Air Terjun Dukun Betuah
Sumatera

Air Terjun Dukun Betuah: Misteri dan Daya Tariknya

Air Terjun Dukun Betuah terletak di Desa Rantau Suli, Kecamatan Sungai Tenang, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 95 kilometer dari Kota Bangko, ibu kota Kabupaten Merangin.

Air Terjun Dukun Betuah

Berikut beberapa informasi terkait Air Terjun Dukun Betuah.

Misteri Air Dukun Betuah

Air Terjun Dukun Betuah
Sumber Gambar: Instagram Explore Merangin

Air Terjun Dukun Betuah mendapat nama dari cerita-cerita mistis yang mengelilinginya. Menurut penduduk setempat, air terjun ini dianggap angker. Banyak cerita dan pengalaman mistis yang telah diceritakan oleh mereka yang tinggal di sekitar air terjun.

Salah satu cerita yang sering didengar adalah penampakan makhluk gaib yang muncul di sekitar air terjun. Para penduduk yang sedang mencari ikan di sungai dekat air terjun sering melihat penampakan makhluk gaib yang nampak samar-samar.

Dulu, saat air terjun ini belum populer sebagai tujuan wisata, suasana di sekitar air terjun sangat sepi dan menyeramkan. Bahkan terdapat kejadian aneh di mana penduduk yang mencoba mencari ikan dengan racun sama sekali tidak mendapatkan hasil. Meskipun mereka menggunakan beberapa karung racun dan melemparkannya ke sungai, tidak ada satu ekor ikan pun yang mati atau mengambang di permukaan air.

Kini, penduduk setempat menggunakan cara-cara tradisional yang lebih ramah lingkungan, seperti pukat, memancing, atau lukah untuk mencari ikan di Air Terjun Dukun Betuah. Ada beberapa jenis ikan asli sungai yang bisa ditemukan di sini, salah satunya adalah ikan semah.

Baca juga: Gunung Masurai Salah Satu Keindahan di Provinsi Jambi

Rute Menuju Air Terjun Dukun Betuah

Air Terjun Dukun Betuah
Sumber Gambar: Instagram Explore Merangin

Perjalanan dari Kota Bangko menuju Air Terjun Dukun Betuah akan memakan waktu sekitar 3 jam. Anda dapat menggunakan mobil atau sepeda motor untuk mencapai tempat ini. Sesampainya di pemukiman penduduk di sekitar air terjun, Anda harus bersiap untuk perjalanan tambahan sekitar 1,5 kilometer. Namun, jalur ini hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor.

Untuk mencapai Air Terjun Dukun Betuah, harus menempuh jalur yang cukup ekstrim dan menantang. Jalur ini penuh dengan bebatuan yang menjadi rintangan, dan mungkin perlu memanfaatkan rotan sebagai pegangan agar tidak terpeleset.

Meskipun perjalanan ini penuh tantangan, semua upaya dan perjuangan yang dilakukan akan terbayar lunas ketika tiba di destinasi akhir. Gemuruh suara derasnya air yang jatuh menjadi pengobat rasa lelah dan sangat menenangkan jiwa. Air terjun ini masih sangat alami dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang, menciptakan atmosfer yang menakjubkan.

Google Maps Lokasi Air Terjun

Jam Operasional

Air Terjun Dukun Betuah terbuka selama 24 jam untuk kunjungan wisata, jadi para wisatawan bisa mendatangi objek wisata ini kapanpun.

Harga Tiket Masuk

Belum ada informasi apapun terkait tiket harga masuk saat kami mencari informasi di halaman website remis Dinas Pariwisata Kabupaten Merangin.

Daya Tarik Air Terjun Dukun Betuah

Sumber Gambar: Wisato.id

Air Terjun Dukun Betuah memiliki ketinggian mencapai 100 meter, menjulang tinggi di tebing-tebing yang curam. Pemandangan air terjun ini sangat eksotis dan indah. Tebing-tebing di sekitarnya ditumbuhi oleh tumbuhan hijau yang semakin memperindah pemandangan. Udara yang sejuk dan suasana alam yang asri menjadikan air terjun ini sebagai tempat yang sempurna untuk menghilangkan penat dan stres.

Debit air di air terjun cukup tinggi. Dari jarak 30 meter saja, wisatawan akan dibasahi oleh cipratan air yang segar. Airnya sangat jernih dan mengundang untuk mandi sambil menikmati panorama air terjun. Namun, perlu diingat bahwa berada tepat di bawah jatuhnya air terjun tidak disarankan, karena tingginya air terjun dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan rasa sakit pada tubuh.

Baca juga: Pesona Keindahan Wisata Pantai di Jambi

Aktivitas di Air Terjun Dukun Betuah

Saat berkunjung ke Air Terjun Dukun Betuah, ada beragam aktivitas yang dapat di nikmati:

  • Menikmati Keindahan Air Terjun
  • Mandi dan Bermain Air
  • Mancing
  • Berkemah
  • Rekreasi Bersama Keluarga dan Teman
  • Petualangan Fotografi

Fasilitas di Air Terjun Dukun Betuah

Air Terjun Dukun Betuah
Sumber Gambar: Instagram Explore Merangin

Penting untuk diingat bahwa Air Terjun Dukun Betuah masih menjadi destinasi yang belum tersentuh oleh pembangunan dari pemerintah. Oleh karena itu, fasilitas di sekitar air terjun sangat terbatas. Tidak ada fasilitas seperti toilet, kamar ganti, atau pun pedagang yang menjual makanan atau minuman di tempat ini.

Anda bisa menemukan mushola di pemukiman warga yang dekat dengan air terjun. Namun, sebaiknya persiapkan bekal makanan dan minuman secukupnya sebelum berkunjung ke sini.

Jika merencanakan menginap, tidak ada hotel, penginapan, atau homestay di Kecamatan Sungai Tenang. Sebaiknya cari akomodasi di Kota Bangko yang memiliki beberapa hotel dan akomodasi yang dapat di pilih sebagai basis selama menjelajahi daerah ini.

Baca juga: Wisata Baru di Maros Sulawesi Selatan

Tips Berwisata ke Air Terjun Dukun Betuah

Untuk memastikan perjalanan berjalan lancar dan aman, berikut beberapa tips penting:

  • Jalan menuju air terjun saat ini hanya bisa diakses dengan sepeda motor. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan utama.
  • Karena tidak ada pedagang makanan di sekitar air terjun, pastikan untuk membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup sebelum pergi. Juga, bawa kantong plastik untuk sampah agar lingkungan tetap bersih.
  • Bersiaplah dengan pakaian yang sesuai, terutama jika berencana mandi di air terjun. Selain itu, bawa perlengkapan seperti pakaian ganti dan pelindung dari air terjun.
  • Jalur menuju air terjun cukup terjal, licin, dan penuh bebatuan. Pastikan untuk berhati-hati dan menggunakan alas kaki yang sesuai. Selalu ingat untuk menjaga keselamatan diri.
  • Karena Air Terjun Dukun Betuah memiliki nuansa mistis, berbicaralah dengan sopan dan hormat saat berada di sana. Juga, hindari mencari ikan dengan alat atau cara yang merusak lingkungan.
  • Jagalah kebersihan air terjun dan lingkungan sekitarnya. Bantu melestarikan keindahan alam ini dengan tidak meninggalkan sampah di sana.
  • Sebelum berangkat, lakukan doa dan berikan penghormatan kepada lingkungan dan alam sekitarnya. Hal ini adalah cara baik untuk menghormati keajaiban alam ini.

Referensi

  1. https://meranginkab.go.id/wisata/air-terjun-dukun-betuah
  2. https://geopark.meranginkab.go.id/id/berita/detail/air-terjun-dukun-betuah