pantai nusa dua
Bali

Pantai Nusa Dua: Alamat dan Rute, dan Harga Tiket

Pantai Nusa Dua Bali merupakan salah satu pantai terindah di Bali yang wajib dikunjungi saat liburan di pulau Bali. Pantai ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dengan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan ombak yang tenang. Selain itu, Pantai dikelilingi oleh resort dan hotel mewah yang menawarkan pemandangan indah pantai dan fasilitas yang lengkap.

Pantai Nusa Dua Bali memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai ini terkenal dengan ombak yang tenang, sehingga cocok untuk berenang dan bermain air dengan anak-anak. Selain itu, juga merupakan tempat yang ideal untuk menikmati matahari terbenam yang indah.

Di sekitar Pantai, terdapat banyak pohon kelapa yang menambah keindahan pantai ini. Selain itu, pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti toilet, kamar mandi, tempat parkir, dan restoran yang menyajikan makanan dan minuman khas Bali.

Baca juga: Pantai Melasti: Keindahan Pasir Putih di Selatan Pulau Bali

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua Bali menawarkan berbagai aktivitas yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai:

Snorkeling dan Diving

Pantai Nusa Dua Bali memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa, sehingga cocok untuk melakukan snorkeling dan diving. Terdapat banyak operator tur yang menawarkan paket snorkeling dan diving di sekitar Pantai dengan harga yang terjangkau.

Surfing

Pantai Nusa Dua Bali juga cocok untuk para peselancar, terutama bagi pemula yang ingin belajar surfing. Ombak di pantai ini cenderung tenang, sehingga cocok untuk para pemula. Namun, jika ingin mencari tantangan, Anda dapat menuju ke Pantai Geger yang hanya berjarak beberapa menit dari Pantai.

Jet Ski

Jika Anda suka dengan olahraga air yang lebih menantang, dapat mencoba jet ski di Pantai. Terdapat banyak operator tur yang menawarkan sewa jet ski dengan harga yang terjangkau.

Bersepeda

Pantai Nusa Dua Bali juga cocok untuk bersepeda, terutama di pagi hari saat udara masih segar. Anda dapat menyewa sepeda dan menjelajahi sekitar pantai, melintasi desa-desa tradisional Bali yang masih asri.

Berjalan-jalan

Jika tidak ingin melakukan aktivitas yang terlalu menantang, Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil menikmati keindahan alam Bali. Anda juga dapat menikmati matahari terbenam di Pantai yang sangat indah.

Bermain Voli Pantai

Pantai Nusa Dua Bali juga menyediakan fasilitas untuk bermain voli pantai. Anda dapat memainkan olahraga ini bersama teman atau keluarga, sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Menjelajahi Alam

Jika Anda tertarik untuk menjelajahi alam sekitar Pantai Nusa Dua, Bali, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata menarik di sekitarnya.

Taman Ayun

Salah satu situs warisan dunia UNESCO, terletak di desa Mengwi dan dapat dijangkau dalam waktu sekitar 30 menit dari Pantai Nusa Dua. Taman ini dikenal karena arsitektur tradisionalnya yang indah dan taman yang sangat rapi.

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah monumen yang sangat populer di Bali dan terletak sekitar 15 kilometer dari Pantai Nusa Dua. Monumen ini terkenal dengan patung Dewa Wisnu yang megah dan merupakan patung tertinggi di Indonesia. Selain itu, GWK juga menawarkan berbagai atraksi seperti tarian tradisional Bali dan pertunjukan seni lainnya.

Pura Uluwatu

Merupakan tempat wisata populer di Bali dan terletak sekitar 30 menit berkendara dari Pantai Nusa Dua. Pura ini terletak di tebing karang yang menjorok ke laut dan menawarkan pemandangan yang spektakuler. Di sini Anda juga bisa menyaksikan tarian kecak yang populer dan menikmati matahari terbenam yang indah.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi saat liburan di Bali, karena terdapat banyak aktivitas yang menarik dan menyenangkan yang dapat dilakukan di pantai ini.

Baca juga: Candi Borobudur Salah Satu Keajaiban Dunia

Lokasi dan Rute Lokasi

Mudah sekali akses ke Pantai Nusa Dua dengan banyak penunjuk jalan yang tersedia. Terletak di sisi selatan Bandara Ngurah Rai, hanya sekitar 12 km yang bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit melalui rute By Pass Ngurah Rai. Dari Kuta, Bali, lokasi pantai bisa dicapai dalam 30 menit perjalanan. Pantai Nusa Dua juga tidak jauh dari Jimbaran yang hanya berjarak sekitar 15 menit perjalanan saja. Terletak bersebelahan dengan objek wisata Tanjung Benoa Water Sport.

Google Map Lokasi Pantai Nusa Dua

Harga Tiket Masuk Pantai Nusa Dua

Tidak ada biaya masuk yang dibebankan kepada pengunjung untuk memasuki kawasan pariwisata Nusa Dua. Hal ini juga berlaku untuk pantai yang terletak di kawasan Nusa Dua, di mana pengunjung dapat menikmati pantai tersebut tanpa dikenakan biaya masuk. Namun, perlu diketahui bahwa ada biaya yang dikenakan jika Anda ingin menonton pertunjukan Devdan Show di Nusa Dua Theater, atau jika Anda ingin bermain golf di Bali National Golf Club.

Baca juga: Desa Penglipuran: Salah Satu Wisata Terunik di Bangli

Pilihan Transportasi

Untuk transportasi di Pulau Bali, taksi meter atau taksi online adalah pilihan umumnya tersedia. Namun, menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil merupakan pilihan terbaik. Mencari jasa sewa motor atau rental mobil di Bali dapat dilakukan dengan mudah melalui mesin pencari seperti Google.

Jika tidak ingin repot atau tidak terbiasa dengan jalanan di Bali, disarankan untuk mencari jasa sewa mobil dengan sopir. Tarif sewa sepeda motor di Bali adalah sekitar Rp 75,000 per 24 jam, sedangkan harga sewa mobil tergantung pada jenis mobil yang diinginkan. Sebagai contoh, Toyota Innova Reborn di Bali dengan sopir memiliki harga sekitar Rp 550,000 per 12 jam tanpa BBM.

Tempat Menginap di Sekitar Pantai Nusa Dua

Di sekitar Pantai Nusa Dua, terdapat banyak pilihan penginapan yang dapat dipilih sesuai dengan budget dan preferensi Anda. Berikut adalah beberapa pilihan penginapan di sekitar Pantai:

Grand Hyatt Nusa Dua

Hotel mewah Grand Hyatt Bali adalah salah satu tempat menginap terdekat dari Pantai. Dengan kamar-kamar yang nyaman dan balkon pribadi, hotel ini menawarkan berbagai fasilitas dan layanan kelas internasional. Cocok untuk pasangan yang ingin merayakan bulan madu mereka.

The Westin Resort Nusa Dua

Terdapat banyak pilihan penginapan dekat Pantai Nusa Dua, salah satunya adalah The Westin Resort Nusa Dua. Hotel ini memiliki lokasi yang langsung berbatasan dengan pantai. Selain fasilitas standar kelas internasional, terdapat juga kursi pantai untuk tamu yang menginap.

Ayodya Resort Bali

Pantai Nusa Dua memiliki banyak penginapan mewah, salah satunya adalah Ayodya Resort Bali. Hotel bintang 5 ini menawarkan fasilitas dan layanan kamar berkelas internasional. Terdapat banyak fasilitas yang akan memanjakan tamu, seperti kolam renang yang dirancang khas Bali.

Inaya Putri Bali

Penginapan dekat Pantai Nusa Dua ini menawarkan fasilitas dan layanan hotel yang beroperasi 24 jam. Tamu dapat menikmati fasilitas kolam renang outdoor, perpustakaan, parkir, bar, layanan shuttle, pusat kebugaran, tempat pijat dan spa, serta fasilitas BBQ. Resort mewah ini juga menawarkan kamar dengan pemandangan langsung ke Pantai.

Courtyard by Marriot Bali Nusa Dua

Jika Anda mencari tempat menginap dekat Pantai Nusa Dua untuk acara atau kegiatan, Courtyard by Marriot Bali Nusa Dua dapat menjadi pilihan alternatif. Hotel ini menyediakan kamar hotel yang nyaman dengan sofa, meja, lemari, dan berbagai fasilitas lainnya. Pihak hotel juga menyediakan fasilitas shuttle untuk mengantar tamu ke Pantai.

The Mulia Bali

The Mulia Nusa Dua menawarkan kamar hotel yang dilengkapi dengan kamar mandi berdesain mewah. Fasilitas menarik lainnya yang ditawarkan oleh hotel ini adalah open bar dengan pemandangan langsung ke Pantai. Hotel ini juga dikenal dengan kolam renangnya yang Instagramable.

Amarterra Villas Bali Nusa

Dua Tempat menginap ini menawarkan kamar yang nyaman dan praktis dekat Pantai. Terdapat fasilitas AC, internet, mini bar, layanan concierge, dan kolam renang outdoor. Tamu hotel juga dapat menggunakan tempat parkir secara gratis.

The St Regis Bali Resort

Pilihan menginap dekat Pantai Nusa Dua yang mewah adalah The St Regis Bali Resort. Hotel yang mendapatkan banyak penghargaan ini menawarkan kamar dengan fasilitas lengkap dan modern. Terdapat juga fasilitas beach pool lengkap dengan kursi pantai.

Baca juga: Iklan Baris: Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contoh

Tips Berwisata ke Pantai Nusa Dua

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam berwisata ke pantai Nusa Dua:

Kenali kondisi cuaca

Sebelum pergi ke pantai, pastikan untuk memeriksa kondisi cuaca terlebih dahulu. Hindari berwisata pada musim hujan yang dapat mengganggu aktivitas di pantai.

Pilih waktu yang tepat

Coba pilih waktu yang tepat saat pergi ke pantai Nusa Dua, seperti pagi atau sore hari, karena pada siang hari terik matahari cukup kuat.

Siapkan perlengkapan

Bawa perlengkapan seperti handuk, sunblock, kacamata hitam, topi, serta sandal pantai agar lebih nyaman saat beraktivitas di pantai.

Jaga kebersihan

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan pantai dan lingkungan sekitarnya dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak terumbu karang.

Menikmati wisata kuliner

Pantai Nusa Dua memiliki banyak restoran dan warung yang menyajikan berbagai hidangan khas Bali. Coba eksplorasi kuliner yang ada di sekitar pantai untuk merasakan sensasi wisata kuliner yang berbeda.

Pilih penginapan yang nyaman

Ada banyak penginapan yang tersedia di sekitar pantai Nusa Dua. Pilih penginapan yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menambah kenyamanan selama berwisata.

Bersiap-siap dengan aktivitas air

Pantai Nusa Dua menawarkan berbagai aktivitas air seperti snorkeling, diving, surfing, dan banana boat. Siapkan diri dengan membawa perlengkapan yang sesuai dan pastikan untuk mengikuti instruksi yang diberikan oleh pengelola aktivitas tersebut.

Nikmati keindahan alam

Selain menikmati aktivitas air, pantai Nusa Dua juga menawarkan pemandangan alam yang indah. Nikmati keindahan pantai dan jangan lupa untuk mengambil foto sebagai kenang-kenangan.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Author Berpengalaman di Bidangnya Pada Algoritma EEAT

Perlengkapan Berlibur ke Pantai Nusa Dua

Berikut adalah beberapa perlengkapan yang perlu Anda siapkan untuk berlibur ke pantai Nusa Dua:

  • Baju renang dan handuk: Pantai yang indah dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang bersih. Oleh karena itu, baju renang dan handuk adalah barang penting yang harus Anda bawa.
  • Sunscreen: Sinar matahari di pantai bisa sangat kuat dan berbahaya bagi kulit Anda. Oleh karena itu, gunakan sunscreen dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya.
  • Kacamata hitam dan topi: Selain sunscreen, kacamata hitam dan topi juga dapat membantu melindungi mata dan kepala Anda dari sinar matahari yang kuat.
  • Sandal atau alas kaki yang nyaman: Saat berada di pantai, Anda akan berjalan di atas pasir yang panas dan mungkin juga di atas bebatuan yang tajam. Oleh karena itu, bawa sandal atau alas kaki yang nyaman dan cocok untuk kegiatan di pantai.
  • Perlengkapan snorkeling atau diving (jika Anda berencana melakukan kegiatan tersebut): Jika Anda berencana untuk melakukan snorkeling atau diving di pantai, pastikan untuk membawa perlengkapan yang sesuai seperti masker, snorkel, dan peralatan selam.
  • Tas pantai: Bawa tas pantai untuk membawa semua perlengkapan Anda seperti baju renang, handuk, sunscreen, dan perlengkapan lainnya. Tas pantai juga dapat membantu Anda untuk menghindari kehilangan barang-barang Anda di pantai.

Pengalaman Berlibur di Pantai Nusa Dua

Saya terkesima dengan keindahan pantai dan pantai yang bersih dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih dan biru. Pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan laut yang luas, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Saya juga mencoba berbagai aktivitas yang tersedia di pantai Nusa Dua, seperti snorkeling, jet ski, parasailing, banana boat, dan lain-lain. Aktivitas yang paling saya sukai adalah snorkeling, karena bisa melihat berbagai spesies ikan yang berwarna-warni dan keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Selain aktivitas air, di Pantai Nusa Dua juga terdapat sejumlah restoran dan kafe yang menyajikan makanan dan minuman yang lezat, mulai dari makanan tradisional Indonesia hingga hidangan internasional. Saya mencoba beberapa hidangan lokal Bali, seperti nasi campur yang sangat lezat kecuali babi guling karena saya seorang muslim.

Penutup

Pantai Nusa Dua di Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang memukau, banyaknya aktivitas wisata yang bisa dilakukan, serta penginapan dan fasilitas pendukung yang sangat memadai.

Bagi wisatawan yang mencari liburan yang santai, indah, dan berkesan, Pantai Nusa Dua adalah pilihan yang tepat. Namun, perlu diingat juga untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan saat berkunjung ke pantai ini.

Referensi

  1. https://disparda.baliprov.go.id/pantai-nusa-dua/2021/09/
  2. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15912/Nusa-Gede-Island-Wisata-Gratis-Penuh-Pesona.html
  3. https://www.indonesia.go.id/kategori/kabar-g20/6322/mengenal-nusa-dua-dari-lahan-tandus-jadi-kawasan-prestisius?lang=1