tanjung benoa
Bali

Tanjung Benoa Destinasi Wisata Pantai Bahari Bali

Tanjung Benoa adalah sebuah destinasi wisata di Bali yang terkenal dengan pantainya yang indah. Selain itu, tempat ini juga dikenal sebagai surga bagi para penggemar wahana air seperti banana boat, scuba diving, parasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, snorkeling, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga pelayaran yang menuju Pulau Penyu, tempat di mana kura-kura, ular, jalak Bali, dan binatang lainnya dibiakkan dan hidup. Karena itu, Tanjung Benoa dijuluki sebagai pusat wisata bahari di Bali yang sangat populer.

Tanjung Benoa memiliki tujuh lingkungan/banjar di sepanjang pesisir pantainya, di mana enam di antaranya berada di wilayah Kelurahan Tanjung Benoa (Banjar Kerta Pascima, Anyar, Tengah, Purwa Santi, Panca Bhineka, dan Banjar Tengkulung), sementara Banjar Terora berada di wilayah Kelurahan Benoa. Luas keseluruhan daerah tersebut adalah 400,39 hektar, namun 226,64 hektarnya berada di luar wilayah Banjar Terora. Oleh karena itu, luas wilayah Tanjung Benoa (TB) sebenarnya hanya 173,75 hektar.

Tanjung Benoa Bali

Berikut beberapa informasi terkait Tanjung Benoa berdasarkan pengalam berwisata di sana.

Sejarah Tanjung Benoa

Dahulu, Tanjung Benoa di Bali adalah sebuah desa nelayan sebelum berkembang menjadi kawasan pariwisata pantai seperti sekarang. Kebanyakan penduduk di sekitar pantai Tanjung Benoa adalah nelayan yang mencari nafkah dari laut.

Namun, seiring dengan perkembangan TB menjadi kawasan pariwisata Bali, banyak penduduk lokal yang beralih profesi. Mereka bekerja sebagai pegawai hotel atau membuka usaha wisata bahari, seperti watersport yang terkenal di Tanjung Benoa Bali.

Saat ini, hampir seluruh area di sepanjang pantai Tanjung Benoa telah berubah menjadi kawasan hotel atau tempat aktivitas wisata bahari.

Baca juga: Danau Kelimutu: Wisata Alam Danau Tiga Warna di Flores

Lokasi Pantai Tanjung Benoa

Tanjung Benoa Beach terletak di kawasan pariwisata selatan Bali, berdekatan dengan kawasan wisata Nusa Dua. Alamatnya adalah di Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Rute Menuju Tanjung Benoa

Tanjung Benoa
Sumber Gambar: Facebook Bambang Niko Pasla

Perjalanan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai menuju Tanjung Benoa memiliki jarak sekitar 16,7 kilometer dan memerlukan waktu sekitar 23 menit. Rute perjalanan ini akan melibatkan Jalan Tol Bali-Mandara, Jalan By Pass Ngurah Rai, Jalan Pratama, dan akhirnya mencapai Pantai Tanjung Benoa.

Google Map Lokasi Tanjung Benoa

Harga Tiket

Para pengunjung yang memasuki kawasan Tanjung Benoa tidak akan dikenai biaya retribusi, namun mereka hanya akan dikenai biaya parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang mereka gunakan. Kendaraan bermotor roda empat akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000, sedangkan bus dengan plat nomor Bali akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 10.000, dan bus dengan plat nomor luar Bali akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 15.000. Untuk kendaraan roda dua, biaya parkir akan dibebaskan.

Daya Tarik di Tanjung Benoa

Tanjung Benoa memiliki berbagai objek wisata menarik yang bisa dikunjungi, di antaranya:

Pantai Tanjung Benoa

Tanjung Benoa
Sumber Gambar: Facebook Bambang Niko Pasla

Pantai di Tanjung Benoa memiliki pasir putih yang bersih dan halus, yang sangat menyenangkan untuk diinjak dan duduk. Air lautnya yang jernih dan tenang juga cocok untuk berenang dan bersantai di pinggir pantai. Anda dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil merasakan angin sepoi-sepoi yang menyegarkan.

Selain itu, pantai di TB juga menyediakan banyak tempat duduk dan payung pantai yang dapat digunakan untuk bersantai dan melindungi dari terik matahari. Kegiatan seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau hanya menikmati pemandangan pantai juga sangat cocok dilakukan di pantai Tanjung Benoa.

Dengan keindahan alam yang luar biasa, Tanjung Benoa adalah tempat yang sangat direkomendasikan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Watersport Tanjung Benoa

tanjung benoa
Sumber Gambar: Bambang Niko Pasla

Kawasan Tanjung Benoa sangat terkenal dengan berbagai aktivitas wisata bahari yang menarik. Ada banyak pilihan kegiatan air yang dapat dinikmati, mulai dari jet ski, banana boat, parasailing, hingga snorkeling dan selam scuba. Anda dapat menyewa peralatan dan mengikuti sesi instruksi dari instruktur yang terlatih sebelum memulai kegiatan wisata bahari tersebut.

Jet ski, salah satu kegiatan wisata bahari yang paling populer di TB, memberikan pengalaman adrenalin yang menakjubkan saat melaju dengan kecepatan tinggi di atas permukaan air. Banana boat juga menjadi salah satu pilihan yang populer, di mana Anda dapat naik perahu karet berbentuk pisang dan menikmati sensasi meluncur di atas ombak laut.

Bagi Anda yang lebih suka kegiatan yang lebih tenang, snorkeling dan selam scuba juga sangat direkomendasikan. Terumbu karang yang cantik dan beraneka ragam ikan tropis dapat ditemukan di sekitar kawasan ini, membuat snorkeling dan selam scuba menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Baca juga: Tanjung Lesung: Destinasi Wisata Mempesona di Banten

Pulau Penyu

Program pelayaran menuju Pulau Penyu merupakan salah satu aktivitas wisata bahari yang sangat menarik di Tanjung Benoa. Pulau Penyu terletak di sebelah timur TB dan dapat dicapai dengan perahu dari pelabuhan kecil di Tanjung Benoa. Selama pelayaran, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang indah dan keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Setibanya di Pulau Penyu, para wisatawan akan diajak untuk menjelajahi pulau ini yang dihuni oleh beragam jenis flora dan fauna. Di sana terdapat sebuah pusat penangkaran yang memelihara kura-kura dan ular untuk kemudian dilepaskan ke alam liar setelah mereka tumbuh besar. Para wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan kura-kura dan ular yang berada di pusat penangkaran tersebut dan mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan dan habitat mereka.

Selain itu, Pulau Penyu juga menawarkan pengalaman snorkeling yang memukau di perairan sekitar pulau. Para wisatawan dapat melihat beragam jenis ikan dan biota laut lainnya yang hidup di perairan sekitar Pulau Penyu. Aktivitas snorkeling di Pulau Penyu sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin mengeksplorasi keindahan bawah laut di TB.

Desa Adat Tanjung Benoa

Di Tanjung Benoa, Anda dapat mengunjungi Desa Adat Tanjung Benoa, yang merupakan salah satu dari tiga desa adat di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Desa ini masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat Bali yang telah diwarisi oleh nenek moyang mereka selama berabad-abad.

Di Desa Adat TB, Anda dapat melihat berbagai macam bangunan tradisional Bali, seperti pura (kuil), bale (gedung), dan lumbung (tempat penyimpanan padi). Anda juga dapat melihat pertunjukan tari Bali yang diadakan secara reguler di pura-pura di desa ini.

Selain itu, Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat dan belajar tentang kehidupan dan budaya mereka. Anda dapat mengikuti workshop membuat canang sari (sesajen khas Bali), mengenakan pakaian adat Bali, dan belajar membuat kerajinan tangan tradisional Bali seperti ukiran kayu dan anyaman bambu.

Baca juga: Geopark Merangin: Situs Prasejarah dan Destinasi Wisata

Museum Pasifika

Museum seni di Tanjung Benoa menawarkan pengunjungnya untuk mempelajari seni dan budaya dari berbagai negara di Asia Pasifik, seperti Indonesia, Bali, Thailand, Filipina, dan sebagainya, museum ini menyimpan koleksi seni yang berasal dari berbagai periode dan jenis seni, seperti seni lukis, patung, kerajinan, dan seni instalasi. Selain itu, museum ini juga menyelenggarakan pameran sementara untuk menampilkan karya seni terbaru dari seniman lokal dan internasional.

Dalam museum seni TB, pengunjung dapat mempelajari lebih dalam tentang seni dan budaya dari negara-negara Asia Pasifik melalui karya-karya seni yang disajikan. Pengunjung dapat melihat dan mempelajari tentang berbagai teknik dan bahan yang digunakan dalam pembuatan karya seni, serta mengenal lebih dekat kebudayaan dan tradisi dari negara-negara di kawasan tersebut. Museum seni di Tanjung Benoa dapat menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para pecinta seni dan budaya.

Pura Segara

Pura Hindu yang terletak di bibir pantai Tanjung Benoa adalah Pura Segara Nusa Dua, menjadi tempat ibadah bagi warga sekitar dan merupakan tempat yang penting dalam upacara-upacara keagamaan Bali, seperti hari raya Galungan dan Kuningan.

Segara Nusa Dua memiliki arsitektur tradisional Bali yang indah, dengan dekorasi ukiran dan relief yang rumit. Di dalam kompleks pura, terdapat beberapa bangunan suci yang masing-masing memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Misalnya, terdapat sebuah candi bentar atau gerbang yang menghubungkan halaman luar dan dalam, serta sebuah meru atau bangunan bertingkat yang berfungsi sebagai tempat pemujaan dewa-dewi.

Selain digunakan untuk upacara keagamaan, Pura Segara Nusa Dua juga menjadi tujuan wisata bagi pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan arsitektur dan budaya Bali. Di sekitar pura, terdapat banyak warung makan dan toko suvenir yang menjual berbagai macam makanan dan barang-barang khas Bali.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah salah satu destinasi wisata budaya di Bali yang terkenal dan populer. Terletak di Jimbaran, GWK menampilkan kebudayaan Bali melalui berbagai pertunjukan seni dan budaya, seperti tari Kecak, tari Barong, dan tari legong.

Selain itu, objek wisata ini memiliki patung Garuda Wisnu Kencana yang sangat besar dan menjadi ikon Bali yang terkenal di seluruh dunia. Patung ini memiliki tinggi 120 meter dengan lebar sayap 64 meter, dan menjadi salah satu patung terbesar di dunia.

Di Taman Budaya GWK, Anda juga dapat menikmati keindahan taman yang asri dengan pemandangan yang indah. Taman ini terdiri dari berbagai macam tanaman, air mancur, danau buatan, dan taman bunga yang cantik.

Di sini juga terdapat teater terbuka dan tempat makan yang menyajikan hidangan khas Bali dan Indonesia. Taman Budaya GWK biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama saat festival kebudayaan Bali seperti Hari Raya Nyepi dan Galungan.

Baca juga: Candi Muaro Jambi: Sejarah, Keunikan, dan Objek Wisata

Tips Berlibur di Tanjung Benoa

Sumber Gambar: Facebook Bambang Niko Pasla

Berikut beberapa tips berlibur di Tanjung Benoa:

  • Pastikan untuk memilih waktu liburan yang tepat untuk menghindari musim liburan yang padat atau cuaca buruk.
  • Pilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti hotel, resort, atau vila yang dekat dengan pantai.
  • Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di TB, seperti berenang, snorkeling, scuba diving, dan banana boat. Perencanakan aktivitas sesuai minat dan keinginan Anda.
  • Jangan lupa mencari informasi tentang objek wisata di TB yang ingin Anda kunjungi. Pastikan untuk mengetahui jam operasional, harga tiket masuk, dan aturan yang berlaku.
  • Pastikan untuk membawa perlengkapan yang tepat untuk aktivitas yang akan dilakukan, seperti pakaian renang, kacamata renang, sunblock, dan lain sebagainya.
  • Patuhi aturan yang berlaku di setiap objek wisata dan jangan merusak lingkungan sekitar.
  • TB memiliki banyak pilihan kuliner khas Bali yang patut dicoba, seperti sate lilit, nasi campur Bali, dan babi guling.
  • Jangan lupa untuk menikmati pemandangan indah di TB, terutama saat matahari terbit atau terbenam di atas laut.

Baca juga: Cara Move On Dari Gebetan Anda

Dari pantai dengan pasir putih yang bersih, hingga desa adat yang masih mempertahankan tradisi Bali, serta beragam aktivitas wisata bahari yang menarik dan menantang, semuanya dapat ditemukan di TB. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan bawah laut yang indah dan mengunjungi Pulau Penyu serta berbagai tempat wisata lainnya di sekitar TB.

Dengan lokasi yang mudah dijangkau dan berbagai fasilitas yang tersedia, Tanjung Benoa Bali adalah destinasi liburan yang tidak boleh dilewatkan bagi para wisatawan yang ingin merasakan keindahan dan keunikan Bali.

Referensi

  1. https://www.baliprov.go.id
  2. https://kutaselatan.badungkab.go.id
  3. https://www.tanjungbenoa.co.id