pantai parangtritis
Jawa

Pantai Parangtritis: Lokasi, Tips, dan Harga Tiket

Pantai Parangtritis terletak di Kabupaten Gunung Kidul, dan menawarkan pesona alam yang menakjubkan dengan pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan pemandangan tebing-tebing karst yang spektakuler.

Pantai Parangtritis terkenal sebagai tempat surfing yang populer di Yogyakarta. Ombaknya yang besar dan kuat menarik para peselancar dari berbagai belahan dunia. Namun, Anda tidak perlu menjadi peselancar untuk menikmati keindahan pantai ini. Anda dapat menikmati panorama indah pantai dengan hanya duduk dan menikmati suasana pantai yang damai.

Keindahan Pantai Parangtritis

Keindahan Pantai Parangtritis memang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat spektakuler dengan pasir putih yang bersih dan halus, air laut yang jernih, dan ombak yang besar dan kuat. Pantai ini terletak di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta, dan memiliki panorama yang indah dengan tebing-tebing karst yang menjulang tinggi di sekeliling pantai.

Saat matahari terbit, Anda dapat menyaksikan keindahan sunrise yang sangat memukau. Warna-warna langit yang berubah dari kemerahan ke kuning keemasan yang cerah menyajikan pemandangan yang sangat mengagumkan. Anda juga dapat menikmati pemandangan indah matahari terbenam yang memberikan kesan romantis di pantai.

Baca juga: Pantai Nusa Dua: Keindahan Pantai Terindah di Bali

Lokasi Pantai Parangtritis

Lokasi Pantai Parangtritis terletak di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia. Pantai ini terletak sekitar 27 km selatan Kota Yogyakarta dan dapat diakses dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus atau taksi. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti jalur Jalan Parangtritis yang merupakan jalan utama yang menghubungkan Kota Yogyakarta dengan Pantai Parangtritis.

Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus atau taksi dari Terminal Giwangan atau Terminal Jombor di Kota Yogyakarta, kemudian turun di terminal Parangtritis dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau angkutan umum lokal.

Google Map Lokasi Pantai Parangtritis

Aktivitas Menyenangkan di Pantai Parangtritis

Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pantai Parangtritis:

Berselancar

Pantai Parangtritis memang dikenal sebagai surga bagi para peselancar. Pasalnya, ombak-ombak besar dan kuat yang dihasilkan oleh Samudra Hindia memberikan tantangan tersendiri bagi para peselancar untuk menguasai ombak. Pantai ini menjadi tempat yang populer untuk berselancar bagi para wisatawan lokal maupun internasional.

Bagi para wisatawan yang ingin mencoba berselancar di Pantai Parangtritis, tersedia berbagai pilihan paket belajar berselancar dengan bantuan instruktur yang berpengalaman. Instruktur tersebut dapat membantu Anda mempelajari teknik-teknik dasar selancar, termasuk cara mengendalikan papan selancar, memposisikan tubuh, dan menangkap ombak. Dalam pelajaran selancar tersebut, instruktur juga memberikan penekanan pada keselamatan dan kesadaran akan lingkungan sekitar.

Baca juga: Pantai Melasti: Keindahan Pasir Putih di Selatan Pulau Bali

Bermain Pasir

Pasir putih dan halus di Pantai Parangtritis memang sangat cocok untuk bermain pasir bersama keluarga atau teman-teman. Anda dapat menikmati kegiatan seperti membangun benteng pasir dengan kreatifitas yang tinggi, bermain bola pantai dengan menyegarkan tubuh dan berjemur di atas pasir yang hangat dengan menikmati sinar matahari yang menyehatkan.

Kegiatan membangun benteng pasir akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menarik bagi keluarga atau teman-teman yang datang bersama, dapat menciptakan bentuk-bentuk yang unik dan kreatif dengan pasir putih tersebut. Bahkan, banyak wisatawan yang melakukan kontes pembuatan benteng pasir di pantai ini.

Selain itu, bermain bola pantai juga menjadi pilihan yang populer di Pantai Parangtritis. Kegiatan yang simpel ini dapat membantu meningkatkan koordinasi, keseimbangan dan ketahanan fisik.

Menikmati Pemandangan

Pantai Parangtritis menawarkan pemandangan yang sangat memukau dan indah, membuatnya menjadi destinasi wisata yang sangat populer di Yogyakarta. Dengan memiliki pemandangan yang menghadap langsung ke Samudera Hindia, pantai ini menawarkan pemandangan yang tak terlupakan.

Menikmati keindahan laut yang biru dan air yang jernih yang terhampar sejauh mata memandang. Selain itu, pantai ini juga memiliki pemandangan lepas ke arah barat, menjadikannya lokasi yang tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Jika menyukai aktivitas yang lebih santai, Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil menikmati angin laut yang sejuk dan segar akan merasakan sensasi menenangkan dari suara deburan ombak yang akan membawa Anda ke dalam kedamaian batin. Pastikan untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah ini agar dapat dikenang sepanjang waktu.

Mendaki Tebing

Pantai Parangtritis dikelilingi oleh tebing karst yang menjulang tinggi, Anda dapat mendaki tebing untuk menikmati pemandangan pantai yang indah dari ketinggian. Namun, pastikan Anda melakukan kegiatan ini dengan hati-hati dan bersama orang yang ahli dalam mendaki tebing.

Baca juga: Wisata Kebun Kurma Pasuruhan Jawa Timur

Menyewa ATV

Untuk yang suka dengan petualangan, dapat menyewa ATV atau sepeda motor trail dengan tarif Rp.50.000 – 100.000 persetengah jam untuk mengelilingi pantai. Dengan kendaraan ini, Anda dapat menjelajahi keindahan alam Pantai Parangtritis dengan cara yang lebih cepat dan menyenangkan.

Menjelajahi Goa

Di sekitar Pantai Parangtritis, terdapat beberapa goa yang dapat dijelajahi oleh para wisatawan. Goa-goa ini memiliki keunikan masing-masing, seperti adanya stalaktit dan stalagmit yang sangat indah dan unik. Salah satu goa yang paling terkenal adalah Goa Jepang yang memiliki sejarah tersendiri selama masa penjajahan Jepang di Indonesia.

Di dalam goa ini, wisatawan dapat menemukan gua-gua kecil dan terowongan yang panjang. Selain Goa Jepang, terdapat juga Goa Barat yang memiliki jalur pendakian yang menantang, dan Goa Selarong yang menjadi pusat kegiatan spiritual masyarakat setempat.

Wisata ke goa-goa di sekitar Pantai Parangtritis akan memberikan pengalaman yang sangat berbeda dan tak terlupakan bagi para wisatawan yang menyukai petualangan dan keindahan alam yang menakjubkan.

Menyaksikan Sunrise dan Sunset

Menikmati momen matahari terbit atau terbenam di Pantai Parangtritis adalah pengalaman romantis yang tak terlupakan. Anda dapat memilih untuk bersantai di pantai dan menikmati keindahan warna-warni langit saat matahari terbit atau tenggelam di ufuk barat, atau dapat naik ke puncak tebing untuk mendapatkan pemandangan yang lebih spektakuler.

Bagi yang ingin menikmati matahari terbit, disarankan untuk datang ke pantai pada pagi hari sebelum matahari terbit. Menikmati suasana yang tenang dan hening di pantai sambil menunggu keindahan langit saat matahari muncul dari ufuk timur. Pemandangan matahari terbit yang indah dapat disaksikan sepanjang pantai atau dari atas tebing yang terletak di sisi barat pantai.

Sedangkan untuk menikmati matahari terbenam, disarankan untuk datang ke pantai pada sore hari, sekitar satu jam sebelum matahari tenggelam, menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau dari pantai atau dari puncak tebing yang menghadap ke barat. Terdapat beberapa tempat di sekitar pantai yang cocok untuk menikmati matahari terbenam, seperti area parkir yang terletak di ujung selatan pantai, atau di sisi barat pantai di sekitar tebing.

Baca juga: Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat Beserta Doanya

Fakta Menarik Pantai Parangtritis

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Pantai Parangtritis:

Legenda tentang Nyi Roro Kidul

Pesona Pantai Parangtritis tidak dapat dipisahkan dari sejarah, legenda, dan mitos Ratu Pantai Selatan yang telah mendunia di Indonesia. Cerita ini berakar pada mitos tentang kerajaan yang konon berada di perairan sekitar pantai tersebut. Nyi Roro Kidul, sebagai figur sentral dalam sejarah panjang Yogyakarta dan Kerajaan Mataram, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kisah ini. Terdapat banyak cerita dan mitos yang mengelilingi Nyi Roro Kidul, sang Ratu Laut Selatan.

Dari zaman dahulu, diceritakan bahwa kerajaan ini telah ada, dan kepemimpinannya dipegang oleh Nyi Roro Kidul, penguasa laut selatan yang misterius. Sampai saat ini, misteri ini masih menjadi bagian dari tradisi turun temurun dan sering menjadi topik pembicaraan di kalangan penduduk setempat maupun wisatawan, terutama ketika dikaitkan dengan larangan mengenakan pakaian berwarna hijau.

Pantai Parangtritis memiliki hubungan erat dengan mitos yang beredar, bahwa para wisatawan yang datang dilarang mengenakan pakaian berwarna hijau. Sebagai bagian dari wilayah Pantai Selatan, Parangtritis diyakini sebagai daerah yang dikuasai oleh tokoh mitos Nyi Roro Kidul. Konon, para pengunjung yang memutuskan untuk mengenakan baju berwarna hijau saat berkunjung ke Parangtritis akan “ditarik” oleh ombak Nyi Roro Kidul. Diyakini bahwa Nyi Roro Kidul memiliki keterkaitan khusus dengan warna hijau. Oleh karena itu, masyarakat setempat mendorong agar wisatawan yang mengunjungi Parangtritis atau tempat-tempat lainnya selalu menghormati adat dan larangan yang berlaku di daerah tersebut sebagai tanda penghormatan kepada mitos dan budaya setempat.

Mempunyai palung

Keberadaan palung membuat ombak di Pantai Parangtritis tergolong berbahaya. Gelombang laut menjadi semakin berbahaya dan mendapat sebutan RIP current. Hal ini menarik perhatian wisatawan untuk bermain air di sekitar palung, yang dapat berujung pada kecelakaan.

Pantai parangtritis menghadap samudera hindia

Pantai ini terletak di selatan Pulau Jawa dan menghadap langsung ke Samudera Hindia. Pemandangan ke arah laut lepas sangat indah dan membuat wisatawan betah berlama-lama di sini.

Tempat terindah menikmati matahari terbenam

Pantai Parangtritis juga merupakan tempat yang indah untuk menikmati matahari terbenam. Wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam di sini.

Terdapat gumuk pasir

Di dekat Pantai Parangtritis terdapat gumuk pasir, fenomena alam perbukitan pasir yang terbentuk oleh angin. Wisata gumuk pasir menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Baca juga: Asimilasi: Pengertian, Faktor Pendorong, Ciri, dan Contoh

Tips Berwisata ke Pantai Parangtritis

Berikut ini adalah beberapa tips berwisata ke Pantai Parangtritis:

  • Persiapkan fisik dan kesehatan sebelum berwisata ke Pantai, terutama jika berencana untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan tenaga seperti bermain selancar atau hiking.
  • Gunakan pakaian yang sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan di pantai. Jangan lupa untuk membawa pakaian cadangan dan perlengkapan mandi.
  • Gunakan tabir surya dan topi untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya. Jangan lupa untuk minum air yang cukup agar tidak dehidrasi.
  • Jangan berenang di area pantai yang dilarang, seperti area yang berbahaya dan berpalung. Selalu perhatikan tanda peringatan dan petunjuk dari petugas pantai.
  • Hindari bermain air di saat ombak sedang tinggi atau cuaca buruk. Kondisi cuaca dan ombak yang buruk dapat berbahaya bagi keselamatan Anda.
  • Jangan merusak lingkungan pantai dengan membuang sampah sembarangan. Selalu gunakan tempat sampah yang disediakan dan berkontribusi untuk menjaga kebersihan pantai.
  • Gunakan jasa pemandu wisata jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam dan aman.

Pengalaman Berlibur di Pantai Parangtritis

Sesampainya di pantai Parangtritis, saya langsung terpesona dengan panorama pantai yang memukau, terutama saat matahari terbenam di ufuk barat, Saya juga melihat banyak pengunjung yang sedang menikmati suasana pantai dengan bermain di pasir pantai, menikmati angin laut, atau bahkan berselancar di ombak pantai.

Saya juga mencoba beberapa aktivitas yang tersedia di Pantai Parangtritis, seperti bermain air, berkuda, atau menikmati sensasi naik delman. Saya juga mengunjungi kuil Pantai Parangtritis, yang merupakan tempat pemujaan di Pantai Parangtritis. Kuil tersebut memiliki sejarah dan budaya yang sangat menarik, dan menjadi tempat yang sangat disukai oleh wisatawan.

Selain itu, di Pantai Parangtritis juga tersedia berbagai kuliner khas Yogyakarta seperti Gudeg dan Bakmi Jawa yang sangat lezat. Ada juga toko oleh-oleh yang menjual berbagai jenis kerajinan tangan, seperti batik dan patung kayu, sebagai kenang-kenangan dari Pantai Parangtritis.

Harga Tiket Masuk

Biaya masuk ke Pantai Parangtritis adalah sebesar Rp10.000 per orang. Harga ini berdasarkan pada ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Bupati Bantul Tahun 2022 Nomor 106 mengenai Panduan Pelaksanaan Pengenaan Biaya Masuk di Tempat Rekreasi dan Arena Olahraga di Objek Wisata.

Oleh karena itu, sesuai dengan peraturan tersebut, biaya masuk ke Pantai Parangtritis pada tanggal 1 Desember 2022 adalah Rp10.000 per orang. Harga tiket masuk yang serupa berlaku juga untuk Pantai Depok yang terletak sekitar 3,9 kilometer atau sekitar 10 menit perjalanan dengan kendaraan dari Pantai Parangtritis.

Penutup

Pantai Parangtritis merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia. Pantai ini menawarkan berbagai keindahan alam, mulai dari ombak besar yang cocok untuk berselancar, pasir putih yang halus untuk bermain pasir bersama keluarga atau teman-teman, pemandangan yang indah untuk dinikmati sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai, goa yang indah untuk dijelajahi, hingga momen indah saat matahari terbit atau terbenam.

Namun, di samping keindahannya, terdapat pula beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti keselamatan saat bermain air dan adanya mitos yang berkaitan dengan Pantai Parangtritis. Oleh karena itu, sangat penting bagi para wisatawan untuk memperhatikan dan menghormati aturan serta keselamatan saat berkunjung ke Pantai Parangtritis. Semoga bermanfaat.

Referensi

  1. https://pariwisata.jogjakota.go.id
  2. https://visitingjogja.jogjaprov.go.id
  3. https://parangtritis.bantulkab.go.id