wisata banyuwangi terbaru
Jawa

22 Tempat Wisata Banyuwangi Yang Fenomenal

Banyuwangi menjadi salah satu magnet baru di dunia pariwisata karena keindahan alamnya yang menakjubkan. Ada banyak pilihan destinasi terbaik mulai dari sejarah, budaya, alam hingga kuliner enak yang tak boleh terlewatkan. Berlibur ke Banyuwangi juga dapat membantu memelihara kesehatan mental dan otak. Selain itu, liburan juga dapat mempererat hubungan dengan keluarga dan anak-anak tercinta.

Kami akan memberikan informasi mengenai destinasi wisata menarik di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Meskipun terkenal dengan kemistisan dan tradisi santet, Banyuwangi memiliki banyak keunikan dan daya tarik tersendiri. Wisatawan dapat mengeksplorasi sejarah, budaya, kuliner khas, dan obyek wisata alam yang memukau.

Tempat Wisata Banyuwangi yang Fenomenal

Berikut adalah beberapa daftar tempat wisata Banyuwangi terbaru, fenomenal, dan paling indah yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi selama liburan:

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan salah satu ikon wisata yang tak boleh dilewatkan jika Anda berkunjung ke Banyuwangi, kawah ini memiliki daya tarik yang luar biasa dengan fenomena api biru atau blue fire yang memukau. Fenomena ini terjadi karena adanya reaksi antara gas belerang yang bercampur dengan oksigen pada suhu tertentu. Kondisi ini menghasilkan fenomena gas yang berwarna biru seperti lidah api yang sangat indah.

Untuk menyaksikan fenomena blue fire ini, wisatawan harus mendaki Gunung Ijen yang memiliki ketinggian sekitar 2.443 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meskipun perjalanan cukup menantang, pemandangan yang spektakuler di puncak Gunung Ijen benar-benar luar biasa. Pendakian menuju Kawah Ijen membutuhkan waktu sekitar dua jam, namun pemandangan yang menakjubkan di sepanjang perjalanan akan membuat Anda merasa terbayar atas usaha Anda.

Tak hanya itu, Kawah Ijen juga terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Kawah ini memiliki danau yang indah dengan warna air yang sangat unik. Keindahan alam Kawah Ijen telah menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia, yang membuat Kawah Ijen menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Banyuwangi. Bagi para penggemar fotografi, Kawah Ijen juga menawarkan pemandangan yang sangat instagramable.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menikmati liburan yang tak terlupakan, maka jangan lupa untuk mengunjungi Kawah Ijen. Kesenangan dan keindahan yang akan Anda rasakan selama perjalanan dan ketika sampai di Kawah Ijen pastinya akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan dan pengalaman yang tak terlupakan.

Baca juga: Wisata Malino: Destinasi Panorama Alam Gowa SulSel

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan surga keindahan alam Indonesia yang terjaga kehidupan di dalamnya, dan patut untuk Anda saksikan sendiri.Menilik beberapa tempat wisata di Banyuwangi, tidak boleh sampai objek menarik satu ini terlewatkan dari daftar destinasi kunjungan Anda. Ketika berkunjung ke National Park Baluran, Anda dapat menikmati keindahan alam dengan spot layaknya berwisata di Afrika.

Tempat wisata alam yang mempesona ini terletak di Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Anda dapat mengunjungi tempat ini kapan saja karena buka setiap hari.Taman Nasional Baluran menawarkan berbagai fasilitas menarik di dalamnya seperti spot diving, musholla, spot foto instagenic, pemandu wisata, pantai Kece, area camping, penginapan, toilet, warung makan, spot surfing, penjaga keamanan pantai, serta area memancing.

Dengan beragam fasilitas tersebut, liburan Anda di Taman Nasional Baluran akan terasa lebih lengkap dan menyenangkan. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen indah Anda di sana.

Taman Nasional Meru Betiri

Seperti Taman Nasional Baluran dan Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Meru Betiri juga menyimpan beragam potensi wisata alam yang menakjubkan. Kawasan konservasi ini terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Salah satu daya tariknya adalah pengunjung dapat mengunjungi program penangkaran penyu yang berlokasi di Pantai Sukamade. Selain itu, para wisatawan dapat menikmati pesona Pantai Teluk Hijau yang terkenal dengan air lautnya yang berwarna hijau yang memukau.

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo

Kawasan konservasi TN Alas Purwo merupakan salah satu tempat wisata Banyuwangi yang tak kalah menarik dengan TN Baluran. Meskipun kerap dikaitkan dengan kesan mistis dan angker oleh sebagian masyarakat, namun keindahan alam di kawasan konservasi ini patut diacungi jempol.

Berbeda dengan TN Baluran yang terkenal dengan savananya, TN Alas Purwo memiliki beragam kekayaan hayati yang tak kalah menakjubkan. Terdapat hutan hujan tropis, hutan mangrove, savana, dan pantai yang mempesona. Keberagaman ekosistem ini membuat TN Alas Purwo menjadi tempat yang ideal untuk menjelajahi keindahan alam dan melihat satwa liar yang hidup di dalamnya.

Menurut informasi yang diberikan di situs resmi Taman Nasional Alas Purwo, wisatawan dapat menikmati keindahan hutan tropis TN Alas Purwo melalui jalur pendakian. Terdapat tiga jalur pendakian yaitu Sarongan, Klatak, dan Pasaranyar. Jalur Sarongan adalah jalur yang paling sering digunakan oleh para pendaki. Jalur ini memiliki rute sejauh 7,5 km dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam, jalur Klatak dan Pasaranyar lebih cocok untuk pendaki yang ingin menikmati pemandangan alam yang lebih beragam.

Selain jalur pendakian, TN Alas Purwo juga menawarkan keindahan pantai yang tak kalah menakjubkan. Pantai-pantai yang ada di TN Alas Purwo antara lain Pantai Ngagelan, Pantai Sadeng, dan Pantai Rajegwesi. Keindahan pantai-pantai ini akan semakin mempesona dengan latar belakang hutan, savana, dan tebing yang berpadu dengan laut biru yang tenang.

Tak hanya keindahan alam, TN Alas Purwo juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk memudahkan para wisatawan dalam menjelajahi kawasan konservasi ini. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain area parkir, toilet, musala, camping ground, dan penginapan. Wisatawan juga dapat menyewa jasa pemandu wisata untuk mendampingi perjalanan mereka. Dengan demikian, menjelajahi keindahan alam TN Alas Purwo akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Baca juga: Destinasi Wisata Jambi Yang Wajib Anda Ketahui

Taman Gandrung Terakota

Taman ini menghadirkan sekitar 1.000 patung penari Gandrung yang diukir dengan detail dari bahan tembikar atau terakota. Menurut keterangan resmi yang dapat ditemukan di situsnya, Taman Gandrung Terakota dianggap sebagai sebuah tempat budaya yang bertujuan untuk melestarikan warisan seni budaya Banyuwangi yang paling ikonik, yaitu Tari Gandrung. Patung-patung terakota ini menggambarkan penari-penari yang mengenakan kostum tari Gandrung, dengan pose mereka yang berdiri dan tangan yang meliukkan ke atas, seolah-olah sedang menari.

Lokasi Taman Gandrung Terakota terletak di tengah lahan sawah terasering yang berada di kaki Gunung Ijen, secara khusus di kawasan Jiwa Jawa Ijen Resort, Dusun Blimbingsari, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Jangan lewatkan pengalaman seru saat berkunjung ke Pantai Pulau Merah Banyuwangi yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Nikmati liburan tak terlupakan dengan menjelajahi keindahan pantai yang menakjubkan.

Pantai Pulau Merah berada di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini terkenal dengan airnya yang jernih dan pasir pantainya yang berwarna merah kecokelatan, yang membuat pemandangan pantai terlihat lebih eksotis.

Selama berlibur di Pantai Pulau Merah, para wisatawan dapat mengunjungi banyak spot menarik dan rekomended, seperti spot foto instagenic, pusat informasi, dan sunset view point yang menakjubkan. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati aktivitas seru seperti bermain wahana permainan yang tersedia di pantai.

Bagi yang ingin menginap, Pantai Pulau Merah juga menawarkan fasilitas penginapan yang nyaman dan bersih. Para wisatawan yang suka dengan petualangan dapat memilih untuk berkemah di camping ground yang tersedia di pantai.

Selama berlibur di Pantai Pulau Merah, wisatawan tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum seperti area parkir kendaraan wisata, rumah makan, warung jajanan, toilet umum, dan mushola yang tersedia di sekitar pantai.

Jadi, jangan ragu untuk menghabiskan waktu liburan di Pantai Pulau Merah Banyuwangi dan buatlah kenangan tak terlupakan bersama keluarga atau teman-teman Anda.

Teluk Hijau

Teluk Hijau

Terletak di dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri, Teluk Hijau atau Green Bay adalah sebuah destinasi wisata pantai yang memukau. Teluk ini memiliki air berwarna hijau turquoise yang indah dan dipadukan dengan pasir putih yang lembut. Terlebih lagi, diapit oleh area hijau yang memperindah panorama di sini, Teluk Hijau benar-benar membuatmu terpesona!

Karena lokasinya di dalam taman nasional, ada kemungkinan kamu akan bertemu dengan monyet-monyet di sekitar pantai. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga barang bawaanmu dengan baik dan jangan memberi mereka makan. Meskipun demikian, pertemuan dengan satwa liar di lingkungan alaminya bisa menjadi pengalaman yang menarik.

Jadi, nikmatilah keindahan alam Teluk Hijau dan lingkungan sekitarnya dengan bertanggung jawab dan menjaga kelestariannya.

Baca juga: Legenda Danau Toba: Cerita Rakyat Toba Sumatera Utara

Pantai Sukamande

Pantai Sukamande

Pantai Sukamade, yang juga terletak di dalam area Taman Nasional Meru Betiri, menawarkan pengalaman yang sangat unik dan menakjubkan, pantai ini terkenal sebagai area konservasi penyu, di mana hampir setiap malam, penyu dewasa berkunjung ke pantai untuk mengubur telur-telurnya. Pada pagi hari, bayi-bayi penyu yang menetas dari telur-telur tersebut biasanya berjuang menuju lautan. Melihat kedua proses ini dapat memberikan pengalaman magis yang tak terlupakan.

Jangan khawatir soal penginapan, terdapat homestay dan penginapan di sekitar Pantai Sukamade yang dapat kamu gunakan untuk menginap. Lokasinya memang jauh dari kota Banyuwangi, sekitar 97 km, dan jalan menuju area Sukamade ini sangat menantang, jadi lebih baik memilih menginap di sekitar Pantai Sukamade agar lebih mudah mengunjungi pantai tersebut.

Tak hanya itu, Pantai Sukamade juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, dengan pantai berpasir putih yang luas, hutan mangrove yang rimbun, dan perbukitan yang indah di sekitarnya. Selain melihat penyu, kamu juga dapat menikmati kegiatan seperti berjalan-jalan di sekitar hutan mangrove, bermain di pantai, atau melakukan aktivitas lain yang menarik di sekitar pantai.

Pastikan untuk mengikuti aturan dan menjaga kebersihan pantai agar area ini tetap terjaga kealamian dan keindahannya untuk generasi mendatang.

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Meskipun berselancar belum menjadi olahraga populer di Indonesia, namun Pantai Plengkung di Kabupaten Banyuwangi memiliki reputasi sebagai salah satu spot surfing terbaik di dunia yang ramai dikunjungi oleh para peselancar mancanegara. Pantai ini menawarkan ombak tinggi dan luar biasa yang memikat para pengunjung untuk mencoba adrenalin mereka di atas papan selancar.

Tidak hanya menawarkan ombak yang menarik, Pantai Plengkung juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Saat Anda mengunjungi pantai ini, Anda dapat merasakan sensasi menyatu dengan alam di sekitarnya yang indah dan menyejukkan. Terletak di Purworejo, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Pantai Plengkung adalah salah satu tempat liburan murah yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di kota ini.

Pantai Plengkung dibuka setiap hari dengan harga tiket masuk yang terjangkau. Anda dapat menikmati berbagai fasilitas menarik yang disediakan, termasuk tempat parkir kendaraan, tempat surfing, penginapan, camping ground, toilet umum, tempat ibadah, spot foto Instagramable, dan gazebo. Selain itu, pantai ini juga memiliki restoran dan warung yang menyajikan hidangan lezat dan segar.

Ketika Anda berkunjung ke Pantai Plengkung, pastikan untuk membawa perlengkapan surfing Anda sendiri. Namun, jika Anda belum pernah mencoba berselancar sebelumnya, Anda bisa mengikuti pelatihan berselancar yang disediakan oleh beberapa tempat penyewaan di sekitar pantai.

Baca juga: Cara Membuat Es Cincau Serut Gula Merah

Pantai Grajagan

Selain Pantai Plengkung, salah satu spot surfing favorit lainnya di Banyuwangi adalah Pantai Grajagan. Pantai ini terletak di Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, dan sering dianggap sebagai tempat rahasia yang belum banyak dikenal oleh para peselancar. Karakteristik ombaknya sangat menarik, dengan gelombang yang cepat dan tinggi, bahkan bisa mencapai ketinggian empat meter.

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan

Terletak di Selat Bali, Pulau Tabuhan merupakan pulau kecil yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Administratif, pulau ini masuk wilayah Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Selama perjalanan menuju ke Pulau Tabuhan, para pelancong akan disuguhi panorama Selat Bali yang begitu elok. Air laut di sekitar Selat Bali menampilkan gradasi warna yang unik, mulai dari hijau yang indah hingga biru laut yang menakjubkan. Pemandangan ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini.

Meskipun hanya seluas lima hektar, Pulau Tabuhan memiliki keindahan yang memukau. Wisatawan dapat melihat hamparan terumbu karang yang jelas dari dekat, serta menikmati pasir putih yang lembut sepanjang pulau. Pulau ini memang kosong dan tak berpenghuni, namun pemandangannya membuat siapa saja yang berkunjung akan merasa tenang dan terkesan.

Bagi para pecinta snorkeling dan diving, Pulau Tabuhan juga menawarkan spot-spot menarik untuk menjelajahi keindahan bawah lautnya. Ada banyak jenis ikan dan biota laut lainnya yang dapat ditemukan di sekitar pulau ini. Jadi, jangan lupa untuk membawa peralatan snorkeling atau diving jika Anda berencana untuk berkunjung ke pulau ini.

Pulau Tabuhan memang terlihat kecil, namun keindahannya yang memukau membuatnya patut untuk dikunjungi. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam yang mempesona ini ketika Anda berkunjung ke Banyuwangi.

Pantai Wedi Ireng

Wedi Ireng, yang berarti “pasir hitam,” dinamakan demikian karena adanya pasir berwarna hitam yang tersembunyi di antara pasir putih Pantai Wedi Ireng. Pantai ini terletak di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Lokasi wisata ini dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang memperkaya pemandangannya. Pantai ini ditandai dengan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga para pengunjung dapat bersantai, bermain di pasir, dan menikmati keindahan alam Pantai Wedi Ireng dengan tenang.

De Djawatan

De Djawatan

De Djawatan awalnya merupakan kawasan hutan lindung milik Jawatan Perhutani yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Di area ini, terdapat 50 pohon trembesi yang besar dan terlihat unik. Dulunya, area ini terlihat menyeramkan karena tak terurus, namun sejak dilakukan penataan kembali oleh pihak pemerintah Banyuwangi, De Djawatan kini menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang sangat keren.

Dengan hutan trembesi yang sudah dibuat lebih rapi, hilang sudah kesan seram dari De Djawatan. Apalagi, sudah didirikan juga fasilitas wisata di sekitarnya, dari papan nama warna-warni sampai tempat ibadah. Namun, jangan berharap menemukan aktivitas wisata yang berlebihan di sini ya, karena De Djawatan memang mengutamakan wisata alam yang asri.

Jika Anda berkunjung ke De Djawatan, Anda akan merasakan keteduhan dari pepohonan trembesi yang menjulang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan sungai yang mengalir di sekitar hutan trembesi. Terdapat juga tempat untuk piknik atau berkemah bersama keluarga dan teman-teman.

Di samping itu, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Nirwana yang terletak di sekitar area De Djawatan. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri karena terbentuk dari aliran sungai yang terjatuh dari ketinggian sekitar 10 meter. Air terjun ini juga diapit oleh tebing-tebing batu yang menjulang tinggi, sehingga memberikan kesan alami yang menawan.

Jika Anda mencari suasana yang tenang dan damai, De Djawatan adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Selain bisa menikmati keindahan alam, Anda juga bisa belajar tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan menjaga hutan dan pohon trembesi yang ada di sana.

Baca juga: Resep Tekwan Ikan Khas Palembang SumSel

Air Terjun Linder

Kabupaten Banyuwangi memiliki sejumlah air terjun menarik yang patut untuk dikunjungi, dan salah satunya adalah Air Terjun Lider. Wisata alam ini terletak di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Air Terjun Lider memiliki ketinggian mencapai sekitar 60 meter. Namun, pengunjung harus melewati medan yang cukup sulit untuk mencapai lokasi air terjun ini, karena terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.

Air Terjun Lider dinamai demikian karena terletak di kawasan hutan lindung petak 74, Blok Lider. Obyek wisata ini berada di lereng Gunung Raung, sehingga pemandangannya masih alami dan memikat bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asri.

Pantai Bangsring

Pantai Bangsring

Anda dapat menikmati keindahan alam bawah laut yang sangat eksotis di Banyuwangi dengan mengunjungi Pantai Bangsring. Pantai ini menawarkan spot diving dan snorkeling yang akan memanjakan siapa saja dengan kehidupan bawah lautnya yang indah. Nikmati liburan yang menyenangkan dengan pengalaman tak terlupakan saat mengeksplorasi alam Banyuwangi yang luar biasa.

Pantai Bangsring adalah tempat wisata yang terjangkau dengan snorkeling dan diving yang cocok untuk mengisi waktu liburan Anda. Saat Anda merencanakan untuk mengunjungi Pantai indah ini, lokasinya terletak di Bangsring, Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain menawarkan pemandangan bawah laut yang luar biasa, Pantai Bangsring juga menyediakan berbagai fasilitas wisata yang dapat Anda nikmati, seperti area parkir kendaraan yang luas, area camping, toilet umum, warung wisata, wahana permainan yang menarik, snorkeling spot, pusat informasi, perahu wisata, mushola, dan spot foto instagenic.

Dengan fasilitas yang lengkap, Anda dapat menikmati pengalaman snorkeling dan diving yang menyenangkan di Pantai Bangsring, serta menikmati waktu berlibur yang menyenangkan di Banyuwangi. Jangan lupa untuk membawa kamera Anda untuk mengambil foto-foto cantik di spot foto instagenic yang disediakan.

Air Terjun Kemanten

Air Terjun Kemanten, yang berarti “air terjun pengantin,” dinamai demikian karena terdapat dua aliran air terjun yang berdekatan dan hanya dipisahkan oleh sebuah batu besar, Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter ini terletak di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi.Kemanten juga sering disebut sebagai Air Terjun Wonorejo. Lokasinya terletak di lereng Gunung Raung, yang mengelilingi obyek wisata ini dengan panorama alam yang sangat indah.

Dialoog Banyuwangi

Pada dasarnya, Dialoog bukanlah sebuah destinasi wisata, melainkan sebuah hotel berbintang 4 yang terletak di tepi pantai Banyuwangi. Namun, keindahannya yang membangkitkan ingatan akan resor-resor tepi pantai di Bali telah menjadikannya sangat populer dan menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin menghabiskan liburan di Banyuwangi.

Dialoog memberikan alasan kuat mengapa Banyuwangi pantas menjadi tujuan liburan selanjutnya. Selain pesona alamnya yang luar biasa, kabupaten di ujung timur Jawa ini juga menawarkan hotel dengan desain minimalis modern yang memenuhi standar internasional. Dialoog telah menetapkan standar tinggi bagi hotel-hotel lain di Banyuwangi, yang tentunya akan terus berkembang untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat dari para wisatawan lokal maupun internasional yang ingin menjelajahi keindahan Banyuwangi.

Pantai Boom Marina

Lokasi wisata ini sangat strategis karena hanya berjarak 2,1 kilometer dari Alun-alun Kota Banyuwangi, dengan waktu berkendara sekitar 10 menit. Wisata ini terletak di Desa Kampung Mandar, Kabupaten Banyuwangi. Awalnya, tempat ini adalah dermaga yang digunakan untuk bongkar muat kapal. Di sini, para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti memancing dan berbelanja ikan di pasar lelang. Selain itu, pantai ini juga menawarkan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang indah bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alamnya.

Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo mempunyai ketinggian mencapai 10 meter. Terletak di dalam wilayah Agro Wisata Kalibendo yang berlokasi di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Keberadaannya dalam kawasan agrowisata mengakibatkan sekitar air terjun ini dikelilingi oleh perkebunan kopi, karet, dan cengkeh yang memperkaya pemandangannya. Selain itu, letaknya yang berada di kaki Gunung Ijen menjadikan obyek wisata ini tetap alami dan indah.

Mangrove Bedul Ecotourism

Tempat wisata ini sering disebut sebagai “Amazon-nya Indonesia” karena Mangrove Bedul Ecotourism memiliki wilayah hutan bakau yang sangat luas, bahkan merupakan yang terluas di Pulau Jawa. Menurut informasi yang diambil dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hutan bakau ini telah menjadi tujuan wisata sejak tahun 2010. Lokasinya terletak di dalam Taman Nasional Alas Purwo, dekat dengan Pantai Plengkung. Pengunjung dapat menyewa perahu untuk menjelajahi wilayah hutan bakau yang menakjubkan ini.

Segara Anakan

Segara Anakan, yang artinya “lautan kecil,” terletak di tengah-tengah hutan Mangrove Bedul Ecotourism yang mengelilinginya. Oleh karena itu, para wisatawan yang menjelajahi Mangrove Bedul Ecotourism dapat dengan mudah melanjutkan perjalanan mereka ke Segara Anakan. Lautan kecil ini memiliki luas seluas 18,8 kilometer dengan lebar mencapai 400 meter. Kawasan ini sangat cocok untuk berbagai jenis olahraga air.

Waduk Sidodadi

Waduk Sidodadi, yang diresmikan pada tahun 2016, terletak di atas lahan seluas 2 hektar. Tempat ini terletak di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Menurut laporan dari Kompas.com (12 Mei 2016), Waduk Sidodadi memiliki fungsi utama untuk mengairi lahan tebu di sekitar Pabrik Gula Glenmore.

Para pengunjung dapat menikmati beragam permainan yang ditawarkan, seperti bebek air, perahu, dan ATV. Selain itu, Waduk Sidodadi juga menyediakan fasilitas-fasilitas lain seperti perkebunan, area camping, kolam pemancingan, kolam renang, flying fox, dan penginapan, sehingga memungkinkan pengunjung untuk merasakan pengalaman yang beragam di tempat ini.

Baca juga: Planet Sejajar: Cara Melihat Parade 5 Planet di 2023

Penutup

Banyuwangi memang memiliki banyak potensi alam yang luar biasa, mulai dari pantai-pantainya yang indah, gunung-gunungnya yang menakjubkan, hingga alam bawah lautnya yang eksotis. Setiap tempat wisata di Banyuwangi memiliki pesona dan daya tarik yang berbeda-beda, sehingga membuat para wisatawan selalu ingin kembali untuk mengunjunginya lagi.

Dengan kemajuan dan peningkatan fasilitas wisata yang terus dilakukan oleh pemerintah setempat, Banyuwangi siap menjadi destinasi liburan yang semakin berkembang dan mendunia. Jadi, tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan anda ke Banyuwangi dan nikmati keindahan alamnya yang tak terlupakan!

Referensi

  1. https://banyuwangikab.go.id
  2. https://jatimprov.go.id
  3. https://disbudpar.jatimprov.go.id
  4. https://spm.banyuwangikab.go.id/skpd/dinas-kebudayaan-dan-pariwisata