Pantai Pink Lombok
Bali

Pantai Pink Lombok: Sejarah, Pesona Budaya, dan Harga Tiket

Pantai Pink Lombok terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, dan dikenal juga sebagai Pink Beach Lombok. Ini adalah salah satu dari tujuh pantai di seluruh dunia yang memiliki pasir berwarna pink, serta salah satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki ciri khas tersebut.

Warna pink pada pasirnya berasal dari percampuran pasir putih dengan serpihan karang merah muda. Paparan sinar matahari dan sentuhan air laut membuat warna pink pantai ini semakin mencolok.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Pink, ada beberapa cara untuk mencapainya. Salah satunya adalah melalui jalur darat, dengan mengikuti rute dari kota Mataram ke Pantai Tanjung Ringgit karena kedekatannya. Petunjuk menuju Pantai Pink akan muncul sekitar 1 kilometer sebelum Anda tiba di Pantai Tanjung Ringgit atau sebelum mencapai pintu masuknya.

Selain melalui jalur darat, akses lain untuk mencapai pantai ini adalah melalui jalur laut. Para wisatawan dapat berlayar ke Tanjung Luar dari pelabuhan kecil menggunakan perahu. Perjalanan melalui jalur laut ini memakan waktu sekitar 1 jam dan akan berhenti di beberapa lokasi menarik yang sekarang menjadi tujuan wisata populer di Pantai Pink, seperti Pulau Pasir, Pantai Pink 2, Gili Petelu, Pantai Pink 1, dan Pantai Semangkok.

Sejarah Pantai Pink Lombok

Dulu, Pantai Pink Lombok dikenal sebagai Pantai Tangsi. Pada saat itu, hanya sedikit wisatawan yang mengetahui tentang lokasi yang cukup terpencil ini. Untuk mencapai Pantai Pink, perjalanan melibatkan melewati hutan tropis dan jalan yang rusak. Pada awalnya, Pantai Pink Lombok hanya menjadi tujuan yang dikunjungi oleh sekelompok anak muda di Lombok pada tahun 2012-2013.

Secara Perlahan, informasi tentang pasir pantai yang memiliki warna pink ini menyebar ke kalangan para pelancong dan anak-anak muda di Mataram. Mereka mulai mengunjungi pantai ini sambil mengabadikan kecantikannya. Seiring berjalannya waktu, keindahan pantai berpasir pink ini menjadi terkenal melalui media sosial hingga menjadi viral.

Akhirnya, pelaku pariwisata di Lombok mulai mengembangkan potensi wisata ini dengan mempromosikan nama baru, yaitu Pink Beach Lombok. Mereka juga menciptakan alternatif akses ke Pink Beach Lombok melalui jalur laut dengan menggunakan perahu, memanfaatkan dermaga yang telah ada di Tanjung Luar, Lombok Timur. Sampai hari ini, Pantai Tangsi lebih dikenal dengan nama Pink Beach Lombok atau Pantai Pink Lombok.

Baca juga: Sawarna Srikandi: Tempat Wisata Terbaik di Banten

Keajaiban Pantai Pink Lombok

Keajaiban Pantai Pink Lombok

Salah satu hal yang paling membedakan Pantai Pink dari pantai lainnya di dunia adalah warna pasirnya yang unik. Pantai ini dikenal sebagai Pantai Pink karena pasirnya yang berwarna merah muda yang cantik. Warna unik ini disebabkan oleh pecahan karang merah dan organisme laut bernama foraminifera yang hidup di perairan sekitar pantai. Foraminifera ini memiliki cangkang berwarna merah muda dan ketika mereka mati, cangkang-cangkang ini berbaur dengan pasir pantai, menciptakan pantai yang indah ini.

Air laut di Pantai Pink sangat jernih dan tenang. Anda dapat melihat dasar laut bahkan dari kejauhan. Kondisi air yang tenang membuat pantai ini sempurna untuk berenang, snorkeling, dan selam. Jika Anda beruntung, Anda mungkin bahkan dapat melihat berbagai spesies ikan dan terumbu karang yang hidup di sekitar pantai ini.

Selain keajaiban pasir merah muda, Pantai Pink Lombok juga dikelilingi oleh hamparan vegetasi hijau tropis yang membuatnya semakin memukau. Pohon-pohon cemara yang rindang dan tanaman pantai lainnya menciptakan lanskap yang indah dan menawarkan banyak spot teduh untuk bersantai. Pantai ini juga sering dihiasi dengan perahu tradisional nelayan yang memberikan nuansa lokal yang unik.

Selain keajaiban pasir merah muda, Pantai Pink Lombok juga dikelilingi oleh hamparan vegetasi hijau tropis yang membuatnya semakin memukau. Pohon-pohon cemara yang rindang dan tanaman pantai lainnya menciptakan lanskap yang indah dan menawarkan banyak spot teduh untuk bersantai. Pantai ini juga sering dihiasi dengan perahu tradisional nelayan yang memberikan nuansa lokal yang unik.

Pantai Pink Lombok adalah tempat yang sempurna untuk menikmati matahari terbenam yang spektakuler. Dengan pasir merah muda dan air laut yang tenang sebagai latar belakang, matahari terbenam di sini adalah momen yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk membawa kamera Anda dan mengabadikan keindahan alam yang memukau ini.

Baca juga: Pantai Batu Bolong Bali Destinasi Wisata Pantai

Aktivitas Menarik di Pantai Tangsi

Pantai ini menawarkan air laut yang jernih dan pasir merah muda yang lembut, menciptakan suasana yang sempurna untuk berenang dan bersantai di bawah matahari tropis. Airnya relatif tenang, sehingga aman bagi pengunjung dari segala usia untuk bermain air. Namun, jangan lupa untuk selalu mematuhi aturan keselamatan laut dan membawa perlengkapan berjemur, seperti handuk, tabir surya, dan topi, untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik.

Pantai Pink juga merupakan surga bagi pecinta snorkeling. Anda akan terpesona oleh keindahan dunia bawah laut yang dipenuhi dengan terumbu karang yang memukau dan beragam jenis ikan warna-warni. Untuk menikmati aktivitas snorkeling ini, Anda dapat menyewa peralatan snorkeling di sekitar pantai atau membawa peralatan sendiri. Di bawah permukaan air, Anda akan menyaksikan kehidupan laut yang kaya dan eksotis. Pastikan untuk membawa kamera bawah air untuk mengabadikan pengalaman snorkeling yang luar biasa ini.

Anda dapat mengambil petualangan ekstra dengan menyewa perahu lokal untuk menjelajahi pulau-pulau kecil yang mengelilingi Pantai Pink. Pulau Pasir, Pulau Rengit, dan Pulau Gede adalah beberapa pilihan yang dapat Anda pertimbangkan. Setiap pulau memiliki keunikan dan pesona tersendiri. Di sini, Anda dapat menikmati pantai yang lebih sepi, mengeksplorasi hutan tropis, dan merasakan ketenangan yang hanya bisa Anda temukan di pulau-pulau ini.

Bagi para penggemar memancing, Pantai Pink Lombok adalah tempat yang sempurna untuk menguji peruntungan Anda dalam menangkap ikan lezat. Anda dapat menyewa peralatan memancing lokal yang tersedia atau membawa peralatan Anda sendiri. Air di sekitar pantai ini kaya akan ikan, sehingga Anda memiliki peluang besar untuk mendapatkan hasil tangkapan yang memuaskan. Jangan lupa untuk membawa peralatan memancing yang lengkap dan mematuhi peraturan memancing yang berlaku di area tersebut.

Baca juga: Candi Muaro Jambi: Sejarah, Keunikan, dan Objek Wisata

Pesona Budaya Lokal

Berikut ini beberapa pesona budaya lokal yang dapat anda temui di Pantai Pink Lombok.

Masyarakat Sasak

Pantai Pink terletak di Lombok, yang dihuni oleh masyarakat Sasak. Anda memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk setempat dan memahami kehidupan mereka yang sederhana. Masyarakat Sasak sangat ramah dan suka berbagi cerita tentang budaya dan tradisi mereka. Jangan ragu untuk mengunjungi desa-desa tradisional Sasak di sekitar Pantai Pink Lombok untuk pengalaman yang mendalam.

Kuliner Lokal

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan lokal di warung dan restoran setempat. Makanan khas Lombok, seperti ayam taliwang, plecing kangkung, dan sate rembiga, akan memanjakan lidah Anda. Anda juga dapat mencicipi makanan laut segar yang diambil langsung dari perairan sekitar Pantai Tangsi.

Pertunjukan Seni Tradisional

Pulau Lombok memiliki budaya seni yang kaya, dan Anda dapat menyaksikan pertunjukan seni tradisional seperti tarian Sasak dan musik gendang. Ini adalah cara yang bagus untuk merasakan keindahan budaya lokal dan menikmati hiburan yang autentik.

Baca juga: Pantai Losari: Objek Wisata di Sulawesi Selatan

Tips untuk Merencanakan Perjalanan Anda

Jika anda berencana untuk berwisata di Pantai Pink Lombok, ada beberapa tips untuk Anda dari kami.

Musim Terbaik untuk Berkunjung

Musim terbaik untuk mengunjungi Pantai Pink Lombok adalah antara Mei hingga September ketika cuaca cukup cerah dan air laut tenang. Ini adalah waktu yang ideal untuk berenang, snorkeling, dan menikmati pantai.

Akomodasi

Pantai Pink Lombok menyediakan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari penginapan murah hingga resor mewah. Pastikan untuk memesan akomodasi Anda dengan cukup waktu, terutama jika Anda berkunjung selama musim liburan.

Transportasi

Anda dapat mencapai Pantai Pink Lombok dari Bandara Internasional Lombok dengan menyewa mobil atau taksi. Anda juga dapat menggunakan layanan transfer dari akomodasi Anda. Selama di Pantai Tangsi, Anda dapat menyewa sepeda motor atau sepeda untuk menjelajahi sekitarnya.

Etika dan Lingkungan

Selalu hormati lingkungan dan budaya lokal saat berkunjung. Jangan merusak terumbu karang atau meninggalkan sampah di pantai. Jadilah wisatawan yang bertanggung jawab dan biarkan alam Pantai Pink Lombok tetap indah.

Baca juga: Danau Kaco: Keunikan dan Legenda Rakyat Kerinci Jambi

Rute Menuju Pantai Pink Lombok

Terdapat beberapa opsi akses menuju Pantai Pink Lombok, baik melalui jalur darat maupun jalur laut.

Jalur Darat

Perjalanan dari Kota Mataram menuju Pantai Pink Lombok menggunakan jalur darat memerlukan waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 85 kilometer. Wisatawan dapat memilih untuk menyewa sepeda motor atau mobil untuk mencapai tujuan. Harga sewa sepeda motor berkisar antara Rp 75 ribu hingga Rp 85 ribu per hari, sementara harga sewa mobil berkisar antara Rp 400 ribu hingga Rp 1 juta.

Rute perjalanan dari Kota Mataram menuju Pantai Pink relatif sederhana. Wisatawan cukup mengarahkan kendaraan ke arah timur menuju Praya. Ada tiga jalan alternatif yang dapat digunakan, yaitu Jalan Raya Sengkerang, Jalan Raya Mataram-Labuhan Lombok (Jalan Raya Mataram-Sikur), dan Jalan Raya Bypass Bandara Internasional Lombok. Setelah mencapai Praya, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan mengikuti Jalan Raya Keruak menuju Pantai Pink Lombok. Meskipun kondisi jalan tidak selalu mulus, namun masih dapat dilalui dengan baik. Dari Jalan Raya Keruak, perjalanan berlanjut menyusuri Jalan TGH Moh Mutawalli. Sekitar 4-5 kilometer sebelum mencapai tujuan, wisatawan akan menemui jalan yang tidak beraspal dan berlubang. Di pintu gerbang pantai, wisatawan akan dikenakan biaya karcis sebesar Rp 5.000.

Jalur Laut

Alternatif lain adalah perjalanan menuju Pulau Pink Lombok melalui jalur laut, dengan menggunakan Pelabuhan Tanjung Luar sebagai titik awal. Waktu tempuh perjalanan dari Kota Mataram menuju Pelabuhan Tanjung Luar adalah sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 66 kilometer. Perjalanan ini dapat dilakukan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Ada beberapa pilihan kapal yang dapat digunakan, yaitu private boat dan public boat. Private boat dapat disewa untuk perjalanan pulang pergi (PP) dengan harga sewa sekitar Rp 900.000 untuk satu boat PP. Sementara itu, public boat melayani perjalanan sekali jalan dengan harga tiket berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 40.000 per orang. Anda dapat memilih jenis transportasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum melakukan pembayaran, disarankan untuk melakukan tawar-menawar harga untuk memastikan Anda mendapatkan harga terbaik.

Google Map Lokasi Pantai Pink Lombok

Harga Tiket Masuk Pantai Pink Lombok

Tarif masuk ke kawasan wisata Pantai Pink Lombok dapat dikatakan sangat terjangkau, terutama jika Anda datang bersama rombongan. Berbagai fasilitas yang tersedia juga bisa dinikmati dengan biaya yang ramah di kantong. Di bawah ini adalah rincian biayanya:

KategoriHarga Tiket
Wisatawan DomestikRp10.000,00
Wisatawan AsingRp50.000,00
Rombongan DomestikRp5.000,00
Rombongan AsingRp25.000,00
SnorkelingRp270.000
Parkir MobilRp5.000,00
Parkir MotorRp2.000,00

Harap dicatat bahwa harga yang tertera dalam tabel dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh pengelola. Selain itu, tidak semua biaya telah dicantumkan dalam daftar ini, namun daftar ini dapat membantu Anda dalam persiapan sebelum berkunjung. Jam buka Pantai pink di buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 17.00 waktu setempat.

Rekomendasi Hotel Dekat Pantai Pink Lombok

Kali ini, Bams memberikan rekomendasi hotel-hotel yang terletak dekat dengan Pantai Pink Lombok untuk penginapan bersama keluarga atau teman-teman Anda. Berikut adalah beberapa pilihan yang kami rekomendasikan:

Ekas Green Cottages

Ekas Green Cottages berlokasi di Jalan Tuan Guru Haji Mutawalli, Desa Ekas, Jerowaru, Lombok Timur. Lokasinya mudah dijangkau baik dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Ekas Sunrise

Ekas Sunrise berlokasi di Jalan Pantai Surga, Desa Pemokong Jerowar, Ekas, Lombok Timur. Resort ini menawarkan tema yang indah dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap, termasuk kolam renang.

Bumbangku Beach Cottages

Bumbangku Beach Cottages terletak di Jalan Raya Awang, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas yang memadai, termasuk jemputan bandara gratis, tempat parkir, sarapan gratis, dan pemandangan pantai yang memukau.

Telone Sunset Bungalows

Telone Sunset Bungalows terletak di Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Penginapan ini menawarkan pengalaman unik dengan kamar-kamar bergaya bungalow.

Jeeva Beloam Beach Camp

Jeeva Beloam Beach Camp berlokasi di Jalan Pantai Beloam No. 1, Sekaroh, Jerowaru, Lombok. Selain menawarkan pemandangan pantai yang indah, Jeeva Beloam Beach Camp juga dilengkapi dengan fasilitas seperti spa, sarapan gratis, BBQ, penjemputan bandara, dan lainnya.

Ekas Garden Bungalow

Ekas Garden Bungalow terletak di Desa Ekas, Ekas Pemongkong, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Penginapan ini cocok bagi mereka yang ingin menikmati suasana damai di sekitar Pantai Pink.

Dengan pasir merah muda yang unik, air laut yang jernih, dan keramahan masyarakat Sasak, Pantai Pink akan meninggalkan kesan mendalam dalam perjalanan Anda. Jangan ragu untuk merencanakan perjalanan Anda ke Pantai Pink dan menjelajahi semua yang ditawarkannya. Selamat berlibur!

Referensi

  1. https://portal.lomboktimurkab.go.id
  2. https://bappeda.ntbprov.go.id