup area seluas 2,92 hektar yang diisi dengan keindahan arsitektur kuno. Terdapat satu bangunan induk yang menjadi pusat perhatian, enam bangunan perwara yang tersebar, dan pagar keliling yang melingkupi seluruh kompleks. Bangunan induk ini memiliki denah bujur sangkar dengan ukuran mencengangkan, yaitu 16 meter x 16 meter, dan tingginya mencapai 7,6 meter. Bangunan ini, dengan detail-detail artistik yang menawan, adalah manifestasi nyata keahlian tinggi para arsitek dan seniman masa lalu.

Sejarah Candi Tinggi 1 Muaro Jambi

Candi Tinggi
Sumber Gambar: Instagram Candi Muaro Jambi

Untuk memahami Candi Tinggi dengan lebih baik, kita perlu merenungkan tentang sejarahnya yang kaya. Situs ini telah mengalami perubahan dan evolusi selama berabad-abad, dan para arkeolog telah menggali ke dalam lapisan-lapisan waktu untuk mengungkapkan rahasia di baliknya.

Pemugaran Candi Tinggi 1 Muaro Jambi

Pada tahun 1980 hingga 1982, Candi Tinggi menjalani proses pemugaran yang sangat penting. Tujuan utama dari pemugaran ini adalah untuk menjaga dan memulihkan situs ini agar tetap terjaga dengan baik. Selama pemugaran tersebut, dilakukan juga penelitian arkeologi yang mendalam. Hasilnya mengungkap fakta menarik bahwa bangunan ini pernah mengalami perluasan struktur.

Struktur Bangunan yang Menarik

Penting untuk dicatat bahwa Candi Tinggi sebenarnya dibangun dalam dua tahap yang berbeda. Struktur bangunan yang lebih tua ditemukan masih tetap utuh di bagian dalam bangunan, sementara bangunan yang lebih muda kemudian dibangun menutupi struktur yang lama. Inilah mengapa Candi Tinggi memiliki sejarah yang kompleks dan menarik.

Temuan Berharga

Selama penelitian dan pemugaran Candi Tinggi, banyak artefak berharga yang ditemukan di dalamnya. Artefak-artefak ini termasuk benda-benda emas, batu-batu mulia, kaca Persia, paku besi, benda-benda logam yang terbuat dari perunggu, dan fragmen arca batu. Temuan-temuan ini merupakan bukti penting tentang kehidupan dan budaya pada masa lalu.

Pecahan Keramik China

Selain artefak-artefak berharga itu, Candi Tinggi juga menjadi saksi bisu hubungan perdagangan yang luas pada masa lalu. Di halaman kompleks ini, banyak ditemukan pecahan keramik China dari berbagai masa, termasuk masa dinasti T’ang, Song, Yuan, Ming, dan Qing. Ini adalah bukti kuat tentang bagaimana hubungan lintas budaya dan perdagangan telah membentuk sejarah kawasan ini.

Candi Tinggi sebagai Tempat Ibadah Budha

Candi Tinggi, seperti banyak candi lainnya di Indonesia, memiliki nilai spiritual yang tinggi. Tempat ini digunakan sebagai tempat ibadah oleh umat Budha, dan hingga saat ini, Candi Tinggi masih menjadi tujuan ziarah dan kegiatan keagamaan bagi umat Budha. Keberadaannya yang megah dan kuat, bahkan setelah berabad-abad, menginspirasi rasa kagum akan agama dan sejarah.

Arsitektur yang Mengagumkan

Bentuk dan arsitektur Candi Tinggi memang sangat mengesankan. Bangunan induknya yang tinggi dan megah, dengan denah bujur sangkar yang simetris, menciptakan kesan kokoh dan anggun. Detail-detail artistik pada bangunan ini, seperti relief dan hiasan-hiasan yang indah, mengungkapkan keahlian tinggi para arsitek dan seniman pada masa itu.

Baca juga: Sejarah Candi Muaro Jambi: Kekayaan Arkeologis Indonesia

Pengalaman Eksplorasi Candi Tinggi 1 Muaro Jambi

Bagi mereka yang ingin menjelajahi Candi Tinggi, pengalaman eksplorasi ini akan memberikan wawasan yang mendalam tentang sejarah, budaya, dan arsitektur kuno. Di bawah ini adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan saat Anda merencanakan kunjungan ke Candi Tinggi:

Persiapan Fisik dan Mental

Kunjungan ke Candi Tinggi akan melibatkan perjalanan ke dalam hutan tropis yang lebat. Persiapkan diri secara fisik dengan membawa perlengkapan yang sesuai, seperti alas kaki yang nyaman, pakaian yang sesuai, dan perlengkapan perjalanan lainnya. Juga, persiapkan diri Anda secara mental untuk petualangan ini dan kagumi keajaiban alam sekitarnya.

Panduan Lokal

Menggunakan jasa seorang panduan lokal adalah ide yang sangat baik. Mereka tidak hanya akan membantu menavigasi melalui hutan yang mungkin asing bagi Anda, tetapi juga dapat memberikan wawasan dan cerita menarik tentang sejarah dan budaya Candi Tinggi.

Keberlanjutan dan Pemeliharaan

Ketika berkunjung, pastikan untuk menjaga kebersihan dan integritas situs. Hutan Muaro Jambi adalah lingkungan yang rapuh, dan kita semua bertanggung jawab untuk memelihara keindahannya agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung

Penting untuk memilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke Candi Tinggi. Sebaiknya hindari musim hujan yang bisa membuat perjalanan menjadi lebih sulit. Musim kering, biasanya antara Juni dan September, adalah waktu yang lebih disukai.

Nikmati Kekayaan Alam Sekitarnya

Saat berada di Muaro Jambi, jangan lupa menikmati kekayaan alam sekitarnya. Sungai Batang Hari yang indah, dengan hutan yang lebat di sekitarnya, menawarkan pengalaman yang menakjubkan untuk menjelajahi alam.

Baca juga: Geomorfologi: Pengertian, Konsep, Objek Kajian, dan Jenis

Penutup

Keindahan arsitektur kuno, kekayaan budaya, dan pesona alam yang mengelilinginya membuat Candi Tinggi di Muaro Jambi menjadi tempat yang selalu meninggalkan kenangan bersejarah dalam hati setiap pengunjung. Keajaiban ini tetap abadi, mengingatkan kita akan keagungan peradaban masa lalu dan menginspirasi generasi-generasi mendatang untuk menjaga dan menghargai warisan yang begitu berharga ini. Jadi, jika Anda merasa haus akan petualangan dan ingin meresapi keindahan kuno Indonesia, Candi Tinggi di Muaro Jambi adalah tujuan yang sempurna.

Referensi

  1. Pusparani, Y. (2019). Alih fungsi pada Candi Tinggi Muaro Jambi dari wisata biasa agar dapat di jadikan sebagai wisata relegi. THESIS-2016.
  2. Firsty, O., & Suryasih, I. A. (2019). Strategi pengembangan candi muaro jambi sebagai wisata religi. Jurnal Destinasi Pariwisata7(1), 36.
  3. Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma8(2), 99-110.
  4. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/candi-tinggi/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *